Kucing Hamil Palsu, Ketahui Tandanya di Sini!

Kucing Hamil Palsu, Ketahui Tandanya di Sini!

Kucing hamil palsu – Kucing yang sedang hamil, tentunya merupakan hal ditunggu-tunggu baik untuk kucing tersebut maupun untuk pet owners. Karena, dengan kehadiran anak-anak kucing yang menggemaskan tentunya menambah keceriaan bagi siapa saja yang melihatnya.

Namun, sebagai pet owner tentunya Anda juga harus memperhatikan kehamilan kucing Anda. Karena, bisa jadi kucing Anda mengalami pseudopregnancy atau hamil palsu. Kondisi tersebut merupakan kondisi dimana kucing seakan-akan seperti hamil, namun sebenarnya tidak.

Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai kehamilan palsu pada kucing. Bagi Anda yang memiliki kucing, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini sampai habis agar mengetahui pertanda kehamilan palsu pada kucing. Mari langsung kita mulai saja ke pembahasannya.

Apa Itu Pseudo pregnancy?

Tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami hamil palsu, kucing juga bisa mengalami hal yang sama. Pseudo pregnancy atau false pregnancy kerap terjadi pada anjing. Walaupun kucing sendiri jarang mengalami hal tersebut, tapi kehamilan palsu pada kucing bisa terjadi. Bunting palsu pada kucing, bisa terjadi jika kucing menunjukkan tanda kehamilan seperti, puting susu memerah, nafsu makan pada kucing meningkat, dan ada pembesaram pada daerah perut.

Semua tanda tersebut bisa dialami kucing yang hamil palsu, tapi pada rahimnya tidak ada janin, dengan kata lainnya Rahim kucing tersebut kosong.

 

Bagaimana Terjadinya Kucing Hamil Palsu?

Ovulasi pada kucing tidak terjadi secara spontan, jadi ovulasi pada kucing hanya akan terjadi jika ada perkawinan antara kucing betina dan kucing jantan. Pada keadaan normal, tentu saja akan membuahkan hasil. Namun, pada keadaan tidak normal, ovulasi pada kucing bisa terjadi dan sel telur yang tidak dibuahi tentunya akan menetap di dinding Rahim untuk sementara waktu.

Selama sel telur menempel di dinding Rahim kucing, tentunya tanda-tanda kehamilan palsu bisa semakin terlihat dengan jelas. Pada waktunya, sel telur yang tidak dibuahi akan berkembang, dan kemudian pertanda kehamilan palsu akan hilang dengan sendirinya. Kemudian kucing Anda kembali dalam kondisi normal.

 

Baca Juga: Apakah Kucing Bisa Menstruasi? Bisa, Ini Fakta-Faktanya!

 

 

Tanda-Tanda Kucing Hamil Palsu

Untuk Anda para pet owner tentunya Anda harus mengetahui tanda-tanda kehamilan palsu pada kucing. Berikut ini adalah tanda-tandanya:

  • Perubahan perilaku pada kucing yang tidak tenang dan juga gelisah
  • Naluri kucing yang hamil palsu, akan terlihat seperti kucing yang sedang hamil sebenarnya misalnya seperti lebih manja, terjadinya pembesaran pada kelenjar atau putting susu dan juga mencari tempat aman dan nyaman untuk melahirkan.
  • Kucing mengalami gangguan kesehatan, dalam kurun waktu tertentu yaitu seperti kucing muntah-muntah
  • Terjadinya penurunan selera makan pada si kucing
  • Bahkan sampai terdapat cairan kecokelatan pada kucing

Kucing Hamil Palsu, Apakah Berbahaya?

Perubahan metabolisme pada kucing setelah melalui masa panas mereka, dapat membuat ketidakseimbangan hormone dan hal tersebut berulang setiap musim kawin datang. Peningkatan hormone progesterone pada kucing dan prolactin dalam tubuh mereka, rata-rata terjadi tidak begitu lama.

Perubahan hormone biasanya selesai kurang dari satu smapai dua bulan setelah masa kawin. Jadi, kemungkinan tidak memerlukan pengobatan dan juga penanganan khusus. Jika Anda merasa kucing Anda hamil palsu, namun tidak disertai dengan gejala yang lainnya, ada baiknya Anda harus membawa kucing ke dokter hewan terdekat, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Kucing Hamil Palsu, Apa Ada Cara Untuk Menguranginya?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan kompres sesuai dengan rekomendasi dokter hewan terpercaya. Kompres untuk kucing, tentunya menggunakan suhu yang tergantung, bisa saja menggunakan suhu dingin maupun suhu hangat. Jadi, dorongan laktasi dalam tubuh kucing tidak menggangu aktivitasnya.

Atau Anda juga bisa menggunakan kerucut atau cone pada bagian leher kucing. Tujuan penggunaan cone adalah untuk mencegah kucing menjilati bagian tertentu, sehingga tidak menimbulkan dorongan pada kucing yang lebih besar.

Itulah ulasan mengenai apa itu pseudo pregnancy, ciri-ciri hamil palsu pada kucing, sampai dengan cara menguranginya. Semoga ulasan di atas berguna bagi para pet owners yang memiliki kucing di rumah. Bagi para pet owners yang sedang mencari kebutuhan pet food, pet treats, cage, atau kebutuhan anabul yang lainnya, Anda bisa mencarinya di MyPets!

Kami menjual beragam produk untuk anabul Anda, klik di sini untuk melihat produk kami!