Ini Dia Tips dan Cara Agar Kutu Anjing Hilang Total

Ini Dia Tips dan Cara Agar Kutu Anjing Hilang Total
agar kutu anjing hilang

Kutu merupakan hewan parasit yang bisa menyebabkan banyak penyakit kulit pada anjing. Penyakit kulit tersebut antara lain alergi, kudis, kurap, dan masih banyak lagi. Apabila semakin parah, penyakit-penyakit tersebut bisa membahayakan hidup anjing. Maka tak heran banyak orang yang mencari cara agar kutu anjing hilang.

Apakah anjingmu juga terkena serangan kutu ini? Apabila iya, kamu bisa mengikuti beberapa cara dan tips yang akan kami bahas di bawah ini!

Lakukan Tips Di Bawah Ini Agar Kutu Anjing Hilang

agar kutu anjing hilang
agar kutu anjing hilang

Kutu merupakan hewan yang menyukai tempat kotor dan tidak higienis. Maka cara menghilangkannya pun tidak jauh-jauh dari kebersihan. Ikuti beberapa cara di bawah ini, agar anjingmu bebas kutu!

  1. Mandikan Anjing Secara Rutin

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa kutu sangat suka dengan tempat kotor. Oleh karena itu, jaga kebersihan diri anjing dengan memandikannya secara rutin. Berdasarkan penelitian, waktu yang tepat untuk memandikan anjing adalah sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Agar lebih bersih, kamu bisa memandikan anjing dengan sampo khusus untuk anjing. Pilihlah yang bisa membasmi kutu secara sempurna. Sebelum itu, pastikan anjingmu tidak memiliki luka pada kulitnya. Pasalnya bahan kimia pada sampo bisa membuat luka anjing semakin sakit.

  1. Sisir Bulu Anjing dengan Sisir Kutu

Kutu memiliki ukuran yang sangat kecil, maka tak heran banyak orang yang kesusahan untuk mencarinya. Hal ini bisa kamu akali dengan sisir yang memiliki gigi sangat tipis atau sisir kutu. Dengan sisir ini, kutu tidak akan memiliki celah untuk bisa kabur.

Selain untuk menangkap kutu, sisir ini juga berfungsi untuk menghilangkan ketombe dan kotoran pada bulu anjing.  Rambut anjing pun juga terasa lebih halus dan lembut.

Segera Bunuh Kutu Jika Menemukannya Dibalik Bulu

Apakah kamu berfikir bahwa kutu akan menetap pada satu tempat? Jawabannya adalah tidak! Hewan parasit yang satu ini selalu berpidah-pindah untuk mencari mangsa yang lebih empuk. Lalu bagaimana cara berpindahnya? Karena memiliki tubuh yang kecil, kutu ini sangat ahli dalam hal melompat. Dengan cara inilah mereka bisa berpindah dari satu ke tempat lainnya.

Oleh karena itu, setelah mendapatkan kutu anjing kamu harus segera membunuhnya. Tentu kamu tidak mau bukan kutu tersebut akan loncat di rambutmu?! Pastikan kematian kutu dengan cara memasukannya pada sabun panas, agar tidak kembali masuk ke bulu anjing.

Cek Kutu Secara Rutin

Meskipun sudah dibersihkan dengan sisir, tidak menjamin seluruh populasi kutu di anjingmu benar-benar hilang. Kutu yang tersangkut pada sisir biasanya merupakan kutu dewasa dengan ukuran cukup besar. Lalu bagaimana dengan anak kutu dan telurnya? Mereka akan tumbuh besar dan berkembang biak lagi.

Nah, untuk itu kamu perlu melakukan pemeriksaan kutu pada anjingmu secara rutin. Selain itu, lakukan perawatan lain agar telur kutu tidak bisa menetas. Caranya yaitu dengan menggunakan vitamin rambut. Bahan kimia dan fragrance yang terkandung dalam vitamin rambut bisa membuat pertumbuhan kutu menjadi terganggu.

Berikan Waktu pada Anjing untuk Membersihkan Kutu

Dibandingkan kamu sebagai pemiliknya, anjing peliharaanmu tentu lebih tau letak kutu yang bersarang di bulunya. Hal ini dikarenakan rasa gatal yang ditimbulkan pada saat kutu menghisap darah mereka. Oleh karena itu, mereka akan mengambil dan membunuhnya.

Namun kamu tidak boleh tinggal diam ketika anjingmu terlalu agresif dalam membersihkan kutu tersebut. ditakutkan, dia akan melukai kulitnya sehingga akan terjadi iritasi. Untuk langkah yang lebih aman, kamu bisa meminta saran dari dokter untuk membasmi kutu-kutu tersebut.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai tips dan cara agar kutu anjing hilang. Dengan mengikuti cara di atas, dijamin anjingmu akan bebas kutu dan penyakit kulit.

 

Tagged with: