Kenali Bahaya Gigitan Anjing dan Cara Pertolongan Pertama

Kenali Bahaya Gigitan Anjing dan Cara Pertolongan Pertama
bahaya gigitan anjing

Gigitan anjing memang seringkali menyebabkan luka. Lantas, apakah bahaya gigitan anjing tersebut? Tentu saja, gigitan anjing tidak boleh diselepekan meskipun hanya berupa luka kecil saja. Pasalnya, anjing bisa saja membawa virus hingga bakteri yang cukup berbahaya, seperti rabies. Virus rabies tersebut bisa menular ke manusia melalui air liurnya saat melakukan gigitan.

Kenali Beberapa Kondisi Akibat Bahaya Gigitan Anjing

Selain bisa menyebabkan penularan virus rabies, gigitan anjing ternyata juga bisa menyebabkan beberapa kondisi lainnya yang cukup berbahaya. Jadi, jawaban dari pertanyaan amankah gigitan anjing adalah bisa aman dan bisa tidak. Jika anjing yang menggigit belum divaksin dan membawa banyak virus dan bakteri, maka bisa dipastikan tidak aman. Nah, berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa terjadi akibat luka gigitan anjing.

  1. Infeksi Bakteri

Perlu diketahui bahwa mulut anjing sangatlah kotor dan mengandung beragam kuman yang bisa menyebabkan infeksi serius pada area kulit yang terluka. Risiko mengalami infeksi akibat gigitan anjing bisa semakin tinggi pada penderita diabetes dan orang yang memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh.

  1. Patah Tulang

Gigitan anjing yang besar juga bisa menyebabkan penderita mengalami patah tulang. Biasanya, patah tulang akibat gigitan anjing paling sering terjadi di area kaki, lengan, tangan, dan tungkai. Patah tulang bisa terjadi jika gigitan anjing tersebut sangat kuat.

  1. Kerusakan Otot dan Saraf

Kondisi selanjutnya yang bisa terjadi akibat gigitan anjing adalah mengalami kerusakan otot dan saraf. Ya, gigitan anjing memang bisa menyebabkan kerusakan pada otot, saraf, hingga pembuluh darah yang berada di bawah kulit. Risiko ini dapat terjadi pada semua kondisi luka akibat digigit anjing. Termasuk pada luka yang tampak kecil sekalipun.

Pertolongan Pertama Pada Luka Akibat Gigitan Anjing

Saat digigit anjing, usahakan untuk tidak panik. Hal pertama yang harus dilakukan setelah digigit oleh anjing adalah segera menjaga jarak dari anjing tersebut. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko digigit anjing lagi. Jika situasi sudah mulai aman, maka segera periksa amankah gigitan anjing tersebut. Lakukan pertolongan pertama pada luka akibat gigitan anjing dengan cara sebagai berikut.

  1. Cuci bekas gigitan anjing hingga bersih

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan atau mencuci bekas gigitan anjing tersebut hingga benar-benar bersih. Lakukan cara ini menggunakan air hangat dan sabun. Agar semakin maksimal, oleskan pula larutan antiseptik pada area kulit yang mengalami luka untuk mencegah terjadinya infeksi.

  1. Tekan area yang terluka

Apabila bekas gigitan anjing meninggalkan luka, segera cuci area yang terluka tersebut menggunakan air hangat. Saat mencuci area yang luka, sebaiknya tekan secara perlahan luka tersebut. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan sekaligus membersihkan kuman pada luka tersebut.

  1. Balut luka menggunakan kain

Jika sudah dicuci bersih, segera balut kulit yang terluka menggunakan kain bersih dengan lembut. Hal ini perlu dilakukan terutama pada luka gigitan yang berdarah. Dengan membalut luka, maka perdarahan bisa berhenti. Selain menggunakan kain, Anda juga dapat menutup luka menggunakan perban steril agar lebih terjaga kebersihannya.

  1. Konsumsi obat pereda nyeri

Jika luka bekas gigitan anjing menyebabkan rasa sakit atau nyeri, maka disarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri. Misalnya adalah ibuprofen atau paracetamol. Dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, maka rasa sakit pada luka gigitan anjing tersebut bisa berkurang.

  1. Segera periksakan diri ke dokter

Jika luka gigitan anjing tetap terasa sakit dan muncul tanda-tanda infeksi, maka sangat direkomendasikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan memeriksa amankah gigitan anjing tersebut. Nah, beberapa tanda terjadinya infeksi antara lain luka menjadi memerah, bernanah, dan terasa hangat. Dokter akan memberikan obat antibiotik yang paling sesuai.

Itulah bahaya dan beberapa cara pertolongan pertama jika digigit anjing. Bahaya gigitan anjing memang bisa menyebabkan berbagai kondisi yang menurunkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera melakukan pertolongan pertama jika hal ini terjadi pada Anda maupun kerabat dekat Anda. Dengan begitu, maka infeksi pada luka gigitan anjing bisa dicegah atau diminimalisir.