Inilah Beberapa Fakta Unik Kenapa Ekor Kucing Bundel

Inilah Beberapa Fakta Unik Kenapa Ekor Kucing Bundel
ekor kucing bundel

Kucing ekor bundel merupakan salah satu ras kucing asal Jepang yang memiliki keunikan pada bagian ekornya. Kucing jenis ini identik dengan ekornya yang pendek dan cenderung bundel. Lantas kenapa ekor kucing bundel ini bisa terjadi?

Kucing yang memiliki ekor pendek atau bundel cenderung kesulitan dalam menjaga keseimbangan apalagi saat berjalan di atas permukaan kecil. Kucing dengan kondisi ekor bundel memang sedikit berbeda dengan kucing lainnya.

Inilah Fakta-Fakta Unik Tentang Kenapa Ekor Kucing Bundel

Kucing ekor bundel ini dipercaya menjadi bentuk nyata dari Manekineko atau biasa disebut patung kucing pembawa keberuntungan yang sering dijumpai di toko-toko. Ada beberapa fakta mengenai kucing bundel ini, yuk, langsung simak saja.

  1. Berasal dari Jepang sejak abad ke 6

Kucing ekor bundel berasal dari Jepang dan sudah ada sejak abad ke 6. Kucing ini digunakan untuk membasmi tikus-tikus yang ada di kuil dan gudang ulat sutra. Ada yang menyebutkan jika kucing ini dibwa oleh para biksu Budha yang ada di Jepang.

  1. Beda dengan kucing lainnya

Menurut penelitian, kucing ekor pendek atau Japanesse Bobtail ini memiliki genetika yang berbeda dengan kebanyakan kucing pada umumnya. Bisa saja kucing ini telah kehilangan genetika aslinya atau berasal dari tepat lainnya.

  1. Ekor bundel karena mutasi genetik secara alami

Kenapa ekor kucing bundel ini terjadi pada ras kucing Japannese Bobtail? Hal ini bisa disebabkann karena mutasi genetik alami yang terjadi pada jenis kucing ini. Mutasi genetik alami juga terjadi pada jenis kucing Manx.

Namun sedikit bada perbedaan pada bagian tubuhnya yang tinggi dan bulat namu sama-sama memiliki ekor bundel atau pendek bahkan ekornya bisa tak telihat. Mutasi pada genetika kucing ini tidak memengaruhi kesehatan kucing maupun masalah tulang belakangnya.

  1. Jenis ekor kucing bundel yang berbeda-beda

Hampir sama dengan manusia yang memiliki mata yang berbeda-beda, kucing ini juga memiliki jenis ekor yang berbeda pula. Panjang tulang ekor pada kucing ini bisa mencapai 3 inci atau sekitar 7 cm.

Perbedaan ekor pada setiap kucing ekor bundel ini memengaruhi bentuknya juga. Ada yang bengkok, melengkung atau bisa kombinasi keduanya. Hal ini dapat disesuaika dengan ukuran kucingnya.

Untungnya Memiliki Kekebalan yang Kuat

Kucing yang memiliki ekor bundel cenderung mempunyai kekebalan yang kuat dan tidak mudah terkena penyakit. Jika dibandingkan dengan kucing jenis lainnya, kucing dengan ekor bundel lebih aktif dan lebih mudah belajar berjalan.

Kekebalannya terhadap penyakit yang cukup kuat membuat kucing ekor bundel ini memiliki tingkat kematian anak yang cukup rendah. Mereka juga akan menghasilkan anak yang cenderung kuat dan sehat.

  • Lebih aktif berinteraksi

Kucing jenis ini dipercaya memiliki energi yang cukup banyak untu bermain-main. Kenapa ekor kucing bundel cenderung memengaruhi tingkat keaktifanya jika dibandingkan dengan kucing lainnya.

Kucing jenis ini juga bisa dibilang kucing yang cerdas. Bahkan kucing ekor bundel ini bisa mengenali nama mereka dan memiliki respon yang aktf. Mereka sangat menyukai interaksi dengan pemiliknya dan juga orang lain.

Kucing ekor bundel memang sedikit berbeda dengan jenis kucing lainnya. Namun jenis kucing ini memiliki banyak keunikan dan keunggulan yang menarik. Meskipun ekornya hanya terlihat seperti gagang pintu namun siapa sangka jika kucing ini sangat menggemasan juga loh.