Ini Alasan Kenapa, Mulut Kucing Bau Busuk dan Susah Sekali Makan

Ini Alasan Kenapa, Mulut Kucing Bau Busuk dan Susah Sekali Makan
Ini Alasan Kenapa, Mulut Kucing Bau Busuk dan Susah Sekali Makan

Ini Alasan Kenapa, Mulut Kucing Bau Busuk dan Susah Sekali Makan-Apakah kucingmu sedang tidak enak badan? Jika mulut kucing bau busuk dan juga susah makan, maka kamu harus segera memeriksakannya ke dokter. Dengan begitu, dokter akan memberikan resep obat yang tepat setelah mendiagnosa penyebabnya.

Apa Sih Penyebab Mulut Kucing Bau Busuk dan Susah Makan?  

Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat menggemaskan dan juga lucu. Maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang mencoba untuk memelihata hewan yang satu ini. Bagi kamu yang ingin memeliharanya maka pastikan juga kesehatannya, terutama di bagian mulutnya.

Hal ini tidak lain karena tidak sedikit kucing yang kerap mempunyai masalah kesehatan di bagian mulutnya. Apalagi jika karena masalah di bagian mulutnya tersebut bisa membuatnya mogok makan. Kamu harus segera mengetahui penyebabnya, berikut ulasan lebih jelasnya lagi.

  1. Faktor Usia

Salah satu alasan kenapa mulut kucing bau busuk tidak lain yaitu karena usianya sudah tua. Sebab, permasalahan tersebut sudah sering terjadi di beberapa kucing. Semakin tua usianya, maka tubuh si meong juga bertambah rapuh.

Maka dari itu tidak heran jika nantinya kucing kesayanganmu itu rentan terkena berbagai serangan  penyakit. Apalagi jika ternyata kucing tersebut mempunyai riwayat penyakit turunan.

Tentunya kamu harus melakukan konsultasi terhadap dokter hewan supaya mendapatkan penanganan yang tepat. Sebab, jika salah langkah justru kucing kesayanganmu akan bertambah parah nantinya.

  1. Konsumsi Makanan yang Salah

Penyebab lain mengapa kucingmu mengalami masalah pada mulutnya tidak lain yaitu karena salah saat mengkonsumsi makanan. Salah satu contoh makanan yang kerap membuat nafas si meong menjadi lebih mudah bau tidak lain yaitu karena terlalu banyak konsumsi daging mentah.

Apabila kucingmu terlalu banyak memakan daging mentah tersebut, maka tidak heran jika mulutnya menjadi bau. Hal ini tidak lain disebabkan karena sisa daging yang ada di mulutnya tadi menempel sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

  1. Adanya Karang Gigi

Jika kucing kesayanganmu itu mempunyai karang di dalam giginya, maka tidak perlu diragukan lagi kenapa nafasnya menjadi bau. Apalagi jika ternyata karang gigi yang tersebut terlalu lama dibiarkan.

Pastinya akan menambah masalah yang lebih parah lagi bukan? Bahkan, jika karang gigi tadi dibiarkan terus menerus, maka akan semakin menumpuk. Alhasil, gusi si meong   bisa jadi malah mengalami infeksi.

Dengan begitu, kucingmu akan mengalami nafsu makan yang menurun. Sehingga tidak salah lagi jika dirinya akan rentan terkena penyakit lainnya. Tentunya kamu tidak mau hal tersebut terjadi pada kucingmu kan?

  1. Adanya Gangguan Hati

Alasan keempat kenapa kucingmu bau mulut bisa jadi karena ada masalah di bagian hatinya. Sehingga nantinya bisa mengganggu sistem pernapasan pada si meong. Jika kondisinya semakin parah, maka nafsu makannya juga akan ikut menurun secara drastis. Untuk itu dibutuhkan penangan yang cepat dan tepat dari dokter hewan.

  1. Gangguan Ginjal

Terakhir,  alasan yang menjadikan nafas si meong menjadi bau tidak lain karena adanya penyakit yang dideritanya. Penyebabnya tidak lain yaitu karena adanya gangguan di bagian ginjalnya.

Dimana masalah tersebut akan berdampak pada keluarnya urea maupun amonia nantinya. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka nantinya akan menyebar ke pembuluh darah lalu akan mengakibatkan bau mulut pada si meong.

Setelah mengetahui berbagai macam penyebab mulut kucing bau busuk dan juga susah makan,  apakah kamu sudah paham? Jika sudah, maka jangan segan untuk segera melakukan konsultasi ke dokter hewan supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut ya!