Kucing Beranjak Dewasa? Kenali Tanda Kucing Menstruasi

Kucing Beranjak Dewasa? Kenali Tanda Kucing Menstruasi
Tanda Kucing Menstruasi

Pendarahan yang terjadi pada kucing memasuki fase dewasa bukanlah suatu hal yang aneh. Biasanya fase ini disebut juga dengan masa birahi kucing atau estrus. Kucing merupakan jenis hewan mamalia sehingga wajar saja jika mengalami proses menstruasi layaknya manusia. Untuk mempersiapkan diri kamu wajib tahu tanda kucing menstruasi sesuai fasenya.

Mengenal Tanda Kucing Menstruasi

  1. Periode terjadinya

Menstruasi pada kucing terjadi ketika kucing sudah menginjak umur sekitar 5 bulanan. Bisa juga terjadi pada kucing yang memasuki berat sekitar 2,5 kg. Kedua hal ini mendukung kesiapan tubuh kucing untuk menjadi seorang ibu bagi anak-anaknya nanti. Ditandai dengan perubahan pada tubuh dan sikap kucing dalam kesehariannya. Fase pertama atau proestrus ini terjadi sekitar satu sampai dua harian.

  1. Periode estrus

Setelah melewati fase pertamanya, kucing akan lanjut menuju fase kedua yakni periode estrus. Dalam fase ini tanda yang terjadi pada kucing berupa perubahan pola tingkah laku yang tidak biasa. Namun kamu tidak perlu khawatir karena perubahannya masih dalam tahap yang normal.

Biasanya mereka suka menempelkan atau menggesekkan tubuhnya pada benda yang membuatnya nyaman. Kucing juga mengalami perubahan pada bentuk organ genital miliknya. Selain itu suara meongannya juga terdengar lebih sering dari biasanya. Fase ini biasanya terjadi sekitar tiga sampai delapan harian.

  1. Menstruasi pada kucing

Sama halnya dengan manusia, kucing memiliki tanda-tanda khusus yang membawa mereka dalam fase menstruasinya. Tepatnya pada tahap estrus inilah kucing akan mengeluarkan darah pada kemaluannya. Pendarahannya juga tidak sederas yang dialami oleh manusia.

Bahkan banyak ahli yang mengatakan bahwa prosesnya terjadi secara internal. Sehingga bisa jadi darah menstruasi tersebut tidak sampai keluar layaknya pada manusia. Kamu hanya akan melihat bintik-bintik yang kecil dan jarang pada bekas selimut maupun tempat tidurnya.

Banyak orang yang risau dan ketakutan ketika kucingnya mengalami fase ini. Mereka membayangkan kondisi kucing yang kesakitan dan darah yang cukup banyak keluar. Padahal kucing pada fase menstruasi ini tetap terlihat seperti kucing pada umumnya, jadi tidak perlu dikhawatirkan.

Siklus Menstruasi Terjadi Pada Anabul

Berbeda dengan manusia, kucing memiliki siklus haid paling lama sekitar 38 harian, layaknya mamalia pada umumnya. Kucing juga termasuk dalam kategori hewan polyestrus yang artinya gejala birahi yang ditunjukkan terjadi cukup banyak dalam setahun. Dalam masa birahi ini jika tidak dikawinkan mereka akan terus mengalaminya sampai bisa hamil atau sudah mandul.

  1. Pada saat awal mengalami menstruasi bukan hanya pemiliknya saja yang kaget namun kucing juga. Mereka akan kebingungan dengan darah yang ada pada kemaluannya. Jadi kamu harus sigap untuk memberikan pelayanan yang lebih nyaman untuk kucing. Seperti menebalkan selimut dan juga kehangatan pada tempat tidurnya.
  2. Sikap yang biasa ditunjukkan untuk fase menstruasi pertama kali adalah kucing akan berguling-guling di tempat tidurnya. Mereka juga terlihat seperti sakit namun masih kuat aktif seperti biasanya. Sikap lain yang ditunjukkan berupa rasa kepanasan dan ingin minum lebih banyak dari sebelumnya.

Menghadapi kucing dalam fase menstruasi adalah hal biasa. Kamu tidak perlu panik dan ketakutan dengan segala bentuk perubahan yang terjadi pada kucing. Lakukan yang terbaik untuk memberikan kenyamanan dan perlindungan untuknya. Dengan begitu kucing akan tetap merasa nyaman di rumahmu.