Ketahui Alasan Anjing Takut Suara Petir

Ketahui Alasan Anjing Takut Suara Petir

Hujan deras seringkali diikuti dengan suara petir yang sangat keras dan memekakkan telinga. Tak hanya manusia saja, tapi anjing nyatanya juga ikut merasa ketakutan ketika mendengar petir yang menyambar. Kondisi semacamm ini dikenal dengan sebutan thunder phobia atau astraphobia. Sebetulnya, apa alasan anjing takut suara petir? Berikut adalah ulasannya.

Alasan Mengapa Anjing Takut Suara Petir

Menurut ilmuwan Riset Perilaku Hewan Purina bernama Dr. Ragen T.S. McGowan, tak semua anjing merasa cemas atau takut ketika mendengar petir yang mengelegar. Kondisi seperti ini tergantung dengan kepribadian anjing serta pengalaman mereka di masa lalu.

Biasanya terdapat lebih banyak yang akan terjadi sebelum petir itu muncul, contohnya angin kencang, kilat, hujan, dan perubahan tekanan udara. Hal itu bisa mengakibatkan munculnya kecemasan, atau bahkan sebelum badai muncul. Beberapa kondisi itu dipicu dari perubahan pada rutinitas harian anjing peliharaanmu. Sementara itu penyebab lainnya ialah beberapa anjing mempunyai pendengaran lebih sensitif.

  • Listrik Statis

Disaat badai, listrik statis akan terkumpul lalu jadi petir. Anjing dapat merasakan listrik statis ini sebelum badainya datang. Kemudian, listrik statis ini mampu dirasakan anjing melalui bulunya, yang memberikan perasaan kurang nyaman.

Oleh sebab itu, anjing akan bertindak secepat mungkin agar mencari tempat yang mereka nilai dapat melindungi dari serangan listrik ini.

  • Phobia Suara

Ketakutan tanpa alasan terhadap suara sebetulnya tidak terlalu mengancam. Selain panik saat mendengar petir, anjingmu mungkin panik dengan suara kembang api atau petasan. Tentunya mereka akan panik dan cemas dengan suara keras serta misterius. Selain itu juga, mereka mungkin merasa sedang ada peperangan diluar sana.

  • Perubahan Ion

Saat badai, ion yang ada di udara akan berubah. Nah, anjingmu bisa mengalami perasaan cemas ketika sinyal datang menuju susunan saraf anjing. Sinyal itu termasuk suara petir dan hujan dan ini membuat anjingmu menjadi lebih waspada.

Cara Menenangkan Anjing ketika Mendengar Suara Petir

Kalau anjingmu mengidap thunder phobia, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan agar bisa membantunya tetap tenang, diantaranya adalah:

  • Buat Ruangan yang Aman

Beri anjing lokasi yang aman dan nyaman untuk ditempati ketika mereka ketakutan. Kalau anjing terlatih didalam kandang, mungkin mereka paling nyaman didalam kandang dengan mainan supaya mengisi waktunya.

Tutup kandang menggunakan selimut agar menyerap suara lalu biarkan pintunya terbuka sehingga dia merasa tidak terjebak. Kalau kamu tak mempunyao kandang atau anjingmu tak terbiasa didalam kandang, cobalah membuat ruangan yang aman.

  • Tetap Tenang

Hal terbaik yang dilakukan ialah selalu tenang disekitar anjing peliharaanmu selama petir menggelegar. Anjing akan melihat majikannya untuk meyakinkan mereka. Maka, menunjukkan pada mereka jika kamu santai dan tenang bakal membantunya untuk memahami kalau tak ada hal yang harus dicemaskan.

  • Alihkan Perhatian Anjingmu

Kalau anjing takut suara petir, kamu dapat menyalakan musik atau TV yang menenangkan agar bisa meredam kebisingan. Ajak dia bermain lalu berikan kudapan kesukaannya. Lakukan apapun yang kamu bisa agar bisa membuat hal positif ketika anjing mendengar suara petir.

  • Hubungi Dokter Hewan

Dokter hewan menjadi orang terbaik untuk kamu ajak berdiskusi. Pasti kamu diberi saran agar melakukan sejumlah hal untuk mengurasi ketakutan. Kalau kecemasan anjing terlalu parah, minta kepada dokter hewan untuk memberi saran pengobatan sehingga anjingmu merasa tenang.

Itulah beberapa alasan anjing takut suara petir. Jangan sampai kamu menghukum atau memarahi hanya karena anjingmu takut dengan suara petir, sebab hal itu terjadi karena ketakutan, bukan karena ketidaktaatan.