Ketahui Manfaat Kuning Telur Bagi Kucing

Ketahui Manfaat Kuning Telur Bagi Kucing
manfaat kuning telur bagi kucing

Selain memberikan makanan sesuai kebutuhannya, anabul satu ini juga perlu tambahan nutrisi salah satunya adalah telur. Apabila masih ragu, pastikan untuk mengetahui beberapa manfaat kuning telur bagi kucing. Meski efeknya baik, namun tetap tidak disarankan memberikan secara berlebihan.

Manfaat Kuning Telur Bagi Kucing Perlu Kalian Ketahui

Bagian telur yang kaya akan vitamin dan mineral adalah kuningnya, untuk itu jika dilihat dari rasanya memang lebih enak dibanding putihnya. Berdasarkan fakta ini, sangat disarankan untuk memberikannya kepada anabul dengan kadar tertentu sesuai anjuran. Berikut penjelasan singkatnya:

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan kucing bisa saja menurunĀ  secara drastis diakibatkan oleh beberapa faktor termasuk salah satunya sedan terserang penyakit. Meski sudah diobati dan sakitnya mulai mereda, tidak jarang nafsu makannya belum kembali normal. Kamu bisa mencoba memberikan kuning telur pada peliharaan.

Disarankan memberikan kuning telur dengan jadwal 3 kali setiap minggunya. Jangan sampai melanggar batasan paling direkomendasikan, karena tidak menutup kemungkinan anabul justru akan mengalami masalah. Tanda paling umumnya adalah diare ataupun kucing tidak semangat bermain.

  1. Membantu Mempercepat Pertumbuhan Bulu

Bagi kamu yang memelihara jenis kucing bulu, bisa memanfaatkan kuning telur untuk mempercepat pertumbuhan bulu-bulunya sehingga lebih lebat dan cukup halus ketika disentuh. Perlu diketahui ramuan ini tidak hanya bisa diterapkan pada anak kucing berusia beberapa minggu namun juga ibunya.

Seperti masalah-masalah yang telah terjadi, saat melakukan perkawinan kucing jantan akan menggigit bagian leher dari betinanya. Akibatnya bulu-bulu halusnya menjadi rontok terutama di area sekitarnya juga. Tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa mengembalikannya cukup cepat.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kuning telur terbukti bisa mempercepat penyembuhan. Oleh karenanya seringkali pemilik akan memberikan ramuan tersebut pada anabul saat tubuhnya mengalami luka. Agar hasilnya lebih maksimal dan cepat terlihat, dibutuhkan tambahan berupa madu.

Cara perbaikannya adalah dengan mencampurkan sekitar 1 spet madu dengan kuning telur kemudian aduk hingga merata. Suapkan pada peliharaan hingga habis, namun jika mereka menolak sebaiknya cari cara agar mereka mau mengkonsumsinya guna meningkatkan kecepatan penyembuhan.

  1. Menggemukan Badan Kucing

Kucing yang gemuk akan terlihat lebih lucu dan sehat, selain itu saat diajak bermain semakin menarik karena ketika menyentuh tubuhnya terasa empuk. Apabila kamu memiliki kucing bertubuh kurus, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan berat badannya adalah memberikan kuning telur.

Proses pemberian tentu harus dilakukan dengan prosedur khusus supaya hasilnya cepat terlihat dan tubuh kucing mendapatkan nutrisi sesuai kebutuhannya. Disarankan memberikannya sekitar satu butir dalam dua hari. Apabila sudah menunjukkan perubahan, hentikan pemberian agar tidak sampai obesitas.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ada beberapa faktor mengapa anabul sering terserang penyakit ataupun virus yang sangat berdampak pada tumbuh dan kembangnya. Poin ini sangat penting diketahui jika kamu ingin memiliki peliharaan sehat. Salah satu cara paling direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya adalah memberikan kuning telur.

Berikan kuning telur setidaknya 3 kali dalam satu minggu sehingga dapat meningkatkan stamina sekaligus memperkuat sistem imun. Kucing yang jarang terserang penyakit akan tumbuh dengan baik sesuai usianya. DI samping itu tubuhnya terlihat lebih segar dan semakin lucu.

Demikian penjelasan terkait dengan manfaat kuning telur bagi kucing yang penting untuk kamu ketahui. Meski berdampak baik, namun tetap tidak disarankan memberikannya secara berlebihan karena akan menimbulkan beberapa masalah serius.