Hairball Pada Kucing yang Harus Diwaspadai

Hairball Pada Kucing yang Harus Diwaspadai
Hairball pada kucing

Hairball pada kucing merupakan masalah yang tidak bisa dianggap sepele, karena dapat membahayakan kondisi kucing. Yang mana kucing mengeluarkan bola-bola yang terbentuk dari rambut-rambut mati.

Rambut-rambut mati ini biasanya akan dijilat oleh kucing itu sendiri sehingga dapat masuk kedalam pencernaan kucing. Kondisi yang dapatĀ  menyebabkan penyakit yang berbahaya pada kucing.

4 hal Penting Mengenai Hairball pada Kucing

Oleh karena itu sebaiknya segera mencermati ketika kucing sering muntah dan mengeluarkan cairan. Bisa jadi ini merupakan pertanda hairball pada kucing yang sudah mulai akut. Beberapa hal penting mengenai hairball pada kucing adalah:

  1. Kenali Tanda Hairball pada Kucing

Untuk mengantisipasi terjadinya hairball ini pada kucing kesayangan kamu maka jangan lupa untuk menyikat atau menyisir rambutnya secara teratur. Apalagi ketika kucing yang kamu miliki adalah kucing dengan jenis rambut panjang.

Jangan sampai melewatkan waktu menyisir, karena ketika pemilik kurang merawat akan membuat kucing sering menjilat tubuhnya. Ini adalah perilaku alamiah sebagai tindakan perawatan terhadap dirinya sendiri.

Biasanya kucing melakukan hal ini dengan tujuan untuk membersihkan rambutnya dari kotoran yang menempel. Sehingga proses ini membuat papila pada lidah kucing mengangkat rambut yang mati dan rontok. Hal inilah yang menyebabkan rambut tertelan dan masuk ke dalam pencernaan kucing.

  1. Keluar Bersama Cairan Saluran Pencernaan

Jangan panik dulu saat mengalaminya, hal ini sebenarnya adalah fenomena yang lazim terjadi pada kucing. Pada umumnya memang rambut yang sudah mati akan termakan oleh kucing dan dikeluarkan melalui kotoran atau muntahan. Uniknya saat keluar rambut tersebut berbentuk bola-bola rambut sehingga disebut hairball.

Ketika muntah sambil mengeluarkan hairball tersebut, biasanya akan keluar bersama dengan cairan pencernaan kucing. Yang keluar dari saluran cerna kucing, dan mengakibatkan kucing menjadi tersedak dan mengakibatkan muntah.

Itulah sebabnya pemilik kucing harus memperhatikan dengan benar tanda-tanda masalah ini ini agar bisa menanganinya dengan tepat. Perhatikan saat kucing sering muntah atau buang kotoran, apakah terdapat bola-bola rambut di dalamnya.

  1. Ketika Kondisi Akibat Hairball Sudah Akut

Meskipun hairball adalah hal yang normal dialami oleh kucing, namun ketika sudah terlihat lemas harus diwaspadai. Perhatikan baik-baik muntahan yang keluar dari mulutnya, saat sudah sering muntah namun tidak ada hairball, itu artinya sudah akut.

Segera bawa kucing tersebut ke dokter hewan terdekat, karena tanda-tanda tersebut bisa berarti hairball sudah berpindah dari perut ke usus kucing. Kalau sudah begini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang mengancam keselamatan kucing.

Hal ini jauh lebih buruk ketika gejalanya bertanbah dengan beberapa gejala lain seperti penurunan nafsu makan, diare yang parah. Bisa juga mengalami sembelit dan perut yang terlihat membengkak yang mengganggu gerak-gerik kucing.

  1. Pencegahan Hairball pada Kucing

Sebenarnya ada cara untuk mencegah hairball ini yaitu dengan cara rajin menyisir dan menyikat anabul secara berkala. Sehingga rambut yang rontok dan mati segera hilang dari badannya, supaya tidak ada yang tertelan saat kucing menjilati tubuhnya.

Selain itu juga dapat dicegah dengan rutin membawanya untuk melakukan perawatan di salon hewan yang profesional. Apalagi ketika kucing memiliki rambut yang panjang, sangat baik utnuk menjaga kesehatannya. Selain itu salon juga biasanya memiliki solusi perawatan yang lebih baik karena pengalaman.

Demikianlah beberapa hal penting mengenai hairball yang harus diwaspadai oleh pemilik kucing. Sehingga tidak panik dan dapat memberikan perawatan yang tepat saat anabul mengalami gejala hairball. Karena kalau sudah parah kemungkinan sembuh seperti sediakala bisa menjadi sulit.