Kucing Sering Pipis? Masalah, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kucing Sering Pipis? Masalah, Penyebab dan Cara Mengatasinya
kucing sering pipis

Kucing adalah salah satu hewan yang sering kali menandai areanya dengan menggunakan air kencingnya. Ya, mereka memiliki sifat seperti harimau karena masih satu garis saudara. Namun, bagaimana dengan masalah kucing sering pipis?

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Sering Pipis

Kucing yang sering pipis memang terkadang cukup menghawatirkan karena ditakutkan ada beberapa masalah kesehatan yang ia alami. Tapi tenang dulu, tidak semua masalah kucing kencing terus ini menandakan kesehatan yang buruk. Untuk itu, inilah penyebab dan cara mengatasi kucing sering pipis:

  1. Birahi – Lakukan Kebiri

Penyebab yang pertama adalah kemungkinan kucing kamu sedang mengalami birahi khususnya kucing jantan. Jika kamu mengizinkan kucing kamu bereproduksi, pertemukanlah ia dengan kucing yang berbeda jenis.

Namun, apabila kamu tidak mengizinkannya maka bisa dilakukan tindakan kebiri. Tindakan ini akan mengurangi kebiasaannya untuk kencing terus menerus. Untuk melakukan kebiri, kamu bisa mendatangi klinik hewan terdekat.

  1. Penggunaan Pembersih Berbau Amoniak – Gunakan Pembersih yang Tepat

Terkadang, ada pemilik kucing yang membersihkan kandang atau tempat urinya menggunakan pembersih yang mengandung amoniak. Ya, amoniak ini sangat