Bahayakah Kucing Makan Kecoa? Ternyata Ada Manfaatnya

Bahayakah Kucing Makan Kecoa? Ternyata Ada Manfaatnya
kucing makan kecoa

Kucing adalah salah satu dari hewan yang sering dipelihara banyak orang. Bila dibandingkan dengan anjing, hewan yang satu ini tergolong lebih ramah pada manusia sehingga banyak sekali orang yang tak khawatir merawatnya. Kucing adalah hewan karnivora dan suka memakan daging, bahkan beberapa hewan kecil seperti kecoa pun ada yang memakannya. Tapi, seberapa parah bahaya kucing makan kecoa?

Jika kamu mempunyai hewan peliharaan seperti kucing, pernahkah kamu memergokinya memakan kecoa? Apakah hal ini berbahaya dan akan muncul gejala kucingmu keracunan? Jangan panik, sebaiknya simak ulasan berikut.

Apakah Boleh Kucing Memakan Kecoa?

Meski tak ada bahaya tentang kucing yang memakan kecoa, akan tetapi disarankan untuk kamu pemilik kucing untuk tak memperbolehkan kebiasaan kucing itu dilakukan dengan berulang kali, yaitu makan kecoa secara terus-terusan.

Hal itu dikarenakan bahwa kecoa bukan makanan yang bagus untuk kucing peliharaanmu. Selain itu juga, jika kucingmu ternyata sering menemukan kecoa di dalam rumah, maka itu dapat dipastikan bahwa rumahmu kurang menjaga kebersihan, sehingga itu dijadikan kecoa sebagai sarang mereka.

Jika sudah begitu, maka sebaiknya kamu membersihkan rumah supaya nanti kucing tak dapat menemukan kecoa lagi atau serangga lainnya yang kurang bagus untuk dikonsumsi oleh kucing.

Ternyata Ada Manfaat Kecoa Untuk Kucing

Yang pasti banyak dari kamu yang bertanya, kalau memakan kecoa memang tidak ada dampak bahaya apapun terhadap kucing peliharaanmu. Kemudian, adakah kegunaan memakan kecoa itu bagi pertumbuhan kucing?

Jelas ada manfaatnya, tapi tidak sumber gizi seperti makanan lainnya, tapi untuk kebutuhkan lain.

  • Sarana Bermain

Jika kucingmu termasuk hewan yang aktif, suka bermain, entah bermain dengan kamu atau sendiri. Nah, kecoa mempunyai pergerakan gesit serta ukuran yang kecil, maka dia dapat dijadikan mainan oleh kucingmu.

  • Mengasah Ketajaman Insting

Selain sebagai ajang bermain, tentunya dengan kecoa maka membuat insting berburu kucing sangay dibutuhkan agar bisa menangkapnya. Secara tak langsung, hal tersebut menjaga atau mengasah insting berburunya.

  • Sarana Olahraga

Setidaknya, mengejar kecoa dapat mendorong kucing untuk selalu bergerak sekaligus sebagai olahraga. Ini sangat berpengaruh dengan kesehatannya, semakin banyak bergerak, maka akan bisa menjaga tubuhnya tetap ideal dan tidak terserang obesitas.

  • Penghilang Rasa Bosan

Dengan munculnya kecoa untuk dijadikan mainan bagi kucingmu, maka dengan begitu kucing dapat selalu bermain dan mengurangi kebosanan. Tapi, sebaiknya jangan sampai terdapat kecoa di dalam rumah, sebab nantinya bila ada tamu yang bermain dirumahmu, akan merasa kurang begitu nyaman.

Tips Mencegah Kucing Makan Kecoa

Meski dampak atau akibat buruk memakan kecoa tak terlalu berbahaya untuk kucing peliharaanmu, tapi beberapa pemilik tentunya akan khawatir dengan kesehatan kucingnya seiring kecoa mengandung banyak bakteri berbahaya di dalamnya.

Lantas, bagaimana caranya mencegah kucing berhenti memakan kecoa?

  • Membersihkan rumah dengan bertahap jadi tugas wajib yang perlu kamu lakukan. Hal tersebut agar bisa mencegah kecoa berlindung didalam rumah serta menjadi mainnan kucing nantinya. Munculnya kecoa juga menjadi pertanda bahwa rumahmu kurang bersih.
  • Menyemprot obat serangga jika muncul kecoa juga menjadi jalan alternatif untuk mematikannya. Tapi sebelum itu, pastikan seluruh makanan yang ada didalam rumah ditutup rapat-rapat, serta kucing tak sedang berada disekitarnya.
  • Beri kucingmu teman ataupun mainan untuk dia bermain, dengan demikian maka kucingmu tak akan kesepian serta mengejar kecoa untuk diajak bermain.
  • Ajaklah kucingmu bermain diluar rumah, misalnya saja di teras atau halaman rumah. Dengan begitu, maka kucing dapat menjaga insting berburu mereka terhadap hewan lain.

Nah, demikian beberapa hal tentang bahaya kucing makan kecoa yang perlu kamu ketahui. Semoga ulasan diatas bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu semua Catlovers. Terima kasih.