Ketahui Beberapa Cara Menangkap Kucing Liar

Ketahui Beberapa Cara Menangkap Kucing Liar

Saat ingin menangkan kucing liar atau kucing jalanan, nyatanya ada trik khusus untuk dilakukan. Hal ini berbeda ketimbang kucing peliharaan yang sudah terbiasa disentuh banyak orang. Tetapi untuk kucing jalanan, didekati saja terkadang sulit ataupun langsung menjauh. Dengan demikian, perlu ada sejumlah trik ataupun cara menangkap kucing liar.

Harus diketahui kalau kucing liar tak terbiasa berdekatan dengan manusia. Mereka punya sejumlah karakteristik berbeda. Pada kondisi ini, harus ada langkah yang jelas dan tak bisa sembarangan. Baca informasi dibawah ini sampai tuntas, ya.

Begini Cara Tepat Cara Menangkap Kucing Liar

  • Memakai Laser

Kalau makanan tak terlalu menarik perhatian kucing liar, maka kamu dapat memakai cara ini. Pada proses, kamu memakai laser kemudian memainkannya serta menarik pandangannya.

Pastikan kamu menempatkan perangkap tersebut degan keadaan siap ditambah lokasinya di depan pandangan kucing. Hal ini dilakukan supaya mampu menarik perhatian kucing jalanan tersebut.

Beberapa kucing jalanan biasanya tertarik dengan hal-hal yang membuatnya penasaran, sehingga kamu dapat memakai cara seperti ini.

Terlebih cara seperti pemakaian laser tak akan melukainya serta lebih aman bagi kucing. Dengan ini, kamu harus dapat memastikan perangkap berada di lokasi yang pas serta dekat dengan lokasi kucing jalanan itu.

  • Memakai Perangkap

Pada fase ini, banyak toko yang menjual jebakan kucing yang tidak terlalu menyakitkan dan opsinya pun juga lengkap, sehingga kamu sedikit bingung memilihnya. Pastikan memilih jebakan yang tak bisa melukai kucing dan tidak menyakitinya.

Nah supaya lebih aman dan nyaman, kamu dapat meminjamnya langsung ke pihak penampungan binatang liar. Umumnya mereka menyiapkan perangkap khusus dan dapat menangkap kucing jalanan.

Tetapi kalau diharuskan membeli, pastikan betul-betul paham bagaimana cara memasangnya serta tak membuat kucing tersebut menjadi luka dan menyakitinya.

  • Menarik Perhatiannya dengan Memakai Umpan

Kucing jalanan seringkali mencari makanan sendiri di sejumlah tempat yang kotor, seperti halnya tempat sampah. Supaya bisa mendapat perhatian tersebut, kamu dapat menariknya dengan umpan.

Pada fase ini, kamu memakai perangkap yang disiapkan sebelumnya. Lalu masukkan makanan enak kedalam perangkap yang mampu membuat kucing tertarik untuk memasuki perangkap.

Agar prosesnya bisa lebih cepat, kamu bisa memakai wet food karena punya bau lebih strong dari dry food. Pilihlah wet food dengan rasa tuna maupun sarden, ataupu pakan kemasan yang bisa mudah ditemui di toko sebagai salah satu trik menangkap kucing liar.

  • Pindahkan ke Lokasi yang Aman

Apabila kucing tersebut berhasil masuk kedalam perangkapnya, penting sekali kamu langsung memindahkan ke tempat aman. Hal ini dilakukan supaya bisa mengurangi kucing menjadi panik. Salah satu caranya adalah menutupinya memakai selimut ataupun handuk yang sanggup menutupi seluruh area perangkap.

Pastikan gunakan sarungan tangan atau baju lengan panjang sebagai perlindungan. Selepas ia merasa sedikit tenang, barulah kamu bisa mengeluarkannya. Apabila dia mulai berinteraksi, langsung saja membawanya ke klinik hewan.

Hal tersebut penting dilakukan supaya bisa tahu dan memperhatikan kondisi kesehatan. Disamping itu, hal ini dilakukan agar memusnahkan beberapa penyakit yang kebanyakan bersarang di tubuh kucing tersebut.

Demikianlah beberapa cara menangkap kucing liar dan tak akan bisa melukai tubuhnya. Pastikan melakukan langkah ini dengan cara aman serta memahami perangkap yang dibuat.

Dikarenakan kucing jalanan sering dihinggapi sejumlah virus berbahaya yang dibawa dalam tubuh. Kemudian, jangan sampai kamu langsung menggabungkannya dengan kucing peliharaanmu yang telah terbebas penyakit. Selamat mencoba!