Kesalahan Memberi Makanan Kucing yang Sering Dilakukan

Kesalahan Memberi Makanan Kucing yang Sering Dilakukan

Ternyata pemilik kucing sering kali melakukan kesalahan dalam urusan makanan kucing. Kesalahan pemberian makan ini dapat mempengaruhi kesehatan hewan berbulu tersebut. Misalnya saja banyak yang memberikan kucingnya terlalu banyak karbohidrat sehingga mengakibatkan hewan tersebut diabetes.

Tentunya itu sangat disayangkan, apalagi kucing merupakan hewan yang tidak bisa bicara dan akan memakan apa saja yang diberikan kepadanya. Pada artikel ini saya akan mengulas tentang beberapa kesalahan memberi makanan kucing yang sering dilakukan. Dengan mengetahui kesalahan dalam pemberian makanan ini, diharapkan kita tidak termasuk salah satu orang yang melakukannya.

1. Memberinya terlalu banyak makanan

Kesalahan yang paling sering terjadi oleh pemilik kucing adalah memberikan makanan dalam jumlah terlalu banyak. Hal itu berkaitan erat dengan pendapat bahwa kucing yang gemuk dianggap lebih lucu yang menggemaskan. Dengan anggapan tersebut, memiliki kucing yang obesitas dianggap sebagai sebuah kebanggaan.

Padahal obesitas merupakan salah satu sumber berbagai masalah kesehatan. Berawal dari obesitas, kucing anda bisa terkena berbagai penyakit lainnya seperti diabetes, serangan jantung dan lain sebagainya. Menurut WebMD, sebaiknya anda memberikan makanan kepada kucing anda sebanyak 24 hingga 35 kalori per hari. Pemberian jumlah kalori tersebut dianggap pas untuk hewan yang mager dan kerjanya suka tiduran ini.

2. Tidak menyediakan air yang cukup

Seperti kebanyakan hewan mamalia lainnya, mayoritas tubuh kucing terdiri atas air. Oleh karena itu, sistem organ tubuh Kucing membutuhkan air dalam jumlah cukup agar bisa bekerja dengan baik. Sayangnya, kucing cenderung hewan yang jarang menyukai untuk minum. Sebaiknya sebagai orang yang memelihara hewan berbulu ini, kita harus menstimulasi kucing agar mau minum.

Salah satu cara agar membuat kucing mau minum dalam jumlah cukup adalah dengan menyediakan air di dalam kandang atau di sekitar tempat makan mereka. Dengan tersedianya air di sebelah tempat makannya, si kucing biasanya akan minum lebih banyak karena otomatis ia akan minum setelah makan.

Selain menaruh tempat minum di sebelah tempat makan, ada beberapa hal lain yang bisa anda lakukan untuk menstimulasi si kucing agar mau minum.

  • Sediakan air yang mengalir sehingga mirip seperti di habitat alaminya.
  • Apabila terpaksa menggunakan mangkuk, gunakan wadah yang tidak terlalu tinggi sehingga kumis si kucing tidak basah.
  • Jaga kebersihan air dengan menggantinya setiap hari.
  • Jauhkan tempat minum dengan litter box agar tidak tercemar.

Berikan wet food agar si kucing mendapatkan pasokan air dari makanannya

3. Hanya memberinya dry food

Kucing yang hanya diberikan dry food ternyata seringkali mengalami beberapa masalah kesehatan. Permasalahan kesehatan tersebut diantaranya dehidrasi, infeksi saluran kencing, dan lain sebagainya. Didalam wet food terdapat sekitar 70 hingga 80 persen air di dalamnya, sehingga kucing bisa mendapatkan asupan air di dalamnya.

Wet food juga memiliki jumlah kalori per gram lebih rendah dibandingkan dry food, sehingga dapat mencegah obesitas. Hal itu disebabkan si kucing, akan menjadi lebih cepat kenyang ketika diberikan wet food. Dengan jumlah kalori yang sedikit, maka kesehatan hewan peliharaan anda menjadi lebih terjaga.

