Ketahui Penyebab-Penyebab Sembelit pada Anjing

Ketahui Penyebab-Penyebab Sembelit pada Anjing
sembelit pada anjing

Seperti manusia pada umumnya, anjing juga bisa mengalami sembelit. Sembelit adalah situasi dimana ada masalah kesusahan buang air besar. Meskipun sembelit pada anjing tidak tergolong berbahaya, tapi masalah ini tetap harus ditangani dengan baik.

Sembelit bisa dialami oleh anjing manapun, terutama anjing yang sudah tua. Biasanya penyakit ini terjadi karena gaya hidup yang tidak benar. Untuk mencegah anjingmu mengalami hal ini, kamu tentu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Sembelit pada Anjing dan Tanda-tandanya

Dalam kasus sembelit pada anjing, biasanya si anjing akan menunjukkan tanda-tanda tertentu. Contohnya si anjing mempertahankan posisi BAB-nya dalam waktu lama dan mengejan. Anjing tersebut juga biasanya mengalami kesulitan saat berjalan.

Kemudian, anjing itu juga bisa mengalami wasir, yaitu pembengkakan pembuluh darah di area duburnya. Lalu, jika kotoran BAB si anjing bisa keluar-pun, bentuknya akan seperti kerikil, terasa keras.

Umumnya, penyakit ini tidak berbahaya dan bisa hilang sendiri, tapi di sisi lain masalah ini bisa menjadi lebih parah, tergantung kondisi yang terjadi. Tanpa menunggu lebih lama, berikut adalah penyebab sembelit pada anabul :

  1. Adanya Masalah Psikologis

Permasalahan psikologis pada anjing bisa sangat mempengaruhi kesehatan pada anjing tersebut. Penyakit sembelit atau diare juga bisa terjadi jika anjing merasa stress.

Kemudian, otot anjing yang merasa tertekan biasanya menegang sehingga hal ini bisa menghambat proses buang air besarnya. Ia juga seringkali tidak bisa mencerna makanan dengan normal.

  1. Dehidrasi

Faktor dehidrasi seringkali dihubung-hubungkan dengan masalah sembelit. Ketika anjing mengalami dehidrasi, usus besarnya cenderung menyerap banyak cairan dan kotoran yang lewat di ususnya. Hal ini membuat kotoran anjing menjadi terasa keras dan kering.

Tentu ada cara untuk mengatasi masalah ini, yakni dengan meningkatkan asupan air yang diminum anjing. Tapi, hal ini hanya bisa menyembuhkan anjing selama ia tidak mengalami gejala lainnya dalam konstipasinya.

  1. Ada Benda yang Tak Hancur dalam Saluran Pencernaan Anjing

Banyak anjing yang seringkali penasaran sehingga mengunyah benda apapun yang menarik perhatian mereka. Ketika menelan benda-benda asing, mungkin saja si anjing tidak bisa mencerna benda tersebut dalam tubuhnya. Hal inilah yang membuat terjadinya sembelit pada anabul, karena benda tersebut sudah menyumbat saluran ususnya.

Asalkan benda yang ditelan anjing itu tak berbahaya, anjing bisa dirawat di rumah saja. Tapi, jika memang berbahaya, harus ada pembedahan untuk mengeluarkan benda itu dari tubuh anjing.

  1. Pengaruh Asupan Serat yang Rendah

Masalah sembelit juga banyak terjadi karena asupan serat anjing rendah. Serat berfungsi untuk menyerap air di saluran pencernaan dan menyatu dengan limbah agar kotoran yang dikeluarkan anjing menjadi lebih lembut.

Oleh karena itu, kalau anabul mengkonsumsi serat yang kurang, maka kotorannya akan mengeras sehingga anjing itu bisa menderita sembelit.

  1. Karena Permasalahan Kesehatan Lainnya

Sembelit juga bisa terjadi karena adanya masalah kesehatan lainnya, misalnya gangguan motilitas saluran cerna, penyakit pada tulang belakang, pembesaran prostat, gangguan pada sistem saraf pusat, masalah metabolisme, dan lain-lain. Tapi untuk mengetahui jika anjing mengalami penyakit itu, kamu perlu membawa anjingmu ke dokter hewan.

Nah, itulah penyebab sembelit pada anjing yang wajib kamu ketahui, terutama jika kamu memelihara anjing. Sebenarnya penyakit sembelit anjing ini mudah untuk ditangani asalkan majikannya tidak terlambat menyadari tanda-tandanya dan segera melakukan upaya untuk menanganinya. Jika kamu masih penasaran dengan kondisi sembelit anjing, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter hewan.