Kucing Peliharaan Bebas Kutu? Harus Kita Pastikan Dahulu

Kucing Peliharaan Bebas Kutu? Harus Kita Pastikan Dahulu
kucing peliharaan bebas kutu

Apakah kalian pernah melihat kucing peliharaanmu menggaruk-garuk kulit tiada henti dan terlihat sangat gelisah? Boleh jadi kondisi itu diakibatkan karena terjangan kutu yang menjangkiti tubuh. Tapi apakah benar kucing peliharaan bebas kutu? Mari simak ulasan berikut.

Meski mereka tak dapat hidup didalam tubuh manusia, kutu atau pinjal yang menyerang kucing bisa menghisap atau menggigit darah sehinggat mengakibatkan gatal serta beberapa penyakit lain. Problem yang muncul seperti alergi kulit, anemia, sampai cat scratch disease karena infeksi bakteri bernama bartinella henselae yang ditularkan oleh kutu yang menyerang.

Kucing Peliharaan Bebas Kutu? Apa Iya? Yuk Cek Kebenarannya

Dari banyaknya jenis kutu, kutu felicola subrostratus merupakan salah satu jenis kutu yang kerap menyerang kucing. Kutu ini tak hanya mengganggu kucingmu  saja, namun juga dapat menularkan parasit lainnya, misalnya cacing pita maupun mengakibatkan aneia serta alergi kulit kepada manisia. Lalu, apakah benar kucing rumahan tak mempunyai kutu?

Nyatanya, kutu kucing tak pandang bulu, mereka dapat hinggap dimana saja dan kapan saja. Berikut adalah penyebab kucing peliharaan juga dapat mengidap kutu:

  • Faktor Musim

Di berbagai negara yang mempunyai banyak musim, banyak yang percaya jika kutu hanya jadi masalah pada musim semi atau musim panas saja. Faktanya adalah, kutu dapat menyerang kucing disepanjang tahun, atau bahkan pada musim dingin sekalipun.

Mayoritas kutus tersebut lebih senang hidup pada iklim yang hangat, namun bahkan pada cuaca yang cukup dingin sekalipun mereka sanggup menemukan caranya bertahan hidup.

  • Faktor Lingkungan

Kucing maupun hewan peliharaan lain yang berada di kawasan yang lembap dan hangat, nyatanya beresiko lebih besar mengidap kutu. Karena, kutu sangat suka untuk berkembangbika pada lingkup seperti ini. Akan tetapi, meski kalian berada di kawasan kering maupun lebih sejuk, tidak berarti kalian aman dari parasit yang satu ini. Ingatlah bahwa kutu dapat ditemukan dimana saja.

  • Beraktivitas Diluar Rumah

Walaupun kucing peliharaanmu telah trawat dengan sangai baik, namun kutu yang menyerang kucing masih bisa terjadi saat kalian dan kucing kesayanganmu berada diluar rumah.

Kapanpun hewan peliharaan bisa keluar dari rumah, meski itu hanya berjalan-jalan di dekat rumah, entah itu perjalanan menuju tempat grooming, pergi ke dokter hewan, atau perjalanan menggunakan mobil, maka kucingmu tengah dihadapkan  dalam kesempatan menularkan kutu di tubuhnya.

Kucing yang berada dekat dengan hewan peliharaan lainnya, juga mempunyai potensi yang lebih besar untuk terjangkit kutu. Karena, kutu ini cenderung sanggup menularkan kutu dari inang ke inang lain.

  • ‘Tamu’ yang Tak Diharapkan

Kalian harus berhati-hati bahwa hewan lain seperti kucing liar yang sering berkeliaran disekitar rumah juga dapat menjadi pemicu problem kutu di kucing peliharaanmu. Karena, berbagai hewan itu merupakan pembawa kutu yang boleh dibilang umum, dan bisa menyerang rumah dengan mudah, menyerang halaman depan rumah, ataupun kucing kesayanganmu.

Lalu, kutu kucing bisa juga dibawa oleh keluarga atau temanmu yang membawa hewan peliharaannya ketika bertamu ke rumahmu.

Supaya kucingmu terhindar dari terjangan kutu, cobalah selalu menjaga kebersihan badannya serta perhatikan beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas.

Kembali ke pertanyaan awal, apakah kucing peliharaan bebas kutu? Jawabannya adalah tidak. Kutu bisa menyerang kapan saja dan tidak mengenal musim. Kutu tersebut juga dapat berpindah ke manusia sehingga nanti menimbulkan beberapa masalah kulit ataupun penyakit lain. Untuk kalian yang mengalami problem kesehatan karena kutu, dapat membeli vitamin atau obat guna mencegah keluhan tersebut. Terima kasih.