Inilah Penyebab Anjing Suka Mengejar Ekor Sendiri

Inilah Penyebab Anjing Suka Mengejar Ekor Sendiri

Mempunyai hewan kesayangan memang sungguh mengasyikkan, misalnya anjing yang banyak dipelihara orang. Perilaku anjing pun juga terkadang membuat kita gemas serta membuat kita semakin terhibur karena keberadaaanya. Terkadang anjing suka mengejar ekor sendiri dan itu bisa menjadi salah satu kebiasaan uniknya.

Terdapat beberapa alasan kenapa anjing suka sekali mengejar ekornya sendiri. Selepas mendapatkannya, mereka biasanya akan menggigit ekor tersebut. Namun, tidak jarang anjing yang tidak bisa mengejar atau menggigit ekor sendiri. Tapi, mungkin kalian penasaran apa yang jadi penyebabnya anjing melakukan kegiatan tersebut, lalu apakah itu hal yang wajar jika terjadi berulang kali? Mari simak penjelasannya dibawah ini!

Uniknya Alasan Anjing Suka Mengejar Ekor Sendiri

Anjing yang tengah sibuk mengejar ekor sendiri mungkin terlihat sangat lucu. Tapi, kebiasaan anjing tersebut sebetulnya tak selalu menjadi hal yang bagus. Apalagi jika ia sering melakukannya hingga mengakibatkan cedera.

Ada berbagai alasan dibalik kegiatan ini, mulai dari kecenderungan genetik hingga kebosanan. Bahkan, tindakan seperti ini juga dapat menandakan terdapat penyakit atau anjingmu mengalami gangguan kompulsif-obsesif seperti pada manusia. Sebagai pemilik, kalian bisa menyimak beberapa penyebab serta solusi agar aktivitas semacam ini tak seringkali dilakukan oleh anjing.

  • Bosan dan Berusaha Mencari Perhatian

Ketika anjing diletakkan di ruangan yang kecil dan tak memungkinkan untuk dia berlari dan bermain, kemungkinan besar dia akan melakukan kebiasaan mengejar ekor sendiri. Terlebih jika ia tahu hal itu bisa membuat kalian tertawa atau semakin memperhatikannya, ia pasti bakal melanjutkannya.

  • Terserang Parasit

Anjing mungkin sekali terserang parasit, khususnya jenis cacing pita dan biasanya ini ditemukan di feses lalu dapat ditemukan didaerah anus. Selanjutnya hal ini mengakibatkan sensasi kurang nyaman dan gatal. Hasilnya, anjingmu bakal mencoba untuk menggigit bagian belakang tubuhnya untuk mengurasi gatal tersebut.

Kadang sulit memastikan apakah dia terserang parasit atau tidak. Maka dari itu, kalian dapat menanyakan kepada dokter hewan guna mengetahui ciri-ciri khas ketika anjing terserang parasit. Atau kalian bisa juga membawanya ke klinik terdekat.

  • Mempunyai Kecenderungan Genetik

Alasan ini berhubungan dengan breeding, yakni perilaku kompulsif dan berulang seperti mengejar ekor yang seringkali menjadi ‘efek samping’ pembiakan. Ketika industri pembiakan anjing jadi kurang terkontrol dan tak terkendali, sejumlah sifat resesif sudah merusak beberapa jenis anjing, misalnya seperti German Shepherd, Dalmatian, serta beberapa Terrier.

Baca Juga : Pentingnya VCO Untuk Kucing Rumahan

Salah satu dari sifat yang sudah terlihat karena overbreeding ialah kecenderungan mengejar ekor sendiri. Meskipun banyak anjing yang bakal mengejar ekornya sendiri sebagai pengalihan perhatian sesaat ataupun pelepas penat, anjingmu dengan kecenderungan genetik bakal melakukan hal ini secara obsesif. Mungkin dia memerlukan obat guna memperbaiki sifat satu ini.

  • Sudah Tua

Seiring bertambahnya umur anjing, ia juga dapat menjadi tidak terlalu sadar dengan lingkungan serta tubuhnya sendiri. Sebagai dampak kesehatan mentalnya yang menurun, anjing bisa menunjukkan perilaku yang berulang kali, misalnya saja mengunyah ekor ataupun mengejar ekor sendiri.

Mungkin dia kurang menyadari jika hal yang satu ini dapat melukai diri sendiri. Ini merupakan masalah yang dirasa lebih sulit untuk bisa ditangani, namun sebaiknya kamu dapat menyelesaikannya dengan bantuan dari dokter hewan. Mungkin dokter hewan langgananmu bisa memberikan nasehat mengenai apa yang dapat diberikan kepada anjing agar transisinya ke umur tua terasa semakin mudah.

Itu saja artikel tentang penyebab anjing suka mengejar ekor sendiri. Selain terlihat menggemaskan, kalian juga perlu waspada jika anjingmu seringkali menunjukkan perilaku seperti ini, biasa saja dia terkena gangguan kesehatan. Semoga bermanfaat!