Beberapa Alasan Kucing Mengeong ke Manusia

Beberapa Alasan Kucing Mengeong ke Manusia
Kucing Mengeong ke Manusia

Hewan sama halnya dengan manusia, mereka mengeluarkan suara agar bisa berkomunikasi dengan hewan lain. Pada kucing, biasanya hewan ini akan berkomunikasi melalui cara ‘mengeong’ atau ‘ngeong’ supaya dapat memberitahu orang yang berada di dekatnya, khususnya si pemilik mengenai apa yang dia rasakan. Lalu, kucing mengeong ke manusia mempunyai arti tertentu. Kalau kalian ingin mengetahuinya, simak ulasan dibawah ini.

Kucing mempunyai banyak suara ‘ngeongan’ yang berbeda ketika ingin berkomunikasi. Faktanya adalah, mayoritas kucing akan berbicara satu dengan lainnya menggunakan aroma dan bahasa tubuh.

Kucing tergolong jarang mengeong dengan temannya, namun lebih kerap mengeluarkan suara itu kepada manusia. Hal ini disebabkan kucing berupaya untuk selalu beradaptasi bersama manusia di dekatnya lalu mengeong menjadi salah satu jalan agar memperoleh perhatian dari si pemilik.

Oleh sebab itulah kalian yang memiliki kucing peliharaan, penting sekali untuk mengawasi seberapa sering kucingmu mengeong. Jika kalian melihat ada perubahan yang berkaitan dengan seberapa sering kucingmu mengeluarkan suaranya, boleh jadi tanda itu adalah tanda bahwa dia sedang kurang sehat. Tapi, jika kucingmu terlihat menjadi sering mengeong, kalian juga harus waspada.

Sangat penting mengawasi seberapa sering kucingmu biasanya mengeluarkan suara. Perubahan sbeerapa sering dia mengeong dapat menjadi salah satu gejala pertama jika kucingmu sedang kurang enak badan. Maka, jika menurut kalian kucingmu terlihat lebih suka mengeong, langkah terbaik ialah kalian harus berkonsultasi ke dokter hewan, khususnya jika dia melakukannya pada malam hari.

Penyebab Kucing Mengeong ke Manusia

Oleh karena itu, kalian harus mengetahui beberapa arti dari suara ‘ngeongan’ kucing yang perlu kalian ketahui.

  • Minta Sesuatu

Ketika kucing peliharaanmu mengeong, mungkin itu menjadi tanda bahwa dia ingin minta sesuatu darimu. Tak semua kucing bisa melakukannya, namun kebanyakan bisa. Arti dari suari ini bisa mengindikasikan kalau dia ingin mendapat perhatian, minta makan, ataupun ingin kelau dari dalam kandang atau rumah. Seringnya, kucing akan mengeong beberapa waktu ataupun mengeluarkan suara lebih panjang kalau permintaannya tak segera kalian penuhi.

  • Bermaksud Memberi Salam

Kucing mengeong bisa berarti dia memberikan salamnya kepada manusia yang berada didekatnya, misalnya ketika kalian baru saja datang ke rumah setelah bekerja.

Suara yang keluar biasanya pendek ketika dia ingin menyapa kalian. Mengeong bisa memberitahu kalau dia sedang tertarik denganmu atau dalam keadaan senang. Oleh sebab itu, jika kalian mendengar suara ‘eongan’ dan bergelendotan di kakimu, hal itu menandakan dia bahagia.

  • Sedang Cemas

Perasaan kesakitan, takut, hingga cemas juga bisa membuat kucingmu sering mengeong. Saat dia merasa ketakutan dengan hewan lain atau seseorang, mungkin dia bakal mengeong cukup panjang guna memperlihatkan dia sedang stres.

Kucing juga bisa mengeong panjang ketika dimasukkan kedalam kandang saat ingin menemui dokter hewan. Kalau hal ini muncul, maka sebaiknya kalian memeriksakan kucingmu supaya tetapp sehat.

  • Ingin Kawin

Suara kucing dengan ‘ngeongan’ keras dan panjang juga diakibatkan mereka ingin kawin. Suara kucing betina dan jantan yang keras bisa memberitahu kucing lainnya dan memberikan pesan bahwa dia sedang dalam masa birahi.

Demikian ulasan tentang beberapa arti suara kucing mengeong ke manusia. Dengan kalian memperhatikan seberapa panjang ‘ngeongan’ yang dikeluarkan serta intensitasnya, mungkin kalian bisa mengerti apa yang sedang dia harapkan. Kalau suara mengeong itu terdengar seperti merintih dan menunjukkan gejala sakit, maka sebaiknya kalian harus sesegera mungkin pergi ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.