Sering Berbeda-Beda, Inilah Maksud Gerakan Ekor Kucing

Sering Berbeda-Beda, Inilah Maksud Gerakan Ekor Kucing
gerakan ekor kucing

Kucing memakai gerakan ekornya dengan telinga, mata, serta postur badan agar bisa berkomunikasi. Sebagai catlovers, mengetahui bahasa ekor kucing penting sekali guna membantu kalian untuk lebih mengerti kucing kesayanganmu itu. Disini kita akan membahas arti dari gerakan ekor kucing.

Pernahkah kalian mendengar istilah ‘mata merupakan jendela jiwa’? hal ini berlaku dalam dunia manusia. Tapi, dalam dunia kucing, ekor merupakan bagian tubuh yang bisa memberi wawasan paling besar mengenai apa yang sedang mereka rasakan.

Kalian bisa memahami bagaimana perasaannya ataupun mengidentifikasi situasi maupun hal yang dapat membuat kucingmu senang atau justru ketakutan. Mempelajari ekor kucing akan membantu mengetahui jika kucingmu sedang dalam keadaan sakit.

Maksud Gerakan Ekor Kucing

Sama halnya dengan anjing, kucing akan menggerakkan ekornya guna mengekspresikan perasaannya. Berikut ini adalah beberapa gerakan ekor dan artinya:

  • Menepuk Lantai atau Tanah

Ketika kucing menepuk-nepukkan ekornya ke lantai atau tanah, artinya dia sedang marah atau kesal. Hal itu memberitahu kalian bahwa ada hal yang mengganggunya.

Ini juga menandakan agar kalian menjaga jarak. Kalau kalian sedang memegang kucing serta ekornya mulai meronta-ronta, hal itu menunjukkan bahwa dia ingin kalian berhenti membelainya. Jika kalian tak menurut, maka kucingmu bisa menggigit, mencakar, atau mendesis.

Kucing akan menggerakkan ujung ekor ketika bermain dan berburu, dan saat dia sedang merasa frustasi atau kesal. Saat kucingmu melakukan gerakan ekor seperti ini, kalian harus bisa membaca situasi tersebut ataupun mencari petunjukk lain mengenai suasana hatinya.

  • Ekor Gemetar

Saat melihat hewan atau kucing lain, mungkin kucingmu akan menggerakkan ekornya secara gemetar. Terkadang, ketika kucing melakukan hal itu sembari menegakkan serta berjongkok, mungkin hal itu pertanda dia akan pipis.

Ketika kucingmu mengibaskan ekornya secara perlahan, mungkin dia sedang fokus terhadap sesuai seperti hewan lain, mainan didalam rumah, atau bisa sesuatu diluar. Mungkin dia juga bersiap akan menerkam.

Maksud Posisi Ekor Kucing

Selain menggerakkan ekor, posisi dari ekor tersebut juga memiliki arti dan dapat memberitahu kalian apa yang sedang dia rasakan. Dibawah ini adalah posisi ekor kucing beserta artinya:

  • Letak Ekor Melengkung Berbentuk Tanda Tanya

Jika kalian melihat letak ekor kucing yang melengkung seperti bentuk tanda tanya, mungkin kalian perlu berhenti sebentar dari aktivitas kalian saat itu juga untuk bermain bersamanya. Letak ekor seperti ini seringkali menandakan jika suasana hati kucing peliharaanmu sedang senang serta dia bersiap untuk bermain denganmu.

  • Letak Ekor Puff-up

Jika kucing membuat ekornya terlihat melengkung ke arah belakang dan menggembung, maka itu berarti bahwa dia tengah ketakutan atau terkejut dengan ancaman yang mendadak dan juga menakutkan. Kalau buku kucingmu juga ikut tegak berdiri, sehingga membuat ekor tersebut menjadi lebih besar, itu merupakan respon defensif yang memperlihatkan jika kucingmu ingin sendirian dan tak ingin diganggu.

  • Letak Ekor Rendah

Ekor kucing yang diletakkan lurus ke arah bawah dapat menandakan suatu agresi. Ekor rendah menandakan jika suasana hati kucingmu sedang serius. Akan tetapi, ketahuilah jika jenis kucing tertentu, misalnya saja seperti Persia akan menurunkan ekornya dengan alasan tertentu.

  • Letak Ekor Melingkar ke Kucing Lain

Ekor yang melingkar ke kucing lain seperti tengah merangkul menandakan bahwa dia memperlihatkan pesahabatan yang kuat.

Demikian ulasan tentang maksud gerakan ekor kucing yang perlu kalian ketahui. Semoga penjelasan diatas bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terima kasih.