Kucing Kurilian Bobtail, Kucing Unik dengan Fakta-Fakta Menarik

Kucing Kurilian Bobtail, Kucing Unik dengan Fakta-Fakta Menarik
kucing kurilian bobtail

Kucing kurilian bobtail atau sering disebut dengan Japanese bobtail merupakan jenis kucing asal negara Jepang dengan ciri khas ekor bundel uniknya. Selain bentuk ekornya yang unik kucing ini juga memiliki tubuh yang berbeda dari kucing lainnya.

Bahkan menurut masyarakat Jepang mempercayai kucing ras ini adalah wujud asli dari dewa kucing atau Manekineko. Yang biasanya kita melihatnya di toko-toko yaitu patung kucing yang bisa membawa keberuntungan.

Fakta Tentang Kucing Kurilian Bobtail

Selain fakta di atas berikut ada berbagai fakta unik menarik lainnya tentang kucing kurilian bobtail yang harus kamu tahu.

  • Berasal dari Jepang

Kucing memiliki ekor bundel ini merupakan kucing ras dari Jepang yang sudah ada dari abad ke 6 lalu. Mulanya kucing ini dirawat oleh pemilik sebuah gudang ulat sutra dan dijadikan sebagai pembasmi tikus. Tetapi karena kaisar Jepang menyukainya, membuat kucing ini terus diperlakukan dengan baik bahkan dijadikan sebagai anggota kekaisaran pada waktu itu.

  • Beda dengan jenis kucing lain yang ada di Jepang

Penelitian telah mempelajari tentang ras kucing ini dan menemukan fakta bahwa genetik dari kucing ras ini berbeda dengan kucing pada umumnya di Jepang. Ini bisa menjadi bukti bahwa mungkin saja kucing ras ini berasal dari tempat lain, atau memang telah mengalami evolusi dan kehilangan sebagian besar genetiknya.

  • Ekor uniknya dari mutasi genetik

Ekor bundel pada kucing ras ini disebabkan oleh mutasi genetik yang alami. Mutasi tersebut juga terjadi pada ras kucing Manx. Tetapi bedanya kucing bobtail mempunyai tubuh yang tinggi dengan ekor pendeknya. Sedangkan kucing ras Manx memiliki tubuh besar dan ekor yang pendek bahkan ada yang tidak memiliki ekor.

Gen pada kucing ini bersifat resesif, sehingga jarang sekali muncul bahkan bisa hilang dalam beberapa keturunannya saja. Oleh sebab itu perkawinan antara dua kucing kurilian bobtail belum tentu menghasilkan anak dengan ekor yang pendek. Mutasi genetik tersebut juga tidak menjadi masalah untuk kesehatan pada kucing ini.

  • Sama dengan sidik jari manusia ekor pendek setiap kucing berbeda-beda

Sama dengan manusia yang mempunyai sidik jari yang membedakan satu dengan lainnya. Kucing ini juga memiliki ekor yang berbeda setiap kucingnya. Perlu kamu tahu kucing ras ini memiliki panjang ekor tidak lebih dari 7,6 cm. Dengan bentuk ekor yang beragam mulai dari bengkok, melengkung atau gabungan dari dua bentuk tersebut. Hal tersebut disesuaikan dengan bentuk tubuhnya sendiri.

Menjadi Kucing Sangat Kebal Dengan Macam Penyakit

  • Bukan ekor saja tubuhnya juga unik

Bukan hanya ekor pendeknya saja yang membuat kucing ras satu ini dikatakan unik. Faktanya bahwa kucing ini mempunyai kaki belakang yang sedikit lebih panjang dibandingkan dengan kaki depannya. Sehingga bentuk tubuh belakangnya terlihat lebih besar.

Selain hal itu bentuk kepala kucing ini juga unik berbentuk segitiga, dengan telinga yang berdiri tegak ke depan dan mata yang berbentuk oval.

  • Kebal penyakit

Kucing ini juga dikenal sebagai kucing dengan daya tahan tubuh kuat dan kebal terhadap penyakit daripada ras kucing lainnya. Bahkan anakan kucing ras ini lebih cepat aktif dan cepat bisa berjalan.

  • Patung dewa kucing dipercaya sebagai perwujudan dari kucing ras ini

Kebanyakan kucing ras ini memiliki belang tiga warna sehingga membuatnya dipercayai sebagai simbol keberuntungan. Patung dewa kucing atau maneki neko adalah perwujudan dari kucing kurilian bobtail ini. Kamu bisa menemukan patung dewa kucing ini di setiap toko-toko yang ada di Jepang, yang diyakini sebagai pembawa rezeki.

Inilah 7 fakta menarik tentang ras kucing kurilian bobtail yang perlu kamu tahu. Setelah mengetahui berbagai fakta menarik tentang ras kucing unik satu ini apakah membuat kamu tertarik untuk memeliharanya?