Ketahui Tentang Fungsi Lidah Kucing yang Kasar

Ketahui Tentang Fungsi Lidah Kucing yang Kasar
lidah kucing yang kasar

Salah satu hal yang seringkali dilakukan oleh kucing ialah menjilati bagian tubuhnya. Kamu sebagai pemilik pastinya pernah merasakan bagaimana rasanya dijilati kucing. Saat itu, kamu pasti merasakan adanya sensasi kasar, bukan? Lidah kucing memang kasar, penasaran? Berikut adalah beberapa fungsi lidah kucing yang kasar.

Lidah kucing terdiri dari bagian bernama papila, yakni tonjolan di lidah berbentuk layaknya benang kecil dan halus. Lidah kucing berguna sebagai penyendok, dan membantu lidah untuk mengantarkan air liur [salva] dengan jumlah cukup banyak pada bulu kucing. Sehingga, proses membersihkan diri akan lebih maksimal.

Saat kucing coba menjilati tubuh sendiri, maka papila dalam lidah secara otomatis akan melakukan pekerjaannya, yakni menghilangkan bulu mati atau rambut. Tidak hanya itu, lidahnya akann menarik sisa-sisa kotoran yang masih ada di bulu.

Ingin tahu lebih jelas lagi mengenai fungsi lidah kucing? Simak ulasan berikut sampai selesai.

Fungsi Lidah Kucing yang Kasar

  • Membersihkan Kulit

Membersihkan kulit jadi fungsi lidah kucing pertama. Menjilati dengan bantuan salva bisa menghilangkan bakteri, kuman yang ada di kulit, dan menghilangkan kulit mati. Hal ini juga dapat membantu kucing agar bisa menyebarkan minyak alami tubuh serta meningkatkan peredarah darah di dalam kulit.

  • Mencengkeram Makanan

Kegunaan lidah kucing berikutnya ialah untuk mencengkeram makanan. Kucing akan mengambil makanan menggunakan lidah, ketika sudah berada diatas lidah, makanan tak akan bisa jatuh sebab telah dicengkeram papila. Kalau kamu terbiasa memberi ayam potong kepada kucing peliharaan, papila akan berguna melepas daging dari tulangnya.

  • Menyisir Bulu

Selepas makan, mungkin saja terdapat makanan yang masih menempel pada bulu di area mulut atau tubuh. Hal itu jadi salah satu faktor kucing akan menjilati bulu selepas makan. Tujuannya ialah untuk menjatuhkan sisa-sisa makanan dari bulu. Selain membersihkan sisa makanan, biasanya kucing akan mandi selepas bermain atau ketika dia merasa tubuhnya kotor.

  • Pertahanan Diri

Kucing biasanya akan terlihat menjilati area tubuh paling penting, sebetulnya ini merupakan bentuk pertahanan diri. Dia akan menghapus seluruh sisa makanan. Kucing biasanya rajin membersihkan diri agar memastikan jika tak ada hewan, kotoran, atau parasit yang berkembang biak di bulunya.

  • Menahan Air Ketika Minum

Fungsi lidah kasar kucing terakhir ialah menahan air ketika minum. Kamu bisa memperhatikan ketika dia minum, kucing akan mencelupkan lidah lalu menariknya kedalam mulut.

Gerakan cepat dan berulang kali. Ketika minum, kucing mengerutkan lidah. Lalu, dia melepaskan kerutannya didalam air. Lidah berguna sebagai area menampung air. Munculnya papile pada mulut tidak akan membuat air menetes keluar.

Bisa Jadi Tanda Kucing Stres

Meskipun lidah kucing mempunyai berbagai kegunaan, namun sarap pengecapnya hanya sedikit mampu merasakan rasa. Hal itu membuat mereka tak dapat membedakan rasa, sehingga dia lebih menggemari lemak atau daging sebab aromanya lebih tajam. Tapi, tahukah kamu bahwa lidah kucing bisa juga melukai tubuh mereka sendiri? Hal tersebut dapat terjadi ketika kucing stres.

Stres yang menyerang kucing akan membuat dia terus-terusan menjilati tubuh sendiri secara berlebih. Hal ini bisa membuat bulunya jadi botak, atau muncul luka pada kulitnya. Jika kamu melihat adanya perubahan perilaku pada kucing kesayangan, maka segeralah menghubungi dokter hewan.

Itu saja ulasan tentang beberapa fungsi lidah kucing yang kasar. Meski terlihat biasa, nyatanya ada banyak fungsi lidah kasar yang dimiliki oleh kucing. Lantas, fungsi mana saja yang masih membuat kamu bingung>