Fakta Unik Kucing Rusty Spotted, Ukuran Terkecil Di Asia

Fakta Unik Kucing Rusty Spotted, Ukuran Terkecil Di Asia
Kucing Rusty spotted

Sebagai pecinta kucing, pastinya kamu akan menemukan berbagai jenis kucing yang berasal dari ras berbeda. Memelihara kucing ras ini membutuhkan biaya perawatan yang lebih mahal. Selain itu Kamu juga harus mengetahui bahwa kucing Rusty spotted ini mempunyai keunikan tersendiri.

Kamu harus tahu bahwa ras kucing yang satu ini merupakan jenis kucing yang terkecil di Asia. Tampilannya yang lucu dan menggemaskan ini tidak jarang membuat Rusty spotted cat banyak dicari para masyarakat.

Fakta Unik Kucing Rusty Spotted

Banyak orang yang menganggap bahwa Rusty Spotted cat merupakan kucing tolol dengan tubuh yang kecil dibandingkan dengan kucing yang lainnya. Biasanya ras kucing ini lebih suka bertahan hidup di hutan bambu, hutan kering, semak belukar, padang rumput, maupun lereng bukit berbatu.

Berikut ini fakta dibalik dari kucing terkecil di Asia ini, di antaranya:

  1. Termasuk Kucing Langka

Rusty Spotted masuk sebagai daftar hewan langka dengan ras yang sangat jarang dijumpai. Alasannya karena Rusty sportted menjadi incaran para pemburu, kemudian dibunuh karena dianggap sebagai anak Leopard. Wajar saja jika menjadikan hewan menggemaskan ini lebih sensitif terhadap manusia.

  1. Melahirkan Lebih Dari Satu Anak

Memang bukan hal aneh lagi jika kucing mampu melahirkan anak lebih dari satu. Hal ini pun juga berlaku pada Rusty spotted yang dapat melahirkan 1 hingga 3 anak untuk sekali lahir. Pada awal kelahiran anak kucing akan terlahir buta sehingga tidak dapat melihat selama beberapa hari.

Namun setelah dapat melihat anak kucing mengalami perubahan warna bulu dan siap untuk mencari makan sendiri.

  1. Gemar Berburu

Sebagai hewan karnivora, kucing Rusty spotted ini mempunyai kebiasaan suka berburu. Meskipun mempunyai ukuran tubuh yang tidak terlalu besar, namun soal berburu jangan diremehkan lagi. Pada biasanya hewan ini akan keluar di malam hari untuk mencari mangsa.

  1. Dapat dikawinkan Silang

Kucing ini dapat dinikahkan atau disilangkan dengan jenis kucing domestik. Hal ini secara tidak langsung menimbulkan banyak kucing yang mempunyai DNA rusty-spotted. Akan tetapi masih digolongkan sebagai jenis kucing domestik.

Karakteristik Kucing Terkecil di Asia Ini

Kucing yang mempunyai nama ilmiah sebagai Prionailurus Rubiginosus mempunyai panjang tubuh antara 35 hingga 48 cm dengan berat badan mencapai 1 hingga 1,6 kg. Memang jika dilihat sekilas tampilannya hampir sama seperti bayi Leopard.

Namun ternyata jenis kucing hutan ini mempunyai karakteristik yang cukup berbeda dengan kucing yang lainnya. Berikut ini karakteristik yang dimiliki oleh kucing Rusty spotted yaitu:

  1. Status Konversi

Hewan yang mendapat julukan sebagai kucing tolol ini dianggap langka. Mengingat ukuran tubuhnya yang sangat kecil dan mempunyai kemampuan dalam mengendalikan hewan pengerat. Mereka bisa bertahan hidup apabila tidak diburu oleh manusia.

Salah satu musuh terbesar dari kucing ras ini yaitu manusia. Kebutuhan populasi di Sri Lanka dan India terus meningkat dan ancaman utama untuk kucing berukuran kecil ini yaitu habitat alaminya yang mengalami kerusakan.

  1. Reproduksi

Perilaku dari reproduksi Rusty spotted ini diamati pada penangkaran dan hampir sama seperti kucing domestik. Untuk proses perkawinan dapat berlangsung antara 1 sampai 5 menit.

Bahkan proses perkawinan dapat diulang berkali-kali hanya dalam waktu sehari. Setelah masa kehamilan hingga 67 hari, maka kucing tersebut bisa melahirkan 1 hingga 3 anak sekaligus.

  1. Aktif di Malam Hari

Kemampuan hidupnya di hutan membuat dirinya termasuk sebagai kucing yang pandai berburu. Meskipun Rusty Spotted ini juga seringkali dijumpai di pemukiman warga di selatan India.

Kucing Rusty spotted termasuk sebagai hewan yang aktif berburu di malam hari. Sementara makanannya cenderung mempunyai ukuran yang kecil. Rusty Spotted tidak hanya sebagai hewan pemburu saja, namun juga termasuk sebagai pemanjat ulung.