Tips Mudah Melalukan Grooming Anjing Penakut

Tips Mudah Melalukan Grooming Anjing Penakut
grooming anjing penakut

Memelihara anjing yang mudah takut memang membutuhkan banyak usaha. Hal ini disebabkan karena anjing yang mudah merasa takut bisa menyebabkan mereka ketakutan dengan apapun yang menurut mereka mencurigakan. Termasuk salah satunya adalah ketika melakukan grooming. Untuk Anda yang memiliki anjing yang mudah takut, maka berikut ini adalah beberapa tips Grooming anjing penakut yang bisa Anda coba praktikkan.

Siapkan alat-alat yang akan Anda butuhkan untuk grooming anjing penakut

Seperti melakukan grooming pada anjing umumnya, melakukan grooming pada anjing penakut juga akan membutuhkan banyak peralatan. Beberapa alat yang digunakan untuk mengatasi anjing dan mudah takut antara lain adalah :

  • Shampo anjing
  • Sisir
  • Pemotong kuku
  • Gunting
  • Clipper elektrik

Alat-alat ini merupakan alat yang sangat penting untuk melakukan grooming pada anjing Anda. Untuk mengurangi rasa takut dari anjing Anda, pastikan Anda mendapatkan alat-alat ini pada satu tempat penyimpanan dalam bentuk satu set. Jangan sampai Anda harus wira-wiri mengambil peralatan yang nantinya akan digunakan karena hanya akan membuat Anda makin waspada.

Biarkan anjing Anda mengenal alat-alat grooming yang akan digunakan

hal kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa takut pada anjing Anda saat akan memperkenalkan alat-alat yang biasa digunakan untuk grooming pada anjing Anda. Bagaimana caranya? Cara memperkenalkan alat-alat yang nantinya digunakan untuk grooming terlebih dahulu.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan tempat dan alas untuk grooming. Setelah itu tidurkan anjing Anda di tempat yang sudah Anda siapkan. Buat anjing Anda merasa nyaman. Jika ia sudah merasa santai dan nyaman, mulailah untuk mengambil alat grooming satu persatu dan meletakkannya di sekitar anjing Anda.

Meletakkan alat grooming di sekitar anjing Anda akan membuat anjing Anda merasa lebih familiar dengan aroma dan bentuk dari alat grooming ini. jika anjing Anda bangun dan mengendus alat grooming ini, maka ini tandanya ia sedang mencoba mengenal alat grooming nya. Ini adalah hal yang baik jadi biarkan anjing Anda mengendus alat-alat tersebut dan lebih familiar dengan alat grooming-nya.

Ulang rutinitas perkenalan ini

Anda bisa mengulangi step-step training di atas beberapa kali, makin sering Anda melakukan sesi training ini, maka makin rendah rasa stres yang akan dirasakan oleh anjing Anda. sesungguhnya cara ini akan lebih baik dilakukan sejak anjing Anda masih kecil sehingga ia akan lebih terbiasa saat sudah dewasa nanti.

Rutinitas ini bisa dihentikan jika Anda sudah melihat perilaku yang berbeda pada anjing Anda. jika anjing Anda sudah terlihat tidak tertarik dengan alat-alat ini, maka Anda bisa mulai mencoba melakukan grooming. Pada pertama kali Anda melakukan grooming lakukan sedikit demi sedikit sehingga anjing Anda tidak panik. Ingat untuk selalu memberikan pujian dan hadiah pada anjing Anda.

Melakukan grooming anjing penakut di tempat Grooming anjing Medan

Ketika Anda akan melakukan grooming anjing yang penakut atau anjing yang sangat galak memang bukan hal yang mudah. akan tetapi jika Anda ingin melakukan grooming anjing yang galak atau anjing penakut ini, maka Anda bisa menggunakan jasa untuk membantu melakukan grooming pada anjing Anda.

Untuk Anda yang ingin melakukan grooming dengan menggunakan jasa, maka Anda bisa menggunakan jasa Mypets.co.id untuk mendapatkan layanan perawatan anjing Anda. Mypets.co.id memiliki banyak makanan untuk makanan anjing Anda. selain anjing, tempat Grooming anjing Medan Mypets.co.id juga menyediakan makanan kucing dengan banyak variasinya.