Ini Beda Kucing Siberia dengan Maine Coon

Ini Beda Kucing Siberia dengan Maine Coon
Beda kucing siberia dengan maine coon

Memiliki kucing berukuran jumbo dengan bulu panjang nan halus tentu sangat menggemaskan. Beberapa pecinta kucing malah kesulitan menentukan beda kucing siberia dengan maine coon karena bentuk fisiknya sangat mirip. Padahal kedua ras kucing besar dan imut ini memiliki ciri unik sebagai pembedanya.

Beda Kucing Siberia dengan Maine Coon

Sekilas melihat dari kemiripan fisik memang kucing Siberia dan kucing Maine Coon mirip. Tapi ada beberapa aspekĀ  sebagai pembedanya. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Asal usul kucing

Beda kucing siberia dengan maine coon dapat di lihat dari asal usulnya. Kucing Siberia berasal dari rusia, tepatnya dari hutan dingin Siberia. Sedangakan kucing Maine Coon sudah ada sejak abad ke-10 karena di bawa oleh pelaut Eropa. Menjadi kucing yang sangat popular di abad ke-19 namun tetap kalah pamor dengan kucing Persia dan Siam.

  1. Ciri fisik kucing

Kucing Siberia terkenal memiliki bulu panjang dengan mantel tiga lapisnya. Bulunya berwarna putih atau bercorak hijau kecoklatan. Keindahan kucing ini terletak dari matanya yang berwarna hijau dan hijau keemasan. Bobot tubuhnya sekitar 8 kilogram dengan panjang 0.6 meter.

Kucing maine coon menjadi kucing ras besar di dunia sehingga dijuluki sebagai giant cat atau kucing raksasa. Bobot tubuh kucing betina adalah 4-6 kilogram dan kucing jantan mencapai 6-9 kilogram.

Kucing ini memiliki bulu yang panjang dan lebat dengan tekstur yang halus. Panjang tubuh kucing dihitung dengan ekornya mencapai 1 meter.

Beda kucing Siberia dengan maine coon terlihat dari ekornya. Ekor Maine Coon lebih panjang dari hewan lainnya. Ukuran tubuhnya begitu proporsional. Panjang bulu kucing ini mencapai 7 cm, sehingga bentuk tubuhnya menyerupai singa.

Kucing maine coon bermata besar dan lebar. Bahkan kucing putihnya memiliki warna mata yang unik, yaitu warna mata biru dan odd eyes (dua warna mata berbeda).

  1. Karakter kucing

Kucing Siberia tergolong kucing yang setia. Karakternya selalu ingin dekat dan diperhatikan pemiliknya. Jangan kanget ketika kamu memelihara kucing jenis ini, karena kemanapun kamu beraktivitas di dalam rumah maka akan selalu diikuti.

Sifat manjanya sangat kental karena suka tiba-tiba ikut duduk di pangkuanmu ketika bersantai. Kucing ini juga bisa menghangatkan hubungan dengan anggota keluarga pemiliknya. Kamu bahkan akan disambut di depan pintu ketika jam pulang kerja.

Sifat menonjol kucing ini adalah sangat aktif bermain. Permainan yang disuka sejenis lempar barang dan hobinya bermain air. Kucing Siberia akan terlihat tenang dan diam ketika dimandikan. Sungguh menggemaskan ya.

Sedangkan kucing Maine Coon lebih aktif dan lincah. Suka sekali bermain di luar kandang dan tidak takut air. Kucing ini memiliki sifat lebih mandiri daripada Siberia. Kucing penyayang ini juga akan mengikuti kemanapun kakimu melangkah. Ketika kamu duduk bersantai, kucing ini akan mendatangi dan duduk santai bersama.

  1. Perawatan kucing

Kucing Siberia membutuhkan perawatan khusus terhadap bulunya yang panjang. Rajinlah menyisir bulu setidaknya seminggu dua kali untuk menghidari bulu kusut dan rontok. Hindarkan dari ruangan ber-AC agar keindahan mantelnya tetap terjaga.

Kucing maine coon rentan terhadap penyakit kardiomiopati. Yaitu jenis penyakit jantung dan panggul. Berkonsultasilah dengan dokter hewan untuk mendapatkan informasi seputar penyakit tersebut, gejala, dan pencegahannya.

Beda kucing Siberia dengan Maine Coon dapat terlihat dari beberapa aspek. Walaupun secara fisik ada kemiripan tapi tetap dari ciri keunikan dan karakter ada perbedaan. Jadi kamu tertarik memelihara ras kucing besar yang mana?