Kucing Maine Coon dan Fakta Menarik Seputarnya

Kucing Maine Coon dan Fakta Menarik Seputarnya

Kucing Maine Coon saat ini dianggap sebagai salah satu ras paling spesial sehingga memiliki banyak penggemarnya. Kepopuleran ras ini salah satunya karena ukurannya yang sangat besar, sehingga ia disebut sebagai kucing raksasa. Walaupun memiliki ukuran yang besar, kucing ini memiliki sifat yang manja sehingga ia dijuluki sebagai The Gentle Giant.

Fakta Menarik Seputar Kucing Maine Coon

Ada beberapa fakta menarik seputar kucing maine coon yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Bukan termasuk ras kucing terbesar

Panjang tubuh kucing maine coon dapat mencapai 1,2 meter dengan berat sekitar 10 kg. Kucing yang telah berumur dewasa biasanya memiliki tinggi sekitar 40 cm, sehingga ia terlihat bagai kucing raksasa. Karena ukurannya yang besar tersebut, banyak orang yang mengira bahwa ia merupakan ras kucing terbesar di dunia. Walau begitu, ternyata maine coon bukanlah ras kucing terbesar di dunia karena ukuran tubuhnya masih kalah besar dengan kucing siberian. Kucing siberian memiliki panjang tubuh yang bisa mencapai 1,5 meter dengan berat lebih dari 12 kg.

2. Tidak takut air

Berbeda dengan mayoritas kucing lain yang biasanya takut air, ras ini justru sangat suka bermain air. Maine coon juga sangat pandai berenang lho dan bisa bertahan hidup di air selama berhari-hari. Bagi anda yang memiliki kolam renang di rumahnya, anda bisa mengajak kucing ini berenang bersama. Karena justru menyukai hal yang berhubungan dengan air, pemilik Maine Coon tidak akan kerepotan ketika hendak memandikannya. Justru si kucing raksasa ini malah sangat senang ketika diajak mandi, yang tentunya akan memudahkan anda.

3. Memiliki sifat yang manja

Walau secara fisik tubuhnya besar dan wajahnya garang, maine coon memiliki sifat yang sangat manja. Bahkan banyak pecinta kucing yang menilai bahwa Maine Coon sebagai ras termanja di dunia. Maine coon akan selalu mencari perhatian terhadap manusia disekitarnya, ia akan senang ketika anda elus-elus. Ketika merasa dicueki, kucing ini akan mengeong tiada henti dengan keras. Kelakuannya tersebut mirip seperti balita yang minta jajan sama orang tuanya ya.

4. Memiliki 6 Jari

Kucing ini memiliki kelainan genetik yang membuatnya memiliki jari lebih banyak dibandingkan dengan kucing lainnya. Apabila kucing lain memiliki jari berjumlah 5 pada kaki depannya dan 4 jari pada kaki belakangnya, ras kucing raksasa ini memiliki 6 jari pada kaki depan dan belakangnya. Walau begitu, tidak ada penyakit sampingan yang membarengi kelebihan jari tersebut sehingga Maine Coon tetap bisa hidup secara normal dan baik.

5. Takut Ketinggian

Berbekal tubuhnya yang fleksibel, kucing dapat dengan mudah bergerak kesana kemari. Hal itu menjadi salah satu penyebab, mayoritas kucing memiliki hobi untuk memanjat dan melompat. Akan tetapi maine coon tidaklah demikian, jangan harap kamu melihat kucing ini melompat tinggi. Ia bahkan memiliki ketakutan terhadap ketinggian, sehingga maine coon yang ditaruh di meja tinggi biasanya tidak bisa melompat turun.

Oleh karena itu, anda perlu menaruh kandang kucing Maine Coon di lantai sehingga ia bisa nyaman tinggal di dalamnya. Pemilihan mainan juga sebaiknya memikirkan faktor ketinggian, mainan yang ditaruh di tempat tinggi tidak akan membuat kucing ini tertarik. Ketakutan ras ini terhadap ketinggian mungkin dikarenakan faktor badannya yang berat sehingga ia akan keseleo ketika anjlok dari tempat yang tinggi.

6. Memiliki Harga yang Mahal

Karena memiliki banyak penggemar, membuat harga kucing Maine Coon tergolong sangat mahal. Anda perlu merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah untuk mendapatkan Maine Coon yang tergolong ras murni. Di perdagangan hewan peliharaan juga seringkali terdapat Maine Coon yang tergolong ras campuran. Biasanya kucing campuran ini memiliki banderol yang lebih ekonomis, yaitu sekitar 5 juta rupiah.