Kucing Berbahaya, Bulu Kucing Berpotensi Sebabkan Asma ?

Kucing Berbahaya, Bulu Kucing Berpotensi Sebabkan Asma ?
bulu kucing berpotensi sebabkan asma

Seekor kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat lucu dan menggemaskan. Tidak heran apabila kucing menjadi hewan peliharaan terfavorit bagi banyak orang. Namun, bagi kamu yang sedang mengidap asma pasti muncul pertanyaan bulu kucing berpotensi sebabkan asma atau tidak?

Maka dari itu sebaiknya kamu  tidak memelihara seekor kucing. Faktanya, berbagai anggota bagian dari tubuh seekor kucing bisa menjadi sumber utama untuk pemicu asma, seperti bulu, urine, dan juga air liur.

Benarkah Bulu Kucing Berpotensi Sebabkan Asma?

Asma adalah kondisi dimana yang terjadi ketika saluran udara kamu telah menyempit dan juga membengkak serta dapat menghasilkan lendir yang berlebih. Kondisi ini pun dapat membuat kamu untuk sulit bernapas, batuk, mengeluarkan suara seperti siulan (mengi) saat bernapas, dan juga sesak napas. Penyebab asma sendiri masih belum diketahui detailnya secara pasti. Namun, ada banyak hal juga yang bisa memicu terjadinya salah satu suatu kondisi tersebut, salah satunya adalah hewan peliharaan kita, seperti kucing.

Bila kamu pernah atau sedang mengalami asma setelah memelihara hewan tertentu. Kamu mungkin saja telah memiliki alergi terhadap protein yang dapat ditemukan pada bulu hewan tersebut, air liur, ataupun juga urinenya. Menyentuh atau menghirup suatu alergen ini dapat menyebabkan sistem kekebalan pada tubuh kamu bereaksi dengan secara berlebihan. Sehingga mengakibatkan gejala asma kamu menjadi semakin parah.

Asma yang telah terjadi setelah terpapar oleh alergen bisa disebut juga asma alergi. Disebutkan, sekitar sebanyak 60 persen dari semua pengidap asma di negara  Amerika Serikat mengidap jenis asma ini. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, sekitar sebanyak 30 persen para pengidap alergi memiliki sebuah alergi pada hewan kucing atau anjing.

Dan jumlah orang yang mengidap alergi hewan kucing dua kali lebih banyak daripada pengidap alergi hewan anjing.

Cara untuk mengetahui asma disebabkan oleh kucing

Kamu mungkin sedang bertanya-tanya, bagaimana bisa caranya untuk mengetahui bila yang menjadi penyebab asma yang sedang kamu alami adalah kucing, dan bukan dari halyang lain? Nah, ada juga berbagai cara yang pasti  bisa kamu lakukan untuk memastikan penyebab dari asma kamu:

1.     Mengamati gejala

Kebanyakan orang yang memiliki alergi terhadap kucing pasti biasanya menunjukkan banyak reaksi alergi dengan cepat. Sering kali juga dalam beberapa menit setelah berada di dekat hewan tersebut. Namun, ada juga yang beberapa orang yang mungkin tidak bisa merasakan gejala sampai beberapa jam kemudian.

2.     Menjauh dari kucing

Lihat juga apakah gejala asma yang  kamu dapat membaik setelah kamu menjauh dari kucing. Bila iya, maka bisa untuk dipastikan kamu ternyata alergi terhadap hewan tersebut. Ingat, untuk memindahkan kucing ke ruangan lain atau ke luar kadang-kadang tidak bisa juga untuk mencegah gejala asma. Karena alergen dapat tertinggal di karpet, furnitur atau bahkan pakaian kamu. Bahkan, bila kamu bisa memberikan kucing pada orang lain, kamu mungkin masih bisa mengalami gejala selama beberapa waktu.

3.     Tes Alergi

Satu-satunya cara yang bisa dibilang paling efektif untuk memastikan apakah kamu memiliki alergi hewan kucing atau tidak adalah dengan untuk meminta dokter untuk melakukan pemeriksaan erhadap alergi. Dokter mungkin saja akan melakukan tes tusuk kulit atau juga tes darah.

Itulah penjelasan mengenai pertanyaan bulu kucing berpotensi sebabkan asma atau tidak. Untuk lebih jelasnya terkait hal tersebut, kamu bisa tanyakan langsung dengan dokter hewan terdekat maupun secara online.