Inilah Cara Agar Kucing Mau Digrooming Meskipun Takut Air

Inilah Cara Agar Kucing Mau Digrooming Meskipun Takut Air
agar kucing mau grooming

Kucing merupakan hewan yang tubuhnya tidak ingin basah, karena hal itulah kebanyakan kucing takut dengan air terlebih saat dimandikan. Kucing akan marah dan mencakar jika kamu berusaha untuk memandikannya sendiri. Maka dari itu yang kamu butuhkan adalah trik agar kucing mau digrooming meskipun takut dengan air.

Cara Mudah Agar Kucing Mau Digrooming

Walaupun kucing adalah hewan yang bisa membersihkan dirinya sendiri tidak jarang bulu mereka terlihat kotor dan bau. Terlebih kucing yang hidupnya sering di luar dan bermain dengan tanah ataupun rumput pasti akan terlihat lebih kotor. Jika sudah begitu jalan satu-satunya untuk membersihkannya dengan cara menggromingnya.

  1. Sebelum mandi sikat bulunya

Langsung menyiram kucing menggunakan air saat memandikannya bukan hal yang tepat, pasti kamu akan mendapatkan cakaran atau malah kucing akan stress saat mandi. Hal yang kamu lakukan sebelum memandikannya lebih baik menyikat bulunya lebih dulu. Ini merupakan trick grooming kucing yang dilakukan para ahli.

Dengan menyikat bulunya lebih dulu, kamu akan bisa menghilangkan kotoran seperti debu dan mengurai bulunya yang kusut. Beri kapas pada telinganya supaya air tidak dapat masuk ke telinganya.

  1. Memotong kuku kucing

Untuk kucing yang takut air biasanya akan lebih agresif saat digrooming. Sering kali mereka akan mencakar bahkan bisa saja kabur ketika kamu memandikannya. Maka dari itu jika tidak ingin terluka lebih baik potong kukunya lebih dulu, supaya lebih aman saat memandikannya.

  1. Menenangkan kucing

Umumnya kucing yang takut air pasti mengerti ketika mereka ingin dimandikan. Kucing akan terlihat stress dan paranoid ketika kamu memasukkannya ke dalam kamar mandi untuk menggroomingnya. Untuk meredakan stressnya sebaiknya lebih dulu kamu tenangkan kucing dengan mengelusnya. Sebelum memandikannya biarkan kucing merasa tenang lebih dulu.

  1. Menggunakan baju pelindung

Saat mengetahui bahwa kucing milikmuĀ  takut dengan air, sebaiknya pakai baju yang aman saat memandikannya. Gunakan baju dengan lengan panjang yang tebal agar kamu tidak mendapat luka akibat cakaran nya. Atau kamu bisa menggunakan sarung tangan saat memandikannya.

  1. Pakai air hangat

Agar kucing mau digrooming dengan tenang sebaiknya gunakan air hangat. Kucing akan lebih tenang bila kamu menggromingnya menggunakan air hangat. Maka dari itu saat memandikannya sebaiknya menggunakan air hangat supaya kucing lebih tenang dan dapat kamu mainkan tanpa ada perlawanan seperti mencakar.

  1. Masukkan kucing ke air dengan pelan

Pegang tengkuk kucing lalu angkat dengan pelan dan lembut. Tahan kaki belakangnya menggunakan tangan kamu dengan pelan. Lalu turunkan kucing ke dalam bak mandi atau wastafel. Lepas tangan kamu dari kaki belakangnya. Tetap pegang tengkuknya saat memandikannya ini supaya kucing tidak terlalu berontak dan merupakan cara untuk menjinakkannya. Dengan begitu kucing tidak akan menyerang kamu atau mencakar.

  1. Bantu kucing agar lebih tenang

Kucing yang tidak ingin dimandikan biasanya akan melakukan berbagai cara untuk kabur saat dimasukkan ke kamar mandi. Sebaiknya kamu tidak perlu panik, bila panik malah akan membuat kucing menjadi lebih agresif. Yang harus kamu lakukan mengelusnya dengan lembut dan menenangkannya tetapi sambil melepas cengkraman kucing yang ingin kabur dari kamu.

Di atas merupakan beberapa trik yang bisa kamu terapkan agar kucing mau grooming meskipun takut dengan air. Jika kamu tidak ingin kerepotan ketika menggromingnya atau takut terluka saat groomig sebaiknya bawa kucing ke petshop MyPets. Disana kucing akan bisa di grooming dan dibersihkan dengan cara profesional.

 

Tagged with: