Inilah Fakta – Fakta Mata Kucing Yang Perlu Kalian Ketahui

Inilah Fakta – Fakta Mata Kucing Yang Perlu Kalian Ketahui
fakta mata kucing

Kucing merupakan hewan yang banyak disukai karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Terkadang perilakunya sulit untuk dipahami bahkan tidak bisa sama sekali. Namun siapa sangka kucing memiliki bagian menarik pada tubuhnya yaitu pada bagian matanya. Masih banyak yang belum tahu apa saja fakta mata kucing yang menarik.

Kucing memiliki bentuk mata yang unik dan tampak terlihat menggemaskan. Kucing juga memiliki warna mata yang berbeda-beda seperti berwarna hitam, hijau, biru dan kuning. Mata kucing yang unik inilah yang seringkali menjadi daya tarik tersendiri baginya.

Inilah Fakta Mata Kucing Yang Menarik

Pada umumnya hewan memiliki kondisi mata yang berbeda-beda. Kucing termasuk salah satu hewan yang memiliki mata indah. Banyak fakta menarik dari mata kucing yang perlu kamu ketahui. Yuk langsung simak saja fakta mata kucing berikut ini.

  1. Vertikal pupil mata kucing tak hanya sebagai dekorasi

Pada umumnya kucig merupakan hewan yang aktif di siang dan malam hari. Bentuk pupil mata pada kucing cenderung memiliki celah vertikal ini memungkinkan untuk mengubah ukuran semakin cepat dibandingkan dengan pupil bulat yang dimiliki oleh manusia.

Bentuk mata vertikal pada kucing ini berfungsi untuk mengurangi cahaya yang masuk sehingga kucing tidak akan terbutakan saat terjadi perubahan cahaya yang mendadak. Semakin kecil bentuk pupil maka semakin sedikit cahaya yang masuk.

Selain itu fakta mata kucing dengan bentuk vertikal ini adalah semakin memudahkan kucing ketika berburu di alam luas karena dapat dijadikan kamuflase sehingga bebas mengamati mangsanya.

  1. Penglihatan kucing tidak detail seperti manusia

Kucing memiliki penglihatan yang berbeda dengan manusia. Penglihatan pada mata kucing tidak terlaluu intens seperti milik manusia. Namun bukan berati penglihatan kucing menjadi rabun.

Hal ini karena dipengaruhi oleh keseimbangan pada sel batang dan kerucut yang membuat kucing tidak bisa melihat dengan detail. Sel batang dan kerucut yang dimiliki kucing juga tidak sebanyak yang dimiliki manusia.

Kucing Bisa Melihat dalam Cahaya Redup

Kucing tidak benar-benar bisa melihat saat berada di tempat yang gelap total. Namun kucing masih bisa melihat saat berada di tempat dengan cahaya redup. Berbeda degan manusia yang teradang kesulitan melihat dalam cahaya redup.

Fakta mata kucing ini bisa melihat dengan baik hanya dengan memerlukan seperenam  cahaya yang dibutuhkan manusia. Ini karena kucing memiliki sel batang yang lebih banyak dari manusia sehingga bisa mendeteksi cahaya yang lebih banyak.

  • Kucing melihat warna dan bentuk yang berbeda dari manusia

Menurut penelitian, warna yang dilihat pada kucing sangat berbeda dengan manusia. Kucing lebih mudah menerima warna biru dan merah sedangkan merasa sulit membedakan warna hijau dan merah.

Bentuk yang dilihat pada kucing pun berbeda dengan apa yang dilihat oleh manusia. Kondisi rabun dekat sering terjadi pada kucing karena memiliki lensa mata yang tidak cepat berubah fokus ketika melihat benda dekat.

  • Warna bulu kucing tidak berpengaruh pada mata kucing

Warna  mata kucing tidak semata dipengaruhi oleh warna bulu kucing. Meski keduanya sama-sama dipengruhi oleh melanosit, namun takarannya bisa berbeda. Melanosit pada bulu kucing bisa lebih aktif dibandingkan pada mata kucing, begitu juga sebaliknya.

Warna mata dan bulu kucing dipengaruhi oleh gen yang berbeda. Jadi tidak dapat dipastikan jika warna mata kucing akan sama dengan bulunya, terkecuali pada ras tertentu yang memiliki warna mata dominan.