Kenali Jenis-Jenis Vitamin Anjing Yang Bermanfaat

Kenali Jenis-Jenis Vitamin Anjing Yang Bermanfaat
vitamin anjing

Memberikan asupan makanan anjing yang berkualitas tinggi tentu menjadi hal yang mutlak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Dengan memberkan makanan yang dilengkapi berbagai nutrisi penting seperti vitamin anjing, kesehatan peliharaan kesayangan kamu akan lebih terjaga.

Selain itu, nutrisi penting lainnya yang dibituhkan adalah protein, mineral, lemak, serta karbohidrat. Semua nutrisi ini wajib ada dalam makanan anjing untuk mendukung kinerja tubuhnya agar berfungsi dengan baik.

5 Jenis Vitamin Anjing Yang Baik Untuk Tumbuh Kembangnya

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan vitamin, hewan peliharaan pun juga memerlukan vitamin agar bisa tumbuh dengan sehat.  Asupan gizi ini sendiri merupakan senyawa organic yang dibutuhkan untuk menopang kehidupan. Berikut beberapa jenis vitamin untuk anjing serta manfaatnya yang penting.

  • Vitamin A

Beta carotene atau yang lebih dikenal dengan vitamin A merupakan vitamin yang dikenal bermanfaat untuk indra penglihatan. Vitamin A membantu indra penglihatan pada anjing kamu agar berfungsi secara optimal. Selain itu Vitamin A juga berfungsi untuk mendukung proses pembentukan sel. pertumbuhan kekebalan hingga perkembangan janin.

  • Vitamin B

Selanjutnya Vitamin B juga memiliki peran besar dalam mendukung kesehatan anjing kesayangan. Beberapa rumpun vitamin B yang bermanfaat tersebut seperti vitamin B5 atau Asam Pantotenat yang membantu proses metabolisme energi. Selain itu Tiamin (Vitamin B1) berfungsi untuk mengatur energi dan mengaktifkan saluran ion pada jaringan saraf.

  • Vitamin C

Vitamin C untuk anjing berfungsi sebagai antioksidan karena menyaring potensi terjadinya masalah kesehatan akibat radikal bebas. Meskipun ajing dapat mensintesis vitamin C secara mandiri melalui kelejar liver. Tetapi kebutuhan suplemen tambahan sangat direkomendasikan seiring dengan pertambahan usianya. Oleh karena itu anjing yang sudah berusia lanjut sangat drekomendasikan untuk diberi vitamin C demi kesehatannya.

  • Vitamin D

Pada umumnya vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang tidak dihasilkan melalui makanan. Tetapi melalui sinar matahari di pagi hari. Fungsinya adalah untuk menyeimbangkan kadar mineral dalam tubuh anjing, Seperti kalsium dan fosfor. Kedua nutrisi ini memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan gigi dan tulang anjing yang sehat.

  • Vitamin E

Untuk menjaga sistem pertahanan agar terhindar dari kerusakan oksidatif, anjing membutuhkan vitamin E. Selain bermanfaat untuk metabolisme lemak karena larut dalam lemak, vitamin ini juga membantu kinerja fungsi sel. Jika anjing kesayangan kamu kekurangan vitamin E, bisa saja berpotensi terkena degenerasioto dan mata. Bahkan juga bisa mempengaruhi sistem reproduksi pada anjing.

  • Vitamin K

Vitamin K adalah jenis vitamin selanjutnys yang juga larut dalam lemak, dan banyak ditemukan pada sayuran yang berwarna hijau. vitamin K memiliki fungsi sebagai salah satu zat pembeku pada darah. Selain itu vitamin K juga akanmengaktifkan kemampuan darah anjing agar menggumpal.

Kolin Menjadi Nutrisi Penting Juga Untuk Anjing

Nutrisi ini yang diperlukan pada kesehatan anjing yang terakhir adalah kolin. Kolin sendiri merupakan salah satu bagian penting dari membrane sel fosfolipid pada tubuh anjing. Nutrisi ini akan mendukung fungsi otak dan hati menjadi lebih sehat. Selanjutnya asupan kolin juga digunakan untuk merawat anjing agar terhindar dari penyakit epilepsi.

Asupan gizi yang berasal dari makanan anjing memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuhnya. Namun kesehatan anjing juga tidak hanya terletak pada organ dalam tubuh saja, melainkan juga pada bagian luar tubuh seperti kesehatan bulu. Sehingga kamu juga perlu memberikan vitamin pada anjing lainnya guna memperindah penampilannya.