Kucing Sering Kentut? Yuk Kenali Apa Penyebabnya?

Kucing Sering Kentut? Yuk Kenali Apa Penyebabnya?
kucing sering kentut

Memiliki kucing sebagai hewan peliharaan memang cukup menghibur hati. Namun, terkadang kucing sering menunjukkan beberapa aktivitas yang menghawatirkan. Salah satunya yaitu kucing sering kentut.

Penyebab Kenapa Kucing Sering Kentut

Apabila kentut terjadi sekali dua kali mungkin bukan masalah, tetapi jika terjadi sering bisa jadi tanda kesehatan yang menurun. Dan, inilah penyebab kucing sering kentut:

  1. Makan Makanan yang Sembarangan

Penyebab yang pertama adalah kucing makan makanan yang sembarangan. Hal ini sering kali terjadi ketika kamu membiarkan kucing hidup di luar rumah. Mereka sering penasaran dengan berbagai hal sehingga memakannya.

Padahal makanan itu bukanlah makanan kucing, mengandung gas yang berlebih ,atau bahkan mengandung banyak mikroorganisme berbahaya. Inilah yang menyebabkan kucing menjadi sering kentut.

Kucing yang kurang kenyang juga sering mengalami gangguan ini karena merasa lapar dan memakan apa saja. Jadi, solusinya adalah tetap jaga kucing kamu apabila bermain di luar rumah serta berikan makanan yang tidak kurang dan tidak lebih.

  1. Kucing Sedang Sakit

Kentut kucing yang keluar secara berlebihan juga bisa menandakan bahwa kucing ini sedang sakit. Umumnya, penyakit ini menyerang pada bagian organ pencernaannya. Bisa saja dari makanan atau daya tahan tubuhnya yang memang sedang menurun.

Kemungkinan juga, kucing mengalami sakit karena infeksi bakteri, virus, atau parasit yang cukup parah. Mereka menyerang bagian pencernaan dan tak jarang menimbulkan gas yang cukup banyak pada perut.

Untuk mengidentifikasi awal bahwa kucing sedang sakit adalah dengan mengeceknya dari perubahan perilaku. Jika kucing tiba-tiba tak selincah biasanya atau mogok makan bisa jadi tanda ia sedang sakit.

Solusi yang paling tepat adalah membawanya ke klinik hewan untuk memeriksakan keadaannya. Cara ini tentu efektif karena ditangani langsung oleh para dokter hewan yang lebih berkompeten untuk mendiagnosis.

  1. Pola Makan Kucing yang Berantakan

Umumnya, kucing harus makan tiga kali yaitu pagi, siang, dan sore hari. Kemudian, kamu bisa memberikannya camilan pada pukul 10 pagi atau 3 sore. Tapi, karena mungkin ada suatu permasalahan, pola makannya jadi berantakan.

Misalnya saja kamu sedang punya acara besar di rumah. Kamu lupa memberikannya makan, kemudian kucing diberikan makanan yang tidak sesuai dengan jadwalnya. Jika ini terjadi pada pagi hari di mana sejak malam kucing tidak makan bisa menyebabkan perutnya kembung.

KembungĀ  inilah yang akan menyebabkan kucing menjadi ering kentut. Solusinya adalah kamu harus memberikan makan sesuai dengan jadwal bagaimana pun keadaannya. Jika tidak, siap-siap saja kucing mengalami masalah kesehatan.

Kucing Malas Dan Salah Makan

Penyebab yang selanjutnya adalah karena kucing yang malas bergerak. Hal ini bisa disebabkan karena kucing merasa kesepian dan akhirnya memilih tidur seharian. Padahal kegiatan yang kurang inilah yang menyebabkan perut menjadi kembung.

Solusi yang tepat adalah ajak kucing bermain agar ia tidak merasa kesepian. Kamu juga dapat memberikannya teman agar keduanya bisa berinteraksi dengan baik. Jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan karena mereka juga butuh perhatian kamu.

  • Sering Memberikan Makanan Manusia

Karena sayangnya dengan kucing, tak jarang jika manusia sering memberikan makanannya kepada mereka. Makanan manusia sebenarnya sangat berbeda dengan makanan hewan apalagi jika mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan kimia yang sering ada adalah MSG, pemanis buatan, atau pewarna makanan.

Mulai saat ini, jangan pernah memberikan makanan manusia kepada kucing kesayangan kamu. Berikan kucing makanan atau camilan yang khusus agar tidak mempengaruhi perutnya itu.

Itulah beberapa penyebab kucing sering kentut yang harus diketahui. Jika gejala kentut ini terjadi secara terus menerus dan tidak berkurang, kamu bisa membawanya ke klinik hewan. Nantinya, dokter hewan akan memberikan terapi yang sesuai.