Kucing Abisinia, Kenali Kucing Unik, Anggun dan Pintar

Kucing Abisinia, Kenali Kucing Unik, Anggun dan Pintar
Kucing Abisinia

Kucing abisinia merupakan salah satu jenis kucing yang paling kuno di dunia. Kucing jenis abisinia ini dikenal memiliki kecantikan yang elegan dengan sifatnya yang selalu ceria. Selain itu, abisinia juga dikenal memiliki kecerdasan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis kucing yang lain, terlebih lagi kucing ini sangat mudah dilatih.

Sejarah Kucing Abisinia, Kucing Mesir Yang Unik

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa abisinia termasuk kucing yang berasal dari Mesir. Hal ini dikarenakan banyak sekali ditemukan perbandingan yang dilakukan dengan kucing Mesir kuno.

Semua cerita berawal dari orang Romawi yang membawa kucing dari Mesir ke Inggris. Kucing ini memiliki kemiripan yang murni dan ada dalam papirus kuno serta lukisan makam. Selain itu, banyak juga yang percaya bahwa abisinia ini merupakan keturunan kucing liar Afrika.

Abisinia ini pertama kali tercatat resmi di Inggris pada tahun 1882. Salah satu kucing tersebut adalah Zula, yang mana kucing ini dibawa dari Abyssinia yang saat ini lebih dikenal dengan Somalia. Hal ini terjadi pada tahun 1860-an yang mana dilakukan oleh seorang perwira militer bernama kapten Barrett Leonard.

Asal muasal dari abisinia ini memang masih belum bisa dipastikan hingga saat ini. Namun, kucing ini sudah berada di negara Inggris selama kurang lebih 100 tahun, dan telah didokumentasikan juga dalam Standar Point pertama. Hal ini diterbitkan oleh Harrison Weir pada tahun 1889, pada tahun 1903 diterbitkan dalam buku The Book of The Cat yang ditulis oleh Frances Simpson. Hal ini juga lah yang membuat abisinia ini sebagai salah satu ras kucing paling tua di dunia.

Sifat Kucing Ini dan Kondisi Fisik Kesehatannya

  • Kepribadian kucing inilah yang membuatnya menjadi salah satu jenis kucing paling populer untuk diadopsi.
  • Sifat dari anakan kucing jenis abisinia ini sangatlah ingin tahu serta suka berpetualang. Selain itu, abisinia ini memiliki sifat yang sangat cerdas, bahkan sejak usianya masih sangat muda.
  • Kucing ini juga sangat suka bermain puzzle yang tegolong lebih rumit untuk kucing.
  • Anakan kucing abisinia ini juga suka mengamati orang lain. Hal ini malah akan terus dilakukan seiring dengan bertambahnya usia.
  • Anakan kucing ini juga sangat mudah dilatih. Kamu bisa melatihnya berlari melalui kursus ketangkasan dengan menggunakan clicker atau bisa berjalan dengan menggunakan tali.
  • Sifat dari abisinia ini adalah dimana kucing ini sangat suka bermain dengan game yang membutuhkan banyak pemikiran. Permainan ini bisa digunakan untuk membuat abisinia ini melepaskan makanannya.
  • Kucing ini paling suka melihat burung dan makhluk liar lain yang ada di sekitar lingkungannya. Oleh sebab itu, sangat baik jika anakan kucingmu ini diletakkan di dekat jendela agar bisa melihat ke sekelilingnya. Kamu juga bisa menyiapkan tempat makan diluar jendela.

Secara keseluruhan, abisinia merupakan salah satu kucing yang cukup sehat. Namun, memang ada beberapa abisinia yang memiliki penyakit keturunan yakni defisiensi piruvat kinase.

Piruvat sendiri merupakan enzim yang dperlukan untuk metabolisme sel darah merah. Nah, ketika kucing ini mulai kekurangan enzim esensial ini, maka kucing akan sering menangani anemia intermittent.

Kondisi ini ternyata sering kali terjadi pada abisinia yang masih berusia enam bulan. Nah, sangat perlu dijadikan sebagai pertimbangan dan catatan khusus jika memang kamu ingin mengadopsi anakan dari abisinia ini. Hal ini tentu wajib kamu waspadai sebagai catatan khusus.

Dikarenakan kucing jenis ini cukup populer di kalangan para pecinta kucing, tentu sudah tidak mengagetkan lagi jika mengetahui berapa harga yang ditawarkan untuk bisa memiliki kucing tersebut. Harga yang ditawarkan untuk seekor kucing hasil peternakan bisa mencapai 17 jutaan hingga 32 jutaan.

Demikianlah penjelasan yang bisa kamu simak dari kucing abisinia. Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk kamu, ya!