Ketahui Begini Pola Makan Anjing Yang Benar

Ketahui Begini Pola Makan Anjing Yang Benar

Anjing adalah salah satu pilihan hewan peliharaan yang menyenangkan dan memiliki kesetiaan yang tinggi kepada pemiliknya. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan anjing. Apa kamu sudah tahu bagaimana pola makan anjing sebenarnya? Karena pola makan yang tepat akan menentukan kondisi kesehatan dan menunjang aktivitas anjing kesayanganmu lho.

Yuk Pahami Pola Makan Anjing Yang Benar

Menjadi suatu keharusan untuk pemilik yang memiliki anjing peliharaan untuk memahamai pola makan anjing. Lakukan perawatan yang baik dengan memperhatikan asupan makanan yang tepat. Berikut penjelasan pola makan anjing yang perlu kamu tahu.

  1. Ketahui waktu makan anjing

Pola makan anak anjing dan anjing dewasa ternyata berbeda. Anak anjing membutuhkan nutrisi dan kalori lebih banyak agar tetap sehat dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Anak anjing  dengan usia di bawah lima bulan harus diberi makan 3 sampai 4 kali sehari.

Ketika anak anjing tumbuh dewasa, lakukan transisi makanan secara bertahap. Kamu bisa melakukannya dengan kira-kira waktu sekitar seminggu. Campurkan makanan baru dan makanan lamahingga meningkat menjadi makanan baru.

Untuk anjing dewasa, kamu bisa memberi makan 2 kali sehari.  Rekomendasi waktu terbaik untuk memberi makan pada pagi hari pukul 07.00 dan sore hari pukul 18.00. Butuh waktu sekitar 8 hingga 10 jam bagi sistem pencernaan anjing untuk mencerna dan menyerap makanan dengan sempurna.

  1. Perhatikan jenis makanan

Anak anjing mengkonsumsi makanan basah dengan tekstur yang empuk dan lembut sehingga mudah dicerna. Kamu harus membagi porsi makan anak anjing menjadi porsi kecil dalam sehari. Baiknya makanan diberikan pada suhu ruangan karena baunya yang lebih menarik.

Anjing dewasa mengkonsumsi makanan kering dengan bahan utama yaitu daging. Jenis makanan kering akan memenuhi kebutuhan nutrisi anjing seperti kandungan lemak, protein, vitamin, dan mineral. Makanan kering juga berfungsi untuk membantu menghilangkan bakteri dan plak di gigi anjing. Kandungan kalsiumnya juga akan membentuk gigi yang baik dan pertumbuhan tulang yang kuat.

  1. Atur porsi makan yang pas

Pola makan anjing selanjutnya yang perlu kamu pahami adalah mengatur porsi makan anjing. Usia dan ukuran badan anjing mempengaruhi jumlah takaran makanan yang kamu berikan. Kamu perlu mengatur jumlah takaran yang pas baik untuk makanan basah maupun makanan kering.

Baca Juga : Ini Alasan Kenapa, Mulut Kucing Bau Busuk dan Susah Sekali Makan

Porsi makanan kering untuk dengan berat anjing dewasa sekitar 3 – 18 kilogram adalah 150 – 450 gram per hari. Untuk berat anjing 20 – 35 kilogram keatas, takaran makanan kering adalah 500 – 1000 gram per hari. Sedangkan makanan basah dengan berat anjing 3 – 15 kilogram adalah 150 – 600 gram per hari. Dan untuk berat anjing 15 – 36 kilogram, makanan basah kamu berikan sebanyak 700 – 1200 gram per hari.

  1. Jadwal makan anjing

Kamu perlu membuat jadwal makan anjing dengan rutin. Beri anjing makan di tempat yang sama dan waktu yang sama pula.  Batasi waktu makan sekitar 15 menit. Setelah itu, angkat makanan dan buang sisanya jika belum selesai. Dengan begini, pola makan anjing kesayanganmu akan lebih teratur.

  1. Campuran makanan manusia

Makanan anjing yang ada di petshop sangat beragam, dari makanan kering, basah, hingga makanan mentah. Agar anjing nggak bosan kamu bisa memberikan anjing makanan sehat dengan campuran makanan manusia. Variasi makanan sehat yang mudah kamu temukan di rumah misalnya daging tanpa lemak, jeroan, kaldu tulang, makanan fermentasi, dan sebagainya.

Dengan mengetahui pola makan anjing, akan membuat pemilik anjing lebih mudah untuk memperhatikan pilihan jenis makanan dan nutrisinya. Jangan lupa selalu sediakan air bersih untuk anjing kesayanganmu.