Kenali 4 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Kenali 4 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora
perbedaan kucing Persia dan Anggora

Perbedaan kucing Persia dan Anggora ada di hampir seluruh bagian tubuh. Jangan takut jika kamu merasa kesulitan saat membedakannya. Kedua jenis kucing ini memang mempunyai bulu yang panjang dan lebat. Tapi, persamaannya tak berhenti sampai disitu saja. Nyatanya kucing Persia dan Anggora mempunyai sejumlah perbedaan, mulai dari perilaku, kebutuhan tubuh, dan tingkat aktivitasnya. Berikut kita jabarkan 4 perbedaan kucing Persia dan Anggora.

Mengetahui perbedaan kucing Persia dan Anggora biasanya diperlukan ketika kamu berencana untuk mengadopsi kucing. Kedua kucing jenis ini memang mempunyai tampilan yang sangat menggemaskan sehingga mudah sekali membuat orang yang melihatnya langsung jatuh cinta.

Dengan mengetahui berbagai perbedaan kedua kucing ini, kamu dapat menentukan ras kucing apa yang paling pas dan memang ingin kamu jadikan sebagai hewan peliharaan.

Melihat 4 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora Apa Saja

Kucing Persia dan Anggora merupakan 2 jenis kucing yang berbeda. Oleh sebab itu, karakteristik dan kebutuhannya juga akan berbeda. Berikut adalah sejumlah perbedaan kedua kucing tersebut yang perlu kamu ketahui:

  • Perawatan dan Bulu

Kucing Persia dikenal mempunyai bulu yang panjang dan lebat dan tersusun dengan 2 lapisan, yakni lapisan atas dan lapisan yang bawah. Agar mencegah bulu kusut serta terbentuknya bola rambut, kamu disarankan untuk rutin menyisir bulunya setiap hari. Juga pastikan untuk selalu memandikan kucing ini dengan rutin agar bisa menjaga kebersihannya.

Biasanya, bulu Anggora tak sepanjang yang dimiliki oleh Persia. Akan tetapi, bulu kucing jenis ini biasanya jarang kusut dan lebih halus. Supaya bulu kucing Anggora bisa rapi, disarankan kamu menyisir bulu setidaknya satu kali atau dua kali seminggu.

  • Karakter Fisik

Salah satu perbedaan yang mencolok dari kedua kucing ini ialah di bentuk wajah. Kucing Persia dikenal memiliki bentuk wajah lebih rata, pendek, dan mempunyai hidung pendek.

Sedangkan kucing Anggora mempunyai hidung yang cenderung lebih mancung dan dengan bentuk kepala khas. Persia mempunyai mata yang bundar dan besar, kemudian letaknya cukup berjauhan. Sedangkan letak telinganya rendah serta dekat dengan kepalanya.

Di kucing Anggora, mereka mempunyai bentuk mata mirip almond dan lebih miring keatas. Kemudian, posisi telinga dari kucing ini berdekatan serta tak jarang Anggora mempunyai warna mata yang berbeda.

Letak beda kucing Persia dan Anggora juga berada di ukuran tubuh. Kucing Anggora cenderung lebih ramping dengan memiliki bulu ekor cukup panjang. Sementara itu kucing Persia mempunyai bentuk badan yang lebih berotot ditambah dengan kaki pendek serta ekor pendek dan tebal.

  • Perangai

Perbedaan berikutnya terdapat di perangainya. Kucing Abggora dikenal menjadi kucing yang ramah serta penuh dengan kasih sayang. Jenis kucing ini dikenal cerdas, aktif, mandiri, serta mempunyai naluri berburu.

Kucing Anggora lebih suka dengan tempat tinggi, sehingga mungkin dia sering memanjat. Sedangkan kucing Persia lebih lembut, manis, lalu menyukai ketenangan. Ras kucing ini suka mendapat perlakukan yang lemah lembut dari pemiliknya.

  • Resiko Gangguan Kesehatan

Mayoritas kucing ras mempunyai kondisi kesehatan sangat bagus. Tapi, rentan dengan gangguan gen tertentu. Baik Persia atau Anggora disebut bisa mengalamai masalah jantung.

Kemudian, penyakit mata juga sering muncul, khususnya kepada kucing Persia. Pasalnya, mata yang menonjol dan besar membuat dia rentan dengan iritasi dan infeksi mata.

Itu saja 4 perbedaan kucing Persia dan Anggora yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, cukup mudah bukan membedakannya? Semoga ulasan diatas bemanfaat dan terima kasih.