Ciri-ciri Kucing Cacingan yang Wajib Catlover Ketahui

Ciri-ciri Kucing Cacingan yang Wajib Catlover Ketahui
ciri-ciri kucing cacingan

Cacingan merupakan salah satu penyakit pencernaan yang kerap menimpa kucing peliharaan. Makanan atau minuman yang kurang higienis menjadi penyebab utama penyakit yang satu ini. Makanan yang terkontaminasi kuman dan bakteriĀ  ini memicu pertumbuhan parasit di dalam perut kucing. Untungnya ciri-ciri kucing cacingan mudah dikenali, sehingga parasit yang bersarang bisa segera dibasmi .

Sebagai pecinta kucing, tentu kamu tidak mau kesehatan kucingmu terganggu karena parasit ini bukan?! Nah, untuk itu kamu bisa menyimak ulasan di bawah ini mengenai tanda kucing yang cacingan. Sehingga bisa diobati dengan segera.

Kenali Beberapa Ciri-Ciri Kucing Cacingan

Karena bersarang di dalam perut, parasit ini menimbulkan banyak sekali masalah. Alhasil gejala yang nampak pun semakin beragam. Berikut beberapa gejala atau tanda dari kucing cacingan.

Penurunan Nafsu Makan

Apabila kucingmu mengalami penurunan nafsu makan, kamu perlu untuk waspada. Pasalnya salah satu ciri kucing cacingan adalah nafsu makan yang menurun. Penurunan nafsu makan ini disebabkan oleh dua kemungkinan. Yang pertama parasit atau cacing di dalam perut telah menyebabkan infeksi atau radang pada saluran pencernaan.

Kemungkinan yang kedua karena cacing memenuhi usus dan saluran pencernaan. Sehingga perut kucing terasa penuh dan tidak lapar.

Perut Buncit

Selain kehamilan, ternyata perut kucing yang membengkak juga bisa disebabkan oleh cacingan. Usus yang meradang karena adanya parasit akan mengalami pembengkakan cukup parah. Pembengkakan tersebut akan membuat perut kucing menjadi penuh dan membesar.

Untuk memastikan, sebaiknya kamu memeriksakan kucingmu ke dokter apabila mengalami kondisi ini. dikhawatirkan perut yang buncit ini disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya.

Bulu Menjadi Kusam

Siapa yang menyangka ternyata cacingan bisa memengaruhi warna bulu kucing. Ya, parasit di dalam tubuh kucing akan menyerap nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam pencernaan. Alhasil kebutuhan nutrisi harian kucing pun tidak terpenuhi.

Kurangnya asupan nutrisi pada kucing, turut memengaruhi tekstur dan warna bulu. Dalam kondisi cukup parah, cacingan pada kucing akan membuat bulunya menjadi kusam dan kasar.

Mata Tidak Bercahaya

Selain perubahan warna bulu, ciri fisik lain dari munculnya cacing pada perut kucing adalah mata yang tidak bercahaya. Kucing yang sehat memiliki mata yang bening, bulat sempurna, dan bercahaya. Sedangkan kucing yang cacingan, matanya akan berair, muncul selaput bening, dan sayu.

Meskipun demikian, mata yang tidak bercahaya tidak selalu menjadi tanda cacingan. Sakit mata atau kurangnya vitamin A pada kucing bisa menjadi penyebab mata kucing tidak bercahaya.

Hati-Hati Jika Sudah Terlewat Lama Penyakitnya

Penurunan Berat Badan

Apabila membahas mengenai ciri kucing cacingan, maka berat badan yang terus menurun menjadi ciri utamanya. Pasalnya seberapa banyaknya makanan yang dikonsumsi, berat badan kucing akan terus mengalami penurunan.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa parasit di dalam perut kucing akan merebut asupan makanan yang masuk. Sehingga pakan yang masuk ke dalam pencernaan tidak bisa diproses oleh tubuh kucing. Alhasil, tubuh kucing akan semakin kurus dan kecil.

Diare dan Kotoran Berwarna Gelap Terjadi Kalau Sudah Parah

Ciri bersarangnya cacing pada perut kucing yang terakhir adalah diare. Selain buang air besar tidak beraturan, diare karena cacingan ini akan membuat kotoran kucing berwarna gelap. Hal ini disebabkan oleh infeksi akut pada usus kucing yang menyebabkan pendarahan.

Apabila kucingmu mengalami gejala ini, segera periksakan ke dokter hewan dalam waktu 24 jam. Pasalnya apabila tidak ditangani dengan segera, diare ini akan membuat kucing dehidrasi bahkan mengarah pada kematian.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai beberapa ciri-ciri kucing cacingan yang wajib kamu ketahui. Semoga dengan informasi ini, kamu bisa lebih tanggap untuk mengenali gejala cacingan pada kucing.

Tagged with: