Kucing Bengal, Ras Kucing Unik Yang Harus Kamu Ketahui

Kucing Bengal, Ras Kucing Unik Yang Harus Kamu Ketahui
kucing bengal

Di kalangan para cat lovers pasti sudah tidak asing lagi dengan ras kucing bengal. Ras kucing satu ini memang cukup banyak penggemarnya. Ini karena ciri khas dari kucing ini yang memiliki bulu totol-totolnya yang hampir seperti macam. Selain karena warna bulunya yang eksotis dan indah ada beberapa fakta tentang kucing bengal yang harus kamu tahu.

Sejarah Genetik Dari Kucing Bengal Dan Keunikannya

Kucing eksotis ini ternyata merupakan ras hasil persilangan dari beberapa ras kucing yang lain. Untuk menghasilkan kucing bengal diperlukan persilangan antar ras kucing american shorthair berhasil dikawinkan dengan ras kucing asian leopard. Belum berhenti begitu saja anakan betina dari kedua persilangan ras tersebut lalu dikawinkan lagi dengan bapaknya akan muncul ras baru yaitu ras kucing bengal.

Mempunyai intelegensi yang tinggi dibandingkan kucing yang lain

Kucing ras ini merupakan salah satu kucing yang mempunyai kelebihan intelegensi yang di atas rata-rata dibandingkan kucing lainnya. Kucing ini memiliki kepintaran serta sangat aktif. Sehingga membuat kamu sebagai pemiliknya akan bisa melatih merela berbagai trik menarik yang bisa mereka tiru.

Selain kepintarannya kucing tersebut juga memiliki intuisi atau kepekaan pada setiap rangsangan yang diberikan kepada mereka. Sehingga membuatnya menjadi lebih aktif jika ada apa saja yang berada didekatnnya.

Gampang berbaur

Umumnya kebanyakan kucing adalah hewan karnivora yang protektif dan tidak mudah berbaur dengan kawanan kucing lain. Kamu membutuhkan usaha yang ekstra bila ingin membuat kucing kamu bisa akrab dengan hewan yang kamu pelihara lainnya di rumah. Namun hal ini tidak berlaku untuk kucing bengal. Sebab kucing ini sangat mudah berbaur dan bersosialisasi terhadap hewan yang lain. Bahkan anjing sekalipun tidak masalah, yang sudah kita tahu dua hewan tersebut tidak pernah akur dari zaman dulu.

Suka menjelajah

Dengan sifatnya yang super aktif membuat kucing ras ini memiliki hobi memanjat. Mereka akan memanjat pohon di sekitar lingkungannya bahkan mereka juga bisa memanjat langit-langit rumahmu. Bila kamu memang berencana untuk memeliharanya sebaiknya kamu perlu menyiapkan papan panjat khusus kamu buat yang ditempel pada dinding rumahmu.

Namun bila kamu tidak memiliki papan panjat di dalam rumahmu, maka solusi yang perlu kamu lakukan saat merawatnya yaitu sering mengajak mereka bermain diluar rumah. Kamu bisa mengajak mereka pergi ke taman agar mereka bisa mengasah keahliannya tersebut.

Salah Satu Kucing Dengan Body Yang Besar

Kucing ini nyatanya mempunyai ukuran tubuh atau body yang lebih besar dibandingkan ras kucing lain. Satu kucing bengal jantan bahkan beratnya bisa mencapai 4,5 hingga 6,8 kg sedangkan kucing bengal betina beratnya bisa mencapai 3,6 hingga 4,5 kg berat tersebut untuk kucing yang sudah dewasa. Berat diatas merupakan berat rata-rata dari kucing ras ini, sebab ada pula dijumpai kucing bengal yang beratnya lebih dari ukuran tersebut.

Mempunyai bulu rambut yang halus

Walaupun bulu rambut dari kucing ras ini tidak panjang seperti ras kucing persia. Tetapi bulu kucing ras bengal terasa halus dan lembut ketika kamu menyentuhnya selain itu bulunya juga lebih tebal. Perawat bulu rambut kucing tersebut juga lebih gampang karena bulunya yang tidak panjang. Kamu hanya perlu menyisirnya rutin setiap minggunya. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan gigi serta kukunya. Lakukan grooming jika mereka dalam keadaan kotor, ini agar menjaga kucing dari serangan penyakit kulit.

Diatas merupakan beberapa fakta menarik tentang kucing bengal dari MyPets selain karena bulu eksotisnya. Sebelum kamu memutuskan untuk memeliharanya sebaiknya kamu perlu tahu bahwa kucing ras ini masih keturunan dari kucing liar. Sehingga insting untuk berburunya sangat tinggi untuk itu ketika memeliharanya kamu perlu lebih berhati-hati.