Kucing Sakit Telinga, Segera Kenali Dan Sembuhkan

Kucing Sakit Telinga, Segera Kenali Dan Sembuhkan
kucing sakit telinga

Kucing merupakan hewan yang rentan terkena infeksi telinga. Sama seperti manusia, infeksi telinga yang terjadi pada kucing tidak hanya membuatnya merasa tidak nyaman, namun juga akan terasa begitu menyakitkan dan bisa menjadi salah satu tanda dari adanya masalah kesehatan yang cukup signifikan. Tentunya, ada banyak hal yang bisa menyebabkan kucing sakit telinga.

Jika tidak ditangani dengan segera, maka infeksi telinga yang terjadi pada kucing ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau masalah kesehatan lainnya. Infeksi telinga pada kucing atau yang biasa disebut dengan otitis eksterna atau radang saluran telinga luar ini merupakan salah satu penyakit yang paling umum diderita oleh kucing.

Kenali Apa Penyebab Kucing Sakit Telinga

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan infeksi telinga pada kucing. Salah satu yang menjadi penyebab umum infeksi telinga kucing ini adalah adanya ektoparasit, alergi, penumpukan kotoran maupun bulu, hingga benda asing yang bersarang didalam telinga kucing.

Selain itu, ada juga penyebab lain dari infeksi telinga pada kucing yakni adanya polip dan infeksi bakteri. Perlu kamu ketahui juga, bahwa tunga menjadi salah satu faktor paling besar dari terjadinya infeksi telinga pada kucing. Lalu, apa saja yang bisa ditimbulkan oleh tungau telinga ini?

  • Tungau telinga dapat menyebabkan keluarnya cairan berwarna coklat tua hingga cairang berwarna hitam pekat dari telinga kucing. Cairan ini terlihat seperti bubuk kopi. Adanya kotoran ini didalam telinga kucing tentu dapat menjadi salah satu indikasi bahwa kucing tersebut sedang terkena tungau telinga.

Terlepas dari penyebab kucing sakit telinga ini, ada beberapa tanda masalah telinga lainnya yang terlihat serupa dan terjadi pada kucing. Berikut akan diberikan penjelasannya khusus untuk kamu.

  • Kucing yang telinganya terinfeksi atau sedang mengalami masalah telinga lainnya akan menggelengkan kepalanya sembari mengais telinganya. Hal ini tentu mengakibatkan bulu dari kucing tersebut rontok bahkan terlihat keropeng pada area sekitaran telinga, wajah, dan leher kucing.
  • Kotoran yang ada didalam telinga kucing yang sudah parah akan terlihat jelas pada bulu yang ada disekitaran telinga kucing tersebut. Selain itu, telinga kucing tentunya akan berbau tidak sedap, bahkan akan tampak memerah dan meradang.
  • Infeksi telinga yang terjadi pada kucing ini juga dapat menyebabkan terjadinya disorientasi dan menyebabkan kucing menjadi cepat marah. Nah, jika kucing kamu bertingkah aneh, termasuk dengan bersembunyi pada suatu tempat dalam waktu yang cukup lama, maka hal ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada kucing kamu.

Mendiagnosis Infeksi Telinga pada Kucing

Diagnosis adanya infeksi telinga pada kucing ini bisa dilakukan dengan memeriksakan kucing kesayanganmu pada dokter hewan. Pemeriksaan yang dilakukan tentu tidak hanya pada telinga kucing saja, melainkan juga pada seluruh tubuh kucing.

Hal ini dilakukan karena ada beberapa penyebab infeksi telinga pada kucing yang dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan sistemik. Selain melakukan pemeriksaan fisik secara keseluruhan, dokter hewan juga akan melakukan pemeriksaan pada telinga kucing dnegan menggunakan otoskop.

Otoskopi memungkinkan dokter hewan untuk memeriksa bagian dalam dari saluran telinga kucing untuk mencari tanda kemerahan, peradangan, benda asing, keluarnya cairan, polip, dan kelainan lainnya. Alat ini juga memungkinkan dokter hewan untuk memvisualisasikan selaput telinga kucing yang menutpi gendang telinganya.

Inilah beberapa penjelasan terkait dengan penyebab kucing sakit telinga yang perlu kamu ketahui dan pelajari, terlebih jika kamu memiliki kucing peliharaan dirumah.