Jangan Dibiarkan, Inilah Penyebab Kucing Makan Tanah

Jangan Dibiarkan, Inilah Penyebab Kucing Makan Tanah
kucing makan tanah

Memilih makanan yang tepat memang gampang-gampang sulit untuk dilakukan. Karena akan sangat penting untuk menjaga agar kucing tetap sehat dan senang. Ada salah satu penyebab yang membuat kucing makan tanah, salah satunya adalah karena kamu mengganti cat foodnya.

Penyebab dari kucing yang memakan tanah ini memanglah cukup beragam, mulai dari stress, hingga masalah kesehatan. Namun sebaiknya, carilah cara untuk menghentikan kebiasaan tersebut sebelum pada akhirnya berkembang menjadi gangguan kesehatan yang lebih serius.

Kenali Beberapa Penyebab Kucing Makan Tanah

  • Kucing Merasa Bosan dan Stress

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang cerdas dan tetap mempertahankan pola pola hidupnya di alam liar. Mulai dari bermain, beristirahat sepanjang hari, hingga ketika sedang berburu. Ketika kucing tidak memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal yang sudah disebutkan tersebut, maka kucing pun akan merasa bosan yang nantinya malah bisa menimbulkan berbagai masalah, dan salah satunya adalah perilaku memakan tanah ini.

Selain merasa bosan, kucing yang merasa stress juga akan menunjukkan perilaku baru yang di dorong dengan beragam alasan. Hal ini bisa dimulai dengan hadirnya hewan peliharaan baru di dalam rumah, adanya proses penataan ulang furniture rumah, hingga proses penggantian cat food yang bisa memicu perubahan yang sangay dibenci oleh kucing.

  • Anemia

Dalam beberapa kasus, banyak sekali kucing yang menderita anemia parah yang menunjukkan reaksinya dengan memakan tanah. Gangguan kesehatan ini bisa dikaitkan dengan kurangnya asupan nutrisi di dalam makanan kucingnya atau bisa juga dikarenakan adanya gejala penyakit yang jauh lebih serius, seperti kurangnya sel darah merah yang berfungsi sebagai pembawa oksigen.

Jika sampai hal ini dialami oleh kucing peliharaanmu, maka tubuhnya pun akan lebih sulit untuk bisa bekerja dengan baik dan sempurna. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kesehatan kucing kamu.

  • Kekurangan Nutrisi

Aksi dari kucing dewasa yang sering memakan tanah bisa saja menjadi penanda bahwa bisa saja kucingmu tersebut sedang kekurangan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam makanannya. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu pertimbangkan terlebih dahulu untuk mengganti makanannya dengan makanan kucing yang mengandung nutrisi lebih lengkap.

Selalu Awasi Nutrisi Terkandung Dalam Makanan Kucing

Jangan lupa juga untuk membaca label pada kemasan makanan kucing secara hati-hati untuk memastikan kandungan apa saja yang ada pada makanan tersebut. Apakah ada kandungan yang membuat kucingmu alergi atau mana kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kucingmu. Pastikan juga bahwa kandungan tersebut sudah lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.

Selain itu, kamu juga bisa menghindari kebiasaan untuk memberikan terlalu banyak camilan kepada kucingmu. Hal ini dikarenakan pemberian camilan yang terlalu banyak malah akan membuat pola makannya menjadi tidak seimbang. Aturan yang perlu kamu ketahui adalah 90 persen pemberian asupan makanannya harus berasal dari cat food, dan 10 persen sisanya bisa berasal dari treat.

Jika memang kamu berniat untuk mengganti makanannya ke merek yang lain, maka perkenalkan makanan baru tersebut secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk membuat kucing merasa tidak terganggu kesehatan pencernaannya.

Jika kucing kesayanganmu mulai memakan tanah, maka segera cegah hal tersebut. Karena jika kucing makan tanah dan dibiarkan secara terus-menerus, maka bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari tersedak, keracunan pestisida, terjadi kerusakan pada gigi kucing, hingga terkontaminasi oleh parasit yang hidup di dalam tanah. Hal ini memang biasanya terjadi karena nutrisinya tidak terpenuhi oleh makanan yang kamu berikan.