Jangan Jadikan Lelucon! Alasan Mengapa Kucing Takut Timun

Jangan Jadikan Lelucon! Alasan Mengapa Kucing Takut Timun
kucing takut timun

Hai paw-lovers, kalian semua pasti mengetahui tentang video yang banyak beredar dan viral. Tentang beberapa pemilik yang menaruh timun dibelakang kucingnya, dan saat berbalik si kucing terkejut. Hal itu memberikan kesimpulan bahwa kucing takut timun.

Alasan Kucing Takut Timun dan Cara Mengatasinya

Dari video viral menakuti kucing dengan timun, para pemilik lainnya ikut melakukannya pada kucing kesayangan mereka. Lalu haruskah hal tersebut dilakukan ? tentu saja tidak, menakuti kucing dengan sengaja atau mengagetkannya akan membu si kucing menjadi stress dan panik.

Lantas, mengapa ya kucing takut timun ? dibawah ini ada beberapa alasan mengapa kucing takut dengan timun.

  • Kucing Mengira Timun adalah Ular

Kucing mungkin termasuk salah satu hewan predator, namun dia juga merasa terancam dengan predator lainnya, salah satunya adalah ular.

Mungkin kita pernah melihat kucing kita pulang kerumah membawa ular dan menganggap ular tidak berbahaya bagi kucing. Eits, belum tentu ular kecil mungkin tidak apa, lalu bagaimana jika ular itu adalah ular yang besar ? tentu si kucing bisa dimangsa.

Bentuk timun yang besar dengan warna dan ukiran pada kulit yang aneh, akan membuat si kucing berpikir itu adalah ular.

  • Timun Mengagetkan Kucing

Menurut ahli hewan Jill Goldman, timun memicu reaksi kejutan yang alami bagi si kucing. Apalagi ketika timun tersebut muncul secara tiba – tiba dibelakang mereka, kucing dengan segera akan menghindarinya dan berlari menjauh.

Baca Juga : Tiba-tiba Suara Kucing Serak, Hal Apa yang Menyebabkannya?

Hal tersebut adalah naluriah, karena kita pun sebagai manusia akan memberi respon terkejut juga ketika secara tiba – tiba ada sesuatu yang muncul dibelakang kita, padahal sebelumnya tidak ada apa – apa.

  • Merasakan Adanya Penyusup

Kucing adalah hewan territorial, terutama kepada area makan mereka. Ketika ada yang meletakkan timun dibelakang mereka, mereka akan merespon timun tersebut sebagai ancaman, karena dianggap ingin mengambil makanannya.

Dan apapila kucing dihadapkan pada situasi yang mereka anggap mengancam,  mereka akan menunjukkan beberapa bahasa tubuh seperti tersentak kaget atau hanya berdiam namun bulunya berdiri.

  1. Cata Mengatasi Kucing Takut Timun

Setelah mengetahui alasan kenapa kucing takut timun, kita juga perlu tahu cara mengatasi kucing agar tidak takut lagi dengan timun atau benda lain yang terasa asing bagi si kucing. Berikut ini adalah cara mengatasi kucing kesayangan yang takut timun.

  • Mengenalkan Timun Pada Kucing

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengenalkan timun pada kucing, tapi bukan menaruhnya dibelakang si kucing ya paw-lovers. Hadapkan timun didepan si kucing, pada awalnya kucing tentu merasa asing dan akan menjauhinya.

Namun, perlahan mereka akan mengendus timun tersebut untuk menilai apakah itu berbahaya atau tidak. Biarkan si kucing menganalisa timun itu sendiri, dan apabila mereka merasa itu bukan ancaman, mereka akan meninggalkannya.

  • Kenalkan Barang Baru Yang Masuk Rumah

Selain timun, kita sebagai Paw-lovers juga harus terbiasa mengenalkan barang baru yang masuk kedalam rumah, apapun itu, agar kucing tidak merasa terancam akan adanya barang baru yang belum pernah dia lihat.

Nah, terjawab sudah alasan mengapa kucing takut timun dan bagaimana cara mengatasinya. Melalui info ini diharapkan para paw-lovers bisa mengerti dan diharapkan untuk tidak menakuti kucing kesayangan dengan timun.

Menakuti kucing dengan timun atau benda lain yang asing, mungkin terlihat seperti lelucon atau hiburan bagi pemilik, namun itu dapat memicu stress bagi si kucing lho. Dan stress akan mengganggu kesehatan si kesayangan. Jadi, jangan lakukan hal itu ya, paw-lovers !