Kenali Calico dan 3 Penyakit Genetik pada Kucing Sejak Awal

Kenali Calico dan 3 Penyakit Genetik pada Kucing Sejak Awal
Kenali Calico dan 3 Penyakit Genetik pada Kucing Sejak Awal

Kenali Calico dan 3 Penyakit Genetik pada Kucing Sejak Awal-Tidak sedikit orang yang memelihara hewan yang satu ini karena dinilai lucu dan pastinya juga menggemaskan. Tetapi sebelumnya kamu juga harus tahu bahwa ada berbagai macam penyakit genetik pada kucing, berikut ulasan lebih jelasnya lagi.

Kenali Sejak Awal, Ini Berbagai Macam Penyakit Genetik pada Kucing

Tidak hanya manusia saja yang mempunyai kelainan genetik, melainkan hewan seperti halnya kucing juga bisa mengalaminya. Nah, untuk lebih jelasnya lagi maka simak ulasan artikel yang ada di bawah ini mengenai gangguan turunan tersebut.

  1. Polidaktili – Penyakit Genetik pada Kucing

Belum banyak orang yang tahu jika ternyata polidaktili alias anomali genetik ini kerap ditemui pada beberapa kucing. Keanehan yang terjadi tidak lain yaitu ditandai dengan kondisi kelebihan satu jari pada kucing.

Biasanya, kucing yang normal mempunyai total atau jumlah jari sebanyak 18 buah. Tetapi, ada juga beberapa jenis kucing yang mengalami tambahan satu jari di luar kenormalannya. Jenis kucing yang kerap mengalami penyakit genetik polidaktili tersebut tidak lain adalah ras maine coon.

  1. Kucing Tidak Mempunyai Ekor / Buntut

Pernahkah kamu melihat kucing yang tidak mempunyai buntut atau ekor di bagian belakangnya? Jika iya, maka bisa jadi jika kucing tersebut mengalami kelainan atau bahkan kecelakaan.

Biasanya jenis kucing yang tidak mempunyai buntut sejak dari lahir adalah Manx. Dimana kucing ras Manx tersebut mempunyai perawakan yang gemuk dan juga pendek. Tetapi meskipun begitu, ternyata kucing ras Manx yang dilahirkan dalam kondisi sehat juga bisa mempunyai efek negatif pada anggota tubuh lainnya.

Keanehan tersebut bisa berdampak pada kaki belakang kucing ras Manx dan juga adanya berbagai macam masalah kontrol terkait buang air nantinya. Untuk itu, jika kamu mempunyai kucing dengan masalah seperti tadi segera periksakan ke dokter hewan ya!

  1. Keanehan Kucing – Memiliki Telinga Lebih Dari Dua

Mungkin penyakit pada kucing yang ketiga ini sedikit mengganjal karena jarang ditemui oleh banyak orang. Tetapi jangan salah, ternyata kelainan genetik seperti ini memang benar-benar ada lho!

Dimana sepasang daun telinga pada kucing tersebut memiliki tambahan satu buah lagi. Jenis kucing yang kerap mengalami kelainan genetik ini tidak lain yaitu Scottish Fold. Meskipun begitu, ternyata gangguan genetik yang satu ini tidak membahayakan kucing kamu kok!

Tetapi meskipun begitu, bukan tidak mungkin jika nantinya keturunan yang akan dihasilkan juga bisa mengalami hal yang sama. Parahnya lagi, ternyata juga bisa berdampak pada kelainan skoliosis, yaitu masalah pada bagian tulang punggung yang bahkan akan berakibat pada persendian juga.

  1. Penyakit Calico Jantan pada Kucing

Terakhir, penyakit yang sering ditemui pada kucing yaitu calico. Pada dasarnya, kucing calico alias kembang telon ini mempunyai corak bulu yang berbeda-beda, sebanyak 3 buah.

Biasanya warna corak yang dihasilkan tersebut adalah hitam, putih, dan juga oranye. Umumnya kucing calico juga kerap ditemui pada jenis betina dan jarang pada pejantan. Jika ada, biasanya kucing jantan tersebut sering dikaitkan memiliki kelainan genetik.

Apabila kucing jantan mengalami hal tersebut maka biasanya akan mengalami proses pertumbuhan yang cukup lambat. Bahkan, kematangan organ di dalam tubuhnya tidak begitu sempurna dan mengalami infertilitas.

Jadi, setelah mengetahui ulasan artikel mengenai berbagai macam penyakit genetik pada kucing di atas tadi apakah kamu sudah paham? Jika sudah, maka jangan sepelekan hal tersebut supaya jika kucingmu terjadi kenapa-kenapa kamu bisa tahu memahaminya sejak awal pastinya.