4. Membuat kucing makan bersama dan bersebelahan

Kesalahan memberi makanan kucing lain yang sering dilakukan adalah dengan membuat kucing anda makan berdampingan satu dengan lain. Bahkan ada yang membuat beberapa kucing makan dalam satu mangkuk yang sama. Ternyata kebiasaan tersebut dapat membuat kucing anda menjadi stress.

Kucing tidak memiliki pilihan dan kemampuan untuk memindahkan mangkuknya sendiri. Hal itu menjadikan ia merasa stress karena menganggap ada pesaing yang bisa merebut makanannya. AKibatnya kucing bisa menjadi sakit perut, saling berebut, atau bahkan tidak mau makan sama sekali.

Saya menyarankan anda untuk memberi jarak antara satu mangkuk dengan lainnya. Bahkan jika bisa, sebaiknya anda membuat kucing makan di ruangan yang berbeda. Dengan begitu mereka bisa menikmati waktu santapnya tanpa terganggu sehingga merasa lebih tenang.

5. Memberikan terlalu banyak tuna

Tuna memang merupakan salah satu makanan favorit yang dimiliki sebagian besar kucing. Akan tetapi, memberikan tuna secara rutin setiap hari ternyata tidak baik bagi kesehatannya. Kucing yang setiap harinya hanya memakan tuna beresiko mengalami malnutrisi dan keracunan. Hal itu dikarenakan di dalam tuna biasanya terkandung logam berat merkuri, walaupun dalam jumlah sedikit.

Akan tetapi merkuri yang terakumulasi ini bisa menyebabkan terjadinya keracunan pada hewan peliharaan kita tersebut. Selain itu, tuna mempunya efek membuat kucing ketagihan ketika diberikan secara terus menerus.

6. Memberikan makanan mentah

Memberikan makanan mentah tidak baik bag kesehatan kucing, karena didalamnya terkandung berbagai jenis bakteri patogen. Kucing yang sudah dipelihara di dalam rumah oleh manusia memiliki sistem imun yang lebih rendah dibandingkan kucing liar. Oleh sebabnya sebaiknya anda memberikan makanan yang telah diolah sehingga terjamin kehigienisannya.

Memberikan kucing makanan mentah juga akan membuatnya memiliki keinginan mencuri bahan makanan di dapur. Oleh sebab itu, sebaiknya anda sejak kecil mengajari kucing anda memakan makanan yang telah diolah. Selain bagus untuk kesehatan si kucing, juga akan menyebabkan ia berperilaku lebih baik.

7. Memberikan makanan manusia

Seringkali kucing akan mengeong dan merengek ketika melihat kita sedang makan. Hal itu membuatnya seolah ingin ikut mencicipi apa yang sedang kita makan. Oleh karena itu, banyak para majikan yang memberikan makanan yang dimakannya kepada hewan peliharaannya tersebut.

Ternyata memberikan makanan manusia kepada kucing juga bisa memberikan berbagai gangguan kesehatan. Hal itu dikarenakan beberapa makanan manusia bersifat racun kepada hewan berbulu tersebut. Berikut ini daftar makanan yang memiliki sifat mengganggu kesehatan hewan tersebut:

  • Cokelat.
  • Bawang-bawangan.
  • Susu sapi dan produk susu lainnya.
  • Anggur.
  • Kopi.
  • Telur mentah.
  • Adonan roti.

Itulah beberapa kesalahan dalam memberi makan kucing. Di antara beberapa hal di atas, adakah yang pernah atau bahkan sering kamu lakukan? Setelah mengetahui informasi ini, sebaiknya ubah kebiasaan buruk yang telah disebutkan diatas. Dengan begitu, kucing peliharaan kita menjadi lebih terjaga kesehatan tubuhnya.