Kucing Munchkin yang menggemaskan dengan Kaki Pendeknya

Kucing Munchkin yang menggemaskan dengan Kaki Pendeknya

Kucing munchkin merupakan sebuah ras kucing yang memiliki daya tarik dari kaki pendeknya. Mutasi genetik diduga menjadi penyebab mengapa ras kucing ini memiliki kaki yang pendek dan berbeda dengan ras lainnya. Karena kaki pendeknya tersebut, menyebabkan munchkin memiliki banyak peminat yang menginginkannya. Hal itulah yang menjadi penyebab mengapa kucing munchkin memiliki harga jual yang tinggi di pasaran.

Kucing ini pertama kali dibudidayakan pada sekitar tahun 1980an di Amerika Selatan. Pada saat itu ada pembudidaya kucing yang menemukan keanehan pada salah satu kucingnya, berupa kaki yang pendek. Pembudidaya itu kemudian ia memutuskan untuk mencoba memurnikan sifat kaki pendek tersebut, sehingga jadilah ras kucing munchkin.

Kepribadian Kucing Munchkin

Walaupun memiliki badan yang kecil, Munchkin merupakan kucing yang memiliki sifat yang ekstrovert. Ras ini memiliki rasa tahu yang sangat tinggi, mereka juga sangat menyukai manusia atau hewan peliharaan lainnya. Oleh karena itu, Munchkin bisa dipelihara bersamaan dengan hewan peliharaan lainnya seperti sesama kucing, anjing kecil, kelinci dan lain sebagainya.

Meskipun menjadi salah satu kucing terkecil di dunia, tidak menyebabkan hewan ini lambat dalam bergerak. Munchkin bisa bergerak dengan cepat dan sangat menyukai berlari dan melompat. Kepribadian unik dari kucing ini adalah mereka sangat hobi menyembunyikan barang-barang yang berkilau. Jadi bagi anda yang memelihara kucing ini, jangan menaruh perhiasan berkilau sembarangan ya karena nanti akan disembunyikannya.

Cara Merawat

Cara merawat kucing munchkin tidak berbeda jauh dibandingkan ras peliharaan lainnya, seperti anggora. Anda perlu menjaga bulunya tetap bersih dan rapi dengan memandikan dan menyisirnya secara teratur. Anda perlu memandikan kucing ini sekitar dua minggu hingga sebulan sekali, agar kebersihannya terjaga. Selain itu anda perlu untuk menyisirnya secara rutin minimal setiap 3 hari sekali agar bulu kucing ini tetap rapi.

Karena memiliki kaki yang kecil, Munchkin memiliki kesulitan untuk menjilati bulu-bulunya untuk merapikannya. Oleh karena itu, menyisir kucing ini diperlukan lebih sering dibandingkan ketika anda merawat kucing persia ataupun anggora. Anda juga tidak boleh lupa untuk memotong kuku dan membersihkan telinga hewan ini.

Berikanlah makanan kucing yang berkualitas tinggi, sehingga kebutuhan gizi mereka terpenuhi. Anda bisa mencoba menggunakan Hero Dry Food ataupun Yummy Wet Food untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Kedua makanan kucing ini mengandung nutrisi dalam jumlah cukup banyak, sehingga bisa mencukupi kebutuhan gizi kucing peliharaan anda.

Pemberian air bersih juga perlu diperhatikan agar masalah kesehatannya terjaga. Disarankan untuk tidak menggunakan air PDAM yang seringkali mengandung senyawa kimia berbahaya untuk kebutuhan minuman si kucing lucu ini. Bila air tanah di daerah rumah anda bagus, maka anda bisa memberikannya setelah direbus. Jikalau sekiranya kurang bagus, berikanlah air mineral untuk membuat kesehatannya kucing anda terjaga. Pemberian air yang tidak berkualitas seringkali menjadi penyebab masalah kesehatan pada kucing munchkin, terutama masalah kesehatan yang berhubungan saluran kemihnya.

Karena memiliki kaki yang pendek, anda perlu menyiapkan tempat kotoran,tempat makan dan minum yang memiliki pinggiran rendah. Dengan begitu si kucing kecil ini tidak akan mengalami kesulitan untuk mengakses tempat tersebut. Menggunakan tempat kotoran yang bagian pinggirnya tinggi, seringkali membuat kucing ini enggan menggunakannya dan akhirnya ia menjadi buang kotoran sembarangan.

Umur Kucing Munchkin

Munchkin yang dipelihara dengan baik oleh pemiliknya, biasanya dapat hidup sekitar 12 hingga 15 tahun. Akan tetapi anda perlu memperhatikan masalah kesehatan yang berhubungan dengan organ dalam kucing ini. Munchkin termasuk kucing yang rentan terkena serangan jantung, masalah saluran kemih dan pankreasnya. Walaupun begitu, apabila masalah makanan dan minumannya terjaga dengan baik biasanya masalah kesehatan tersebut dapat tercegah.

Incoming search terms:

  • American Shorthair x Munchkin