Ecosand Pasir Kucing Terbaik Untuk Peliharaan Anda

Ecosand Pasir Kucing Terbaik Untuk Peliharaan Anda

Bagi anda yang memelihara kucing, tentunya masalah pasir kucing menjadi salah satu yang perlu anda perhatikan. Pasir kucing berfungsi sebagai tempat kucing untuk menaruh kotorannya, baik yang berupa cairan ataupun feses. Dengan adanya pasir in, maka hewan peliharaan kita menjadi tidak sembarangan dalam membuang kotorannya. Maka dari itu saya disini akan mengulas tentang pasir kucing terbaik untuk hewan peliharaan anda.

Jenis

Sebelum membahas tentang pasir kucing terbaik untuk anda pilih, ada baiknya anda mengetahui tentang jenis pasir kucing yang beredar di pasaran. Setiap jenis pasir tentunya memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri, sehingga anda perlu memperhatikan mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Pasir Alami

Jenis pasir kucing ini berupa pasir alami yang berasal dari pasir pantai atau pasir lembut (telah diayak). Kelebihannya adalah masih natural seperti keadaan di habitat asli kucing. Mudah didapatkan karena tersedia secara banyak di lingkungan kita, terutama bagi anda yang tinggal di dekat daerah gunung atau pantai. Karena mudah didapatkan maka harganya pun murah.

Akan tetapi jenis pasir ini tidak menyerap bau kotoran kucing, sehingga baunya masih akan tersebar ke lingkungan sekitarnya. Pasir alami tidak bisa digunakan kembali, sehingga setelah dipakai langsung dibuang. Selain itu, jenis pasir ini tidak bisa menyerang urin kucing sehingga akan tetap basah setelah digunakan kucing.

  1. Pasir Zeolit

Merupakan jenis pasir modifikasi yang dibuat dari bahan alami yang terdapat di lingkungan kita. Zeolit ada yang memiliki tekstur kasar maupun halus, tergantung dari keinginan anda. Kelebihan pasir zeolit adalah memiliki harga murah, mudah didapatkan dan aman untuk digunakan. Jenis pasir ini juga dapat menyerap bau kotoran kucing dengan baik, ia juga bisa menyerap cairan urin kucing. Pasir zeolit juga memiliki debu yang sedikit dan dapat digunakan lebih dari sekali. Kekurangan dari pasir ini hanya satu, yaitu tidak menggumpal sehingga agak susah dibersihkan.

  1. Pasir Gumpal

Pasir gumpal biasanya dibuat dengan tambahan Sodium Bentonite, yang membuatnya dapat menggumpal ketika terkena kotoran kucing. Jenis pasir ini terdiri dari dua macam, yaitu yang beraroma wangi ataupun tidak beraroma. Keunggulan dari pasir ini adalah sangat mudah dibersihkan karena pasir akan menggumpal sehingga kotoran tertutupi olehnya. Selain itu, pasir juga akan selalu kering karena memiliki kemampuan menyerap air yang sangat bagus.

Sayangnya jenis pasir ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan zeolit. Selain itu, terdapat resiko feses yang menggumpal akan termakan oleh kucing ketika ia masih berusia muda. Walau begitu, hingga saat ini pasir gumpal dianggap sebagai pilihan terbaik untuk kucing anda. Apalagi yang terbuatnya tanpa Sodium Bentonite dan menggunakan bahan alami, seperti Ecosand.

TIps Memilih Pasir Kucing Terbaik

Seperti yang telah kita ketahui, pasir kucing digunakan oleh hewan berbulu peliharaan kita ini untuk membuang kotorannya. Tentu kita juga membutuhkan litter box untuk menaruh pasir tersebut, sehingga litter box ini menjadi toiletnya kucing kita. Kucing kemudian akan mencakar-cakar pasir yang ada di dalam litter box ini sebelum dan sesudah membuang kotoran.

Nantinya si kucing ini akan menutupi kotoran mereka dengan pasir yang telah disediakan. Kucing memang secara alami memiliki insting untuk membuang kotoran di pasir atau tanah dan kemudian menutupinya. Mungkin maksud mereka agar kotoran tersebut tidak membaui lingkungan sekitarnya.

Untuk memilih pasir kucing terbaik, ada beberapa kriteria yang perlu anda perhatikan.

1. Kemampuan menyerap bau kotoran kucing

Tentunya kita tidak ingin rumah kita berbau tidak sebab akibat bau yang ditimbulkan kotoran kucing kita. Tentunya kita menjadi tidak nyaman apabila rumah kita berbau kotoran seperti ini. Apalagi bau kencingnya yang terasa sangat menyengat, kucing memang salah satu hewan yang memiliki pipis terbau.

Bahkan sebenarnya kucing pun tidak nyaman lho kalau suasana ruangan bau kotorannya.Makanya mereka secara alami akan menutupi kotoran yang mereka keluarkan dengan pasir atau tanah. Oleh sebab itu, kemampuan menyerap bau ini menjadi hal yang penting dalam memilih pasir kucing. Dengan kemampuan menyerap bau yang baik, tentunya akan menjadikan rumah kita terasa lebih nyaman.

2. Pasir kucing menggumpal agar mudah untuk ditangani

Salah satu jenis pasir kucing yang sulit dibersihkan adalah yang tidak dapat mengental dengan keras. Tentunya itu akan membuat kita memerlukan waktu ekstra untuk membersihkan kotoran hewan peliharaan kita ini. Apalagi jika pasirnya tidak mengeras maka dikhawatirkan ada kotoran yang masih tertinggal di dalam litter box.

Banyak memelihara kucing yang merasa kerepotan ketika berhadapan dengan pasir yang tidak dapat menggumpal ini. Dengan adanya kotoran yang masih menyelip, ditakutkan masih ada yang tertinggal sehingga menjadi sumber penyakit. Oleh sebab itu, disarankan untuk membeli produk pasir kucing yang bisa menggumpal dengan baik.

Penanganan untuk membersihkan kotoran kucing yang menggunakan pasir menggumpal ini perlu ditunggu terlebih dahulu hingga menggumpal. Biasanya pasir kucing yang bagus memerlukan waktu relatif singkat sebelum bisa menggumpal. Setelah menggumpal, maka anda bisa dengan mudah untuk membersihkan kotoran tersebut.

3. Pilih pasir kucing yang hemat

Bagaimanapun juga masalah harga ini perlu diperhatikan, akan tetapi anda jangan membeli pasir yang memiliki harga termurah. Pemilihan produk pasir yang salah justru akan menyebabkan borosnya pengeluaran, walaupun dari segi harga per karungnya lebih murah. Anda lebih disarankan untuk membeli pasir bermutu bagus sehingga dapat menyerap kotoran kucing dengan tahan lama.

Dengan begitu maka anda hanya perlu menggunakan sedikit pasir saja untuk menyerap kotoran tersebut. Pasir kucing terbaik dapat digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan kualitas rendah. Tentunya itu justru akan menyebabkan penghematan bagi pengeluaran anda dalam membeli pasir kucing ini. Jangan sampai karena salah membeli produk, maka pengeluaran bulanan anda justru menjadi lebih tinggi.

Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik

Setelah kita membahas cara memiliki pasir kucing terbaik diatas, tentunya anda ingin tahu merk apa yang memiliki 3 kriteria diatas. Ecosand menjadi salah salah satu pasir kucing terbaik yang beredar di pasaran. Ia termasuk jenis pasir gumpal yang tidak menggunakan Sodium Bentonite dalam pembuatannya, sehingga lebih aman digunakan untuk kucing anda.

Pasir kucing Ecosand memang memiliki Slogan Healthier Cat Litter, sehingga keamanan dan kesehatan kucing peliharaan anda menjadi yang diutamakan. Bentonite seringkali mengganggu masalah pernafasan dan pencernaan kucing, sehingga kurang begitu baik bila digunakan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, Ecosand tidak menggunakannya sehingga bisa memberikan kualitas hidup kucing yang lebih baik.

Selain aman digunakan untuk kucing, karena jenis pasir ini dapat menggumpal dengan cepat maka anda akan dengan mudah membersihkan kotoran kucing anda. Ecosand juga mampu menyerap bau kotoran kucing dengan sangat baik, begitupun dengan urin yang akan diserapnya sehingga pasir akan tetap kering. Karena semua keunggulannya itulah, saya menganggap bahwa Ecosand sebagai merk pasir kucing terbaik di pasaran.

Tagged with: , , , , ,