Kucing Sering Mendengkur, Yuk Kenali Beberapa Alasannya

Kucing Sering Mendengkur, Yuk Kenali Beberapa Alasannya
kucing sering mendengkur

Untuk kalian yang memelihara kucing, kalian pastinya paham betul bahwa dia mempunyai kebiasaan mendengkur meski tidak sedang beristirahat atau tidur. Kalian yang masih pemula dalam merawat kucing mungkin seringkali dibuat bingung dengan dengkuran itu. Nah, disini kita akan membahas kenapa kucing sering mendengkur.

Namun sebenarnya penyebab kucing mendengkur tak sesimpel itu. Mendengkur adalah sinyal otak kucing lalu bergerak menuju kotak suara atau otot laring. Otot tersebut mengencang kemudian mengendur secara cepat ketika kucing menghirup atau menghembuskan napas, itulah yang akhirnya membuat getaran seperti mendengkur.

Penyebab Kucing Sering Mendengkur

  • Menenangkan Diri

Kucing akan mendengur ketika relaksasai yang cukup ekstrem, mereka juga akan mendengkur ketika merasakan sakit yang luar biasa atau bahkan stres, seperti saat berkunjung ke dokter hewanatau bahkan ketika melahirkan.

Lebih singkatnya, bisa dikatakan bahwa kucing akan mendengkur untuk bisa menenangkan diri, hal ini berarti mereka akan melakukan kegiatan tersebut dalam situasi menyakitkan atau stres. Dengkuran frekuensi yang rendah sanggup membantu mereka untuk menenangkan ketegangan dan meredakan pernapasan.

  • Untuk Membangun Ikatan

Anak kucing bisa mendengkur hampir seketika dan juga karena saat lahir dia dalam keadaan tuli dan buta, nah ibu kucing yang mendengkur itu yang dirasakan anak kucing agar bisa mencari kehangatan dan makanan. Selain itu juga, dengkuran dari ibu kucing juga dipakai sebagai lagi penghantar tidur bagi anak-anaknya.

  • Lapar

Beberapa kucing peliharaan bisa mendengkur ketika waktunya mereka makan. Mendengkur di waktu tersebut mempunyai ciri khas serta terdengar kurang menyenangkan. Dengkuran tersebut juga menjadi dengkuran permintaan.

Dijelaskan oleh Library of Congress, kucing bisa memakai suara dengkuran itu sebagai alat untuk memanipulasi agar dia memperoleh apa yang diinginkannya. Salah satunya adalah untuk memperoleh makanan.

  • Berperan Seperti Halnya Tersenyum

Mendengkur seperti halnya tersenyum yang memperlihatkan kesejahteraan dan kebahagiaan. Hal itu menumbuhkan interaksi sosial  dengan membuat suasana teerbuka serta penuh kepercayaan dan membuat kehangatan serta suasana hati yang bagus untuk manusia ataupun kucing itu sendiri.

Biasanya kucing akan mendengkur saat dia dibelai, saat tidur di tempat pemiliknya, saat bertemu dengan kucing lain, atau saat diberi makan. Singkatnya, kucing akan mendengkur ketika mereka sudah cukup puas serta menjadi indikasi rasa senang.

  • Membantu Penyembuhan

Mendengkur tak hanya menenangkan seekor kucing. Beberapa ilmuwan percaya bahwa getaran yang berasal dari dengkuran itu bisa menyembuhkan tulang, mengurangi pembengkakan, dan bahkan meredakan pernapasan.

Baca Juga : Pentingnya VCO Untuk Kucing Rumahan

Dengkuran kucing mempunyai frekuensi antara 26 dan 150 hertz. Seperti dikutip Scientific American, frekuensi suara pada kisaran tersebut bisa meningkatkan tulang serta membantu memperbaiki tendon yang rusak. Mungkin ini juga menjelaskan kenapa kucing lebih cepat sembuh ketimbang anjing selepas opreasi serta mengalami komplikasi yang sedikit.

  • Sedang Sakit

Kucing akan mendengkur saat kalian membelainya yang berarti bahwa kucing tersebut merasa senang dan nyaman. Akan tetapi, bila kucing mendengkur dengan sendirinya serta dalam waktu cukup lama, boleh jadi dia sedang sakit. Dengan mendengkur, kucing dapat membuat lukanya bisa cepat pulih serta sanggup menenangkan mereka.

Demikian artikel tentang beberapa penyebab kucing sering mendengkur. Mendengkur ternyata tidak sekedar kebiasaan namun juga mempunyai beberapa manfaat. Walau kucing hanya akan mendengkur ketika situasi tertentu, kalian juga bisa memancing mereka untuk mendengkur. Caranya ialah dengan meletakkannya di lokasi yang aman dan nyaman, memberikan dia makanan kesukaan, atau membelainya.