Fakta Unik Kucing Ternyata Bisa Melompat!

Fakta Unik Kucing Ternyata Bisa Melompat!

KUCING PUNYA  9  NYAWA?

Saat ini kucing adalah hewan terpopuler di dunia walaupun kucing punya sifat cuek dan tidak ramah tapi kucing merupakan hewan asocial yang berhasil dijinakkan manusia disamping itu ternyata kucing memiliki kemampuan melompat tinggi tanpa ancang-ancang nih mypetslovers, udah pada tahu belum? Pasti mypetslovers tidak asing lagi dengan istilah “kucing punya 9 nyawa?” Salah satu alasan kenapa kucing dijuluki hewan bernyawa sembilan adalah kemampuannya dalam melompat. Ketika kucing melompat di ketinggian, tak jarang lompatannya meleset dan mereka jatuh. Namun jika diperhatikan, kucing jarang sekali terluka. Sekalipun terluka, mungkin hanya kaki mereka yang terkilir.

Fakta Unik Kucing Bernama Lucky

Seperti kucing bernama Lucky yang tetap sehat walau terjatuh dari lantai 26 sebuah apartemen di New York, Amerika Serikat. Uniknya lagi yang sering terjadi apabila kucing jatuh dari tempat yang rendah dia akan cenderung terluka di banding jatuh dari tempat yang tinggi. Mengapa? Ternyata ekor kucing memiliki peran penting disini sebagai alat keseimbangan bagi kucing ketika harus berjalan di tempat yang sempit atau tinggi. Tentu ini sangat berguna untuk kucing-kucing liar yang mahir berpetualang di alam bebas.

Situs Hills Pet menyatakan bahwa kucing dapat dengan mudah melompat enam kali lebih tinggi dari tinggi badan mereka. Artinya, seekor kucing setinggi 30 cm yang sehat dan gesit diperkirakan dapat melompat setinggi 1,8 meter!. Itu tergantung dari usia dan bobot tubuh kucing, dan tingkat kesehatannya.

Bagaimana Kucing Bisa Melompat Tinggi?

Blog Canidae menjelaskan bahwa nenek moyang kucing harus dapat melompat keluar dari pohon, menangkap mangsa, kemudian kembali ke pohon membawa makanan mereka. Kaki belakang yang kuat membantu mereka melompat lebih jauh dan memberi kekuatan untuk membawa mangsa kembali ke pepohonan di mana mereka akan lebih aman dari pemangsa lainnya. Lantas bagaimana cara kucing melompat?

·         Memutar dua arah

Di posisi ini kucing mampu  yang berbeda pada saat yang bersamaan, caracal secara efektif telah mendorong diri sendiri. kucing memiliki kemampuan memutar diri atau melawan gravitasi ke bagian kanan selama ada waktu untuk melakukannya. Ketika mereka melakukannya dengan sukses dan memperoleh kecepatan terminal, badan mereka mulai rileks dan bagian tubuh mereka mulai merentang dengan gaya seperti tupai terbang.

·         Kucing menarik kaki depan

Posisi ini membuat setengah bagian depan tubuhnya berputar cepat seperti pemain ice-skating yang berputar-putar. Hal ini menciptakan suatu putaran pada tulang belakangnya, memungkinkannya untuk mengayunkan kaki belakangnya dan bersiap-siap mendarat.

·         Kucing menekuk kakinya saat jatuh

Cara ini agar kucing terhindar dari patah tulang kaki. Semua kemampuan ini membuat kucing unggul dalam hal melompat dan menyelamatkan nyawa. Tak heran merak dijuluki sembilan nyawa.

Hal ini memang terjadi pada banyak kucing, namun bukan berarti mereka memang diberikan 9 nyawa ya, tapi karena pertahanan diri kucing memang baik, mereka bisa bertahan dalam segala keaadaan walau itu sudah jelas membahayakan jiwa mereka. Meskipun sudah diketahui bahwa kucing mampu bertahan akibat jatuh dari ketinggian, Bukan berarti kamu bisa menguji cobanya dengan sembarangan. Tetap sayangi kucing kamu dan jaga mereka selalu ya Mypetslovers.