Kenapa Anjing Makan Rumput? Ini 4 Mitos Tentang Anjing

Kenapa Anjing Makan Rumput? Ini 4 Mitos Tentang Anjing
Mitos Tentang Anjing

Seiring berjalannya waktu, muncul berbagai teori tentang anjing, yang seringkali diterima sebagai fakta, tanpa diteliti lebih lanjut. Jadi apa yang benar dan apa yang hanya mitos anjing biasa? Ahli Perilaku Anjing Nick Jones di Inggris dan ahli bedah hewan Brian Faulkner, membeberkan mitos tentang anjing. Berikut adalah penjelasannya.

4 Mitos Tentang Anjing Perlu Kalian Ketahui

  1. Hidung yang basah berarti anjing yang sehat

Kita semua tahu bahwa hidung yang basah adalah pertanda baik bahwa anjing Anda sehat. Anjing sering menjilat hidungnya sendiri, atau menghasilkan lendir untuk melapisi hidungnya. Hal ini dikatakan baik karena juga membantu indera penciuman mereka.

Lendir di hidung anjing membantu menyerap bahan kimia penciuman, jadi jika anjing mencoba mengingat aroma tertentu, lendir di hidung membantu anjing melacak dengan lebih baik. Selain itu, karena banyak hidung anjing yang sangat dekat dengan mulutnya, mereka dapat dengan mudah kotor. Terutama saat makan, sehingga anjing akan sering menjilat hidungnya untuk membersihkannya.

Kendati demikian, ada kesalahpahaman apabila hidung seekor anjing kering, itu berarti ada sesuatu yang salah. Pada kenyataannya, beberapa anjing tidak menghasilkan lendir sebanyak atau menjilat hidung mereka. Mereka mungkin terlahir dengan hidung yang lebih kering.

Satu-satunya saat kamu harus khawatir tentang hidung anjing adalah jika kamu melihat cairan berwarna berbeda. Jika warnanya hijau, merah, atau tidak berwarna, kamu harus berkonsultasi dengan dokter hewan untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

  1. Tidak mungkin mengajari hal baru pada anjing tua

Kita semua pernah mendengar ungkapan ‘Anda tidak bisa mengajari seekor anjing tua trik baru’, tetapi apakah pepatah lama ini benar adanya? Salah!

Peribahasa ini telah ada dalam beberapa bentuk atau lainnya sejak tahun 1500-an, sebenarnya hampir tidak sesuai sama sekali dengan kenyataan. Sebenarnya, mungkin lebih sulit untuk mengajari anjing yang lebih tua beberapa trik baru, sama seperti ketika kita bertambah tua, kita mengalami kesulitan mempelajari hal-hal baru karena perilaku kita melekat dan pikiran kita menjadi kurang lunak.

Namun, mengajar anjing tua tidak berbeda dengan mengajar anak anjing yang lebih muda. Dengan memulai dengan sesi pelatihan singkat dan meningkatkan durasinya secara perlahan dan bijaksana, sangat mungkin untuk mengajari anjing trik baru, berapa pun usianya.

  1. Anjing dilarang makan rumput

‘Anjing hanya makan rumput karena mereka merasa sakit’ adalah pengetahuan lain yang kita anggap remeh sebagai kebenaran mutlak. Tetapi sekali lagi, itu tidak sesederhana itu.

Sementara beberapa anjing akan sakit karena makan rumput, tampaknya tidak ada alasan khusus mengapa mereka memilih untuk makan rumput. Faktanya, hanya sekitar 25% anjing yang memakan rumput akan menyebabkan muntah.

Jadi, mengapa anjing makan rumput? Meskipun tampaknya tidak ada hubungan khusus antara makan rumput dan kesehatan anjing, bisa jadi karena anjing mengira mereka sakit, mungkin mereka membutuhkan nutrisi yang hanya bisa mereka dapatkan dari rumput. Kemungkinan lain adalah anjing hanya ingin menikmatinya tanpa alasan khusus.

  1. Anjing buta warna

Ini benar, tetapi hanya sampai batas tertentu. Anjing tidak melihat seluruh rentang warna yang kita lihat. Mereka sebenarnya diyakini buta warna merah-hijau. Ini berarti anjing kamu mungkin kesulitan membedakan antara mainan merah dan mainan hijau, tetapi hanya sebatas itu. Banyak informasi yang beradar menyebut kalau anjing hanya melihat warna hitam dan putih, informasi ini sepenuhnya mitos belaka.

Sekarang, kamu tidak perlu khawatir ketika anjing peliharaan terlihat mengalami hal-hal seperti di atas. Jangan lupa, konsultasikan segala hal yang mencurigakan akan mengganggu anjing kepada dokter hewan.