Faktor Kucing Takut dengan Timun

Faktor Kucing Takut dengan Timun

Kucing akan memperlihatkan respons terkejut atau ketautan ketika ada yang menakut-nakutinya dengan mentimun. Perilaku ini tentunya tak boleh dilakukan sebab bisa meningkatkan kecemasan atau stres pada kucing. Tapi, harus diketahui kalau ada beberapa penyebab yang bisa menjadi alasan kucing takut dengan timun. Berikut adalah beberapa faktor kucing takut dengan timun.

Kejadian kucing takut dengan mentimun bisa kamu lihat dari berbagai video di Youtube. Berbagai video itu menunjukkan perilaku seseorang yang meletakkan mentimun dibelakang kucing dengan diam-diam.

Meskipun sebagian kucing tidak memperlihatkan perasaan takut ketika melihat timun, tapi meyoritas kucing memperlihatkan respons sebaliknya. Lalu, apa sebetulnya yang mengakibatkan kucing merasa takut dengan timun? Simak ulasan dibawah ini.

Bolehkah Menakut-nakuti Kucing Menggunakan Timun?

Sebelum kita membahas penyebabnya, sebaiknya mengetahui lebih dulu resiko yang bisa muncul jika menakuti kucing menggunakan mentimun. Saat kamu sedang stres atau penat, melihat perilaku kucing yang lucu sangat menghibur. Namun, menakut-nakuti dia untuk dijadikan bahan hiburan tidak menyenangkan bagi kucing. Pasalnya, hal itu bisa mengakibatkan kucing cemas atau bahkan stres.

Gejalanya bisa dilihat dari respons kucing yang memperlihatkan reaksi tubuh gemetar dan juga agresi. Kemudian, kucing bisa juga mengalami gangguan kesehatan seperti diare dan muntah karena perasaan stres tersebut.

Faktor Kucing Takut dengan Timun

Dikutip American Association of Feline Practitioners, kucing mempunyai indera pendengaran dan penciuman yang sangatlah tinggi. Mereka bisa juga peka pada lingkungannya, jadi kemunculan mendadak dari suatu objek acak bisa membuat kucing merasa ketakutan. Maka dari itu, kucing dapat merasa ketakutan ketika melihat mentimun karena sejumlah faktor, diantaranya:

  • Timun Mirip Seperti Ular

Meski kucing masih memiliki sifat predator, namun masih ada sejumlah hewan pemburu lain yang bisa memangsa kucing. Contohnya seperti anjing hutan, burung pemangsa, atau bahkan ular.

Dilansir Hills Pet, sejumlah ahli berpikir kalau kucing menganggap bahwa timun adalah ular ketika melihatnya. Namun, tak semua ahli percaya dengan pemikiran itu. Pasalnya, boleh jadi kucing memperlihatkan respon yang serupa dengan beberapa benda yang diletakkan secara diam-diam di belakangnya.

Ahli hewan memperingatkan agar sebaiknya tak melakukan hal itu ataupun mencoba benda lainnya untuk menyaksikan apakah kucing ketakutan atau tidak. Menakuti kucing dengan sengaja merupakan hal yang tak boleh dilakukan. Karena, tindakan itu bisa membuat kucing stres kemudian membahayakan kesehatannya.

  • Merasakan Ada Penyusup

Kucing memiliki sifat teritorial, khususnya terhadap makanan. Jika mentimun diletakkan secara diam-diam ketika kucing tengah makan, maka itu bisa membuatnya berpikiran kalau timun itu ingin mencuri makanan. Dampaknya, kucing melihat timun itu sebagai suatu ancaman.

Jika kucing dihadapkan dengan situasi mengancam, maka dia akan memberi respons dengan kecemasan dan ketakutan. Hasilnya, kucing bisa memperlihatkan bahasa tubuh naluriah saat dikejutkan dengan kehadiran timun tersebut. Contohnya, seperti tiba-tiba melompat, atau sebaliknya, yakni berdiam di tempat tersebut dengan bulu yang berdiri.

Apapun alasannya, menakuti kucing menggunakan benda tertentu merupakan tindakan yang tak boleh dilakukan. Karena, kucing bisa mengalami stres yang berkepanjangan.

Itulah dia beberapa faktor kucing takut dengan timun. Oleh sebab itu, perlakukan binatang peliharaan seperti kamu ingin diperlakukan orang lain. Berikan perhatian yang lebih pada kucing, ajak dia bermain, lalu usap tubuhnya dengan rutin. Kamu bisa juga memberi makanan kucing yang enak dan mempunyai kandungan gizi seimbang, supaya kesehatan kucing kesayanganmu selalu terjadi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.