Ciri Ciri Kucing Melahirkan & Perkembanganya

Ciri Ciri Kucing Melahirkan & Perkembanganya

Ciri-ciri kucing akan melahrikan mungki akan menghabiskan 63-65 hari atau sekitar 9 minggu untuk melahirkan. Dalam periode tersebut, terdapat banyak perubahan yang harus anda pahami.

Minggu pertama dan kedua: tanda kebuntingan belum terlihat.

Minggu ketiga: warna merah muda pada nipple atau putting susu terlihat lebih jelas.

Minggu keempat: nipple dan perut kucing mulai membesar. Nafsu makan pun meningkat.

Minggu kelimat dan keenam: lebih manja dan malas gerak. Fetus atau janin bisa diraba di bagian perut induknya. Tapi tidak semua kucing nyaman saat dipegang perutnya. Sediakan makanan karena mereka akan terus makan meski dalam porsi sedikit-sedikit.

Minggu ketujuh: kucing mulai sering buang air kecil karena berkembangnya ukuran fetus. Ukuran janin yang membesar membuat tekanan pada kantung kencing kucing kamu.

Minggu kedelapan: mulai berkeliling untuk mencari tempat melahirkan.

Khusus untuk minggu kedelapan, sebaiknya anda mempersiapkan tempat yang redup & tidak ramai agar dia lebih nyaman. Selain itu, periksakan kucing kamu ke dokter hewan untuk mengontrol kondisi fetusnya.

Minggu kesembilan: Anda harus melakukan observasi untuk melihat tanda kelahiran.

Suhu tubuh mulai turun (37.8-38.3 0C), kucing tidak mau makan, sering menjilat area kelaminnya dan berdiam pada lokasi untuk melahirkan.

Baca Juga : Makanan Kucing Rumahan

Jika kamu menemukan cairan yang keluar dari tubuh si kucing saat hamil besar, bisa jadi itu merupakan air ketubannya yang pecah pertanda bahwa dalam beberapa saat dia akan segera melahirkan. Segera pindahkan kucingmu ke tempat khusus yang sudah kamu siapkan dan menjauhlah sedikit saat dia akan melahirkan karena kucing tak ingin ada sedikit pun gangguan selama proses kelahiran.

Semoga informasi ini bermanfaat ya buat kamu agar bisa lebih memahami si kucing menuju detik-detik melahirkannya.

 

Tagged with: ,