Fenomena Kucing Cacat Sejak Lahir di Dunia

Fenomena Kucing Cacat Sejak Lahir di Dunia
kucing cacat sejak lahir

Banyak sekali manusia yang menyayangi kucing karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Namun tidak semua kucing terlahir dengan kondisi yang beruntung dengan fisik yang lengkap dan memuaskan pandangan. Ada segelintir hewan kucing cacat sejak lahir, yang mengakibatkan mereka tidak bisa beraktivitas seperti kucing normal biasanya.

Ada beberapa fenomena cacat pada kucing yang biasanya terjadi. Namun itu bukanlah alasan untuk membuang kucing karena merasa mereka tidak sempurna. Justru kucing cacat sejak lahir butuh diperlakukan dengan istimewa dan sebaik mungkin agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang memiliki hati jahat.

Fenomena Paling Umum Cacat Pada Kucing Sejak Lahir

Kucing dengan penampilan fisik yang lengkap memang sangat menarik dan menggemaskan. Akan tetapi tidak jarang ada kucing cacat dan memiliki penampilan yang tidak kalah menarik. Ada beberapa fenomena paling umum cacat pada kucing yang dapat diderita sejak lahir.

Berikut ini berbagai fenomena kucing cacat yang perlu kamu tahu:

  1. Kucing yang buta

Jenis cacat pada kucing yang bisa diderita sejak lahir yaitu kebutaan. Kucing yang buta bisa memiliki bentuk mata yang utuh namun tidak bisa menunjukkan respon terhadap cahaya dan benda di sekitarnya. Namun seringkali kebutaan pada kucing juga bisa mempengaruhi bentuk mata mereka.

Kebutaan yang dialami oleh kucing sejak lahir bisa disebabkan oleh faktor genetik maupun adanya penyakit sejak lahir. Kucing indukan yang mengandung dengan kondisi tubuhnya penuh virus juga bisa menyebabkan kucing yang mereka lahirkan menjadi buta.

  1. Kucing yang cacat pada organ dalam

Kucing yang terlahir dengan bentuk fisik luar sempurna belum tentu 100% memiliki kondisi kesehatan yang sempurna. Bahkan tidak jarang ada kucing yang fisiknya sempurna namun mengalami cacat pada organ dalam seperti jantung, ginjal, paru-paru, dan lain sebagainya.

Penyebab terbesar yang bisa mengakibatkan kucing mengalami cacat organ dalam adalah karena hubungan kawin sedarah orangtuanya. Kucing yang lahir dari hasil perkawinan sedarah biasanya mengalami kelainan bentuk organ dalam atau menderita imun tubuh yang sangat rawan.

Adapun Cacat Bagian Tubuhnya

  • Kucing dengan kaki bengkok

Jika kamu pernah menjumpai bentuk fisik kaki kucing bengkok, kucing tersebut termasuk salah satunya yang cacat sejak lahir. Kucing yang memiliki kaki bengkok pada dasarnya tidak merasakan sakit ketika berjalan atau berlari karena kebanyakan tidak menyebabkan sakit.

Penyebab dari bengkoknya kaki kucing tersebut yaitu kurangnya nutrisi yang diperoleh oleh induk kucing semasa mengandung. Kelainan genetik ini juga bisa disebabkan oleh gen orangtua kucing tersebut. Biasanya bengkok pada kaki kucing disebabkan oleh bentuk tulang yang abnormal.

  • Kucing dengan ekor tak sempurna

Berikutnya, penampakan kucing disabilitas selanjutnya yaitu kucing dengan ekor tak sempurna. Biasanya ekor kucing yang lahir normal menjuntai dengan indah serta tidak mengalami cacat. Berbeda dengan kucing yang cacat, ekornya ada yang tampak bengkok, atau terlalu pendek atau terlihat patah.

Penyebab dari bengkoknya ekor kucing sejak lahir yaitu karena induknya kurang mendapatkan cukup gizi. Selain itu kucing indukan yang memiliki gen ekor tak sempurna juga bisa mewariskan kondisi ekor yang tak normal pula pada anaknya. Akan tetapi umumnya kondisi ekor tak normal pada kucing tidak menyebabkan rasa sakit.

Itulah beberapa jenis cacat yang biasanya diderita oleh kucing yang perlu kamu tahu. Berbagai fenomena kucing cacat sejak lahir di atas menjadi contoh bahwa tidak semua hewan yang memiliki cacat tidak patut untuk dikasihi.

Justru karena seekor kucing mengalami cacat, ia harus mendapatkan perlakuan yang istimewa dari manusia di sekitarnya. Jadi, jika ada kucing yang mengalami cacat sejak lahir jangan langsung dibuang karena justru mereka membutuhkan kasih sayang lebih daripada kucing yang normal. Semoga bermanfaat!