Daftar Ras Anjing Pelacak dan Fungsinya di Kepolisian

Daftar Ras Anjing Pelacak dan Fungsinya di Kepolisian

Terbukti benar bahwa anjing memiliki berbagai manfaat saat dirawat manusia. Salah satu manfaat itu ialah untuk melacak. Dimana tiap pihak kepolisian di kebanyakan negara, termasuk di Indonesia sendiri memanfaatkan anjing agar bisa melacak sesuatu atau benda yang dubutuhkan polisi. Berikut adalah beberapa ras anjing pelacak dan fungsinya di kepolisian.

Secara harafiah, anjing pelacak merupakan anjing yang memang dilatih agar bisa membantu aparat kepolisian untuk melakukan proses pencarian pada beberapa lokasi munculnya tindak kejahatan. Selain itu juga, anjing ini bisa digunakan untuk mengetahui lokasi disembunyikannya berbagai obat terlarang.

Tak jarang, banyak anjing ini sering ditempatkan di stasiun kereta api, terminal, dermaga, atau bandara. Fungsinya adalah melacak beberapa benda atau barang berbahaya.

Dibawah ini adalah beberapa ras anjing pelacak yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan polisi.

Daftar Ras Anjing Pelacak dan Fungsinya di Kepolisian

5 Jenis Anjing Pelacak & Fungsi Mereka di Kepolisian | PintarPet

  • German Shepherd

Pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan ras anjing satu ini. German Shepherd atau jika di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan anjing Herder. Adalah salah satu ras anjing pelacak yang sangat pintar dan seringkali dipakai aparat berwajib untuk bisa membantu tugasnya.

Anjing kuat ini dikenal mempunyai skill penciuman yang sangat tajam, dengan setidaknya 225 reseptor saat ingin mengenali bau yang dimiliki. German Shepherd bisa mudah mendeteksi bau tubuh orang lain hingga benda berbahaya. Lantaran kecerdasan serta tak mengenal takut, membuat anjing ini gampang dilatih.

  • Rottweiler

Berikutnya adalah Rottweiler. Anjing ini memiliki postur gagah serta memiliki warna hitam dengan ciri warna cokelat di area dada. Selain sebagai anjing peliharaan, Rottweiler seringkali dipakai kepolisian untuk rekan kerja mencari jenazah, barang bukti, hingga tersangka kejahatan.

Kelebihan Rottweiler ialah saking hebatnya indra penciumannya, dia mampu mendeteksi benda atau barang, bahkan bom yang ditaruh atau ditanam dibawah air mengalir.

Dia juga bisa menangkap seorang penjahat yang sedang melarikan diri ketika posisi menggerebek rumah. Karena tubuhnya besar dan mempunyai gigitan kuat, tentunya anjing ini bisa dengan mudah menjatuhkan seorang penjahat.

  • Labrador Retriever

Labrador Retriever populer karena banyak orang yang memeliharanya, anjing ini ramah, pintar, kalem, dan bisa menjadi sahabat anak-anak. Tapi, siapa sangka dibalik perilakunya baik itu dia bisa menjalankan tugasnya sebagai anjing pelacak.

Bahkan dengan indra penciumannya yang tajam, dia mampu mendeteksi letak bom yang disembunyikan serta mencari sumber kebakaran.

Biasanya, Labrador Retriever akan ditugaskan untuk menjalankan patroli ataupun menjagaan di beberapa tempat umum. Hal ini disebabkan lantaran dia mempunyai karakter ramah serta bentuk badannya tak membuat orang lain menjadi takut dengan kedatangannya.

  • Beagle

Beagle merupakan ras anjing dengan ukuran sedang dan mempunyai stamina serta kekuatan fisik yang tak kalah tangguh dengan ras anjing berukuran besar. Beagle menjadi anjing favorit untuk bisa dijadikan sebagai anjing peliharaan, sebab mempunyai karakteristik ceria, ramah, dan penyayang.

Kamu pasti tak menyangka bahwa Beagle dapat dilatih sebagai pelacak atau pencari. Dia bahkan mempunyai reseptor pada bau yang sama hebatnya dengan anjing German Shepherd. Anjing satu ini mampu membedakan 50 macam bau serta tingkat kesuksesannya saat melacak aroma dapat menembus angka 50%.

Demikian penjelasan mengenai daftar ras anjing pelacak dan fungsinya di kepolisian. Lalu, bagaimana dengan anjing pencari yang sudah pensiun? Ternyata mereka akan terus diadopsi dan menjadi rekan di kepolisian selama menjalankan tugas. Jika dirawat orang sipil, dikhawatirkan akan jadi anjing dengan level keagresifan yang besar serta membahayakan orang didekatnya.