Kenali Tentang Beberapa Jenis Penyakit Mata Anjing Pug

Kenali Tentang Beberapa Jenis Penyakit Mata Anjing Pug
penyakit mata anjing pug

Anjing Pug dikenal mempunyai mata yang sangat cantik dan memiliki ukuran cukup besar daripada anjing lainnya. Karena posisi matanya yang terlihat lebih menonjol ke depan, membuat mata ras anjing ini rentan sekali terserang beberapa masalah kesehatan. Meskipun beberapa masalah yang menyerang ras ini umumnya muncul kepada anjing kecil ataupun anjing umumnya. Dibawah ini adalah beberapa macam penyakit mata anjing pug yang bisa kalian ketahui.

Memelihara anjing pug gampang-gampang susah. Banyak orang akan lebih fokus untuk menjaga bulunya saja, namun di bagian tubuh lain juga tak boleh sampai lepas dari perhatian. Contohnya mata yang cukup sering terserang penyakit.

Inilah Beberapa Jenis Penyakit Mata Anjing Pug

Kemudian, apa saja penyakit yang rentan menyerang mata anjing pug? Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Peradangan

Tanda-tanda mata yang terkena peradangan adalah menyipitkan mata atau berkedip secara berlebih, cairan yang keluar dari matanya, terlalu peka dengan cahaya terang, mata merah, iris mata berwarnan kusam, serta kelopak mata di bagian bawah atau atas yang mengalami pembengkakan.

Mayoritas kasus peradangan mata tersebut diakibatkan kotoran dan partikel debu yang masuk kedalam mata. Membila mata menggunakan obat khusus biasanya bisa membantu. Kalau tak segera membaik, kalian dapat langsung menanyakannya kepada dokter hewan supaya dilakukan pemeriksaan sesegera mungkin.

  • Mata Berair dan Berwarna Merah

Salah satu faktor utama iritasi pada mata ialah alergi. Kondisi semacam ini dapat menjadi problem kesehatan disepanjang tahun, atau bisa juga hanya muncul pada musim-musim tertentu. Jadi, kalau kalian curiga jika mata anjing pug peliharaanmu terserang iritasi pada matanya, kalian dapat mempertimbangkan alergi yang menjadi alasannya.

  • Kelainan Bulu Mata [Ectopic Cilia dan Distichiasis]

Kedua penyakit ini terjadi lantaran pertumbuhan bulu mata tidak normal. Distiachiasis merupakan gangguan mata yang rentan menyerang anjing pug. Hal ini ditandai dengan munculnya satu atau lebih banyak bulu mata yang tumbuh kearah yang salah. Sedangkan Ectopic Cilia justru jarang terlihat menyerang anjing pug, jika anjingmu terserang penyakit ini maka hal itu dapat ditandai dengan satu ataupun lebih bulu mata akan tumbuh lewat bagian dalam dari kelopak mata kearah mata.

Nah, kedua masalah ini bisa mengakibatkan bulu mata akan menusuk kedalam bola mata sehingga itu bisa menyebabkan serta bisa memicu munculnya ulkus kornea. Beberapa gejalanya adalah termasuk kedutan yang tidak normal di kelopak mata, sakit mata, perubahan di pigmentasi iris, dan manta menjadi merah.

Meskipun bulu mata tersebut bisa dicabut, namun kondisi semacam ini seringkali bersifat sementara sebab bulu mata yang terserang bakal tumbuh kembali 4 sampai 5 minggu. Hasilnya, dokter hewan bakal melakukan beberapa prosedur kecil guna menghilangan folikel dan bulu mata sehingga tak akan tumbuh lagi.

  • Keratoconjunctivitis Sicca

Mata kering atau bisa disebut dengan keratoconjunctivitis Sicca, dapat menjadi hal yang begitu menyakitkan. Masalah mata ini muncul saat ada abrasi di lapisan bening yang melindung mata dengan alami. Anjing pug rentan sekali terserang masalah ini, meskipun asupan nutrisi buruk serta dehidrasi juga bisa berperan, tapi mata kering rentan menyerang anjing senior.

Tanda-tandanya termasuk mata merah, berkedib secara berlebih, keluar nanah atau cairan kering yang kental, gangguan penglihatan, dan radang kelopak mata. Jika tak segera diobati, maka akan ada jaringan parut yang bisa mengakibatkan hilangnya fungsi mata secara penuh.

Demikian penjelasan tentang beberapa jenis penyakit mata anjing pug. Sebelum penyakit itu berkembang lebih buruk, sebaiknya kalian segera membawanya ke dokter hewan. Semoga bermanfaat!