Kucing Keguguran: Ketahui Ciri-Ciri, Penyebab dan Lainnya

Kucing Keguguran: Ketahui Ciri-Ciri, Penyebab dan Lainnya

Kucing keguguran – Tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami keguguran, sebagai hewan mamalia pastinya kucing betina bisa mengalami keguguran. Bahkan tak jarang keguguran pada kucing tidak diketahui.

Kucing sendiri biasanya memiliki waktu kehamilan yang cukup singkat yaitu sekitar 63-65 hari. Walaupun kucing sudah hamil secara normal, tapi terdapat beberapa kasus dimana anabul tersebut tidak bisa melahirkan, itu berarti kucing tersebut mengalami keguguran. Karena itu anabul yang sedang mengalami gagal melahirkan harus diberikan makanan kucing yang memiliki gizi yang baik.

Di artikel kali ini, kami akan membahas mengenai apa saja ciri-ciri, penyebab dan bagaimana cara mengatasi anabul yang mengalami keguguran. Mari langsung kita mulai saja ke pembahasannya.

 

Ciri-ciri Kucing Keguguran

Ketika kucing mengalami keguguran, pastinya Anda sebagai pemilik kucing juga merasakan kesedihan. Apalagi jika kelahiran anak kucing merupakan moment yang Anda tunggu.

Walaupun ada beberapa kasus dimana keguguran pada kucing tidak diketahui, tapi ada beberapa ciri-ciri  yang perlu Anda ketahui, agar nantinya Anda bisa memberikan penanganan yang tepat untuk peliharaan Anda:

Perubahan Perilaku

Ketika kucing mengalami keguguran, pastinya ada beberapa efek yang dirasakan kucing Anda salah satunya adalah ia berubah menjadi stress dan sedih karena kehilangan anaknya. Sehingga, kucing tersebut mengalami perubahan perilaku yang berbeda dari biasanya.

Pendarahan Pada Vagina

Sama halnya seperti manusia yang mengalami pendarahan ketika keguguran, kucing juga mengalami hal yang serupa. Jadi, sebagai pemilik kucing yang sedang hamil Anda tentunya harus memberikan perhatian ekstra kepada kucing tersebut. Perhatikan kehamilan dan tingkah lakunya.

Jika Anda menemukan pendarahan pada vagina kucing, padahal belum saatnya anabul Anda melahirkan. Anda harus periksakan anabul Anda ke dokter hewan.

Vagina Berbau Busuk

Jika Anda mendapatkan anabul Anda yang hamil memiliki bau yang busuk, Anda harus pastikan darimana asal bau tersebut. Kalau bau tersebut berasal dari area belakang anabul, itu adalah pertanda anabul Anda mengalami keguguran, terlebih lagi jika ia Anda sudah mengalami kedua tanda di atas.

Kucing Keguguran Mengalami Demam

Tidak hanya mengalami perubahan perilaku, anabul bisa saja mengalami gangguan kesehatan ketika keguguran misalnya seperti demam. Jadi, Anda harus waspada jika anabul Anda yang sedang hamil mengalami demam. Karena itu bisa saja merupakan pertanda mengalami keguguran.

 

 

Baca Juga: Masalah Kesehatan yang Diakibatkan Oleh Bakteri Bahaya untuk Kucing

 

 

 Penyebab Kucing Keguguran

Setelah Anda mengetahui tanda-tandanya, pasti Anda juga penasaran apa saja yang menyebabkan anabul mengalami keguguran. Berikut ini adalah faktor penyebabnya:

  • Ketidak seimbangan hormone pada kucing, bisa saja menyebabkan keguguran. Jadi, tingkat progesterone yang rendah pada anabul. Bisa saja menyebabkan keguguran.
  • Bakteri dan jamur, anabul yang terinfeksi bakteri atau jamur bisa menyebabkan pendarahan pada Rahim anabul yang bisa menyebabkan janin mati atau keguguran.
  • Parasit Neospora Caninum, merupakan parasite yang lebih sering ditemukan pada anjing, namun hal ini juga bisa ditemukan pada kucing. Penularan biasanya melalui makanan yang bercampur dengan makanan anjing yang terkontaminasi.
  • Virus, ada beberapa virus yang bisa menyebabkan resiko keguguran yang lebih tinggi. Yaitu virusnya adalah Feline Leukimia Virus (FELV), Feline herpes Virus (FHV), Feline Infectious Peritonitis Virus (FIPV), dan Feline Immunodeficiency Virus (FIV).

Itu dia beberapa penyebabnya, dan bukan hanya itu saja, penyebab keguguran pada anabul bisa saja disebabkan oleh masalah internal seperti kelainan pada janin, trauma, perkawinan sedarah, cedera, kekurangan nutrisi, stress berat maupun yang lainnya.

 

 

Mengatasi Kucing Keguguran

Jika anabul Anda mengalami pertanda diatas maka hal yang tepat yang harus Anda lakukan adalah segeralah membawanya Anda ke dokter hewan terdekat. Agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Pada saat masa pemulihan dari keguguran, Anda harus pastikan anabul Anda mendapatkan makanan yang bernutrisi agar ia Anda cepat pulih.

 

Itulah ulasan mengenai keguguran pada anabul, mulai dari ciri-cirinya, penyebabnya sampai cara mengatasinnya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda, terutama bagi Anda yang memiliki kucing yang sedang hamil. Pastinya, Anda harus lebih memberikan perhatian pada anabul Anda. Klik makanan kucing untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar gizi dari siimut kesayangan kamu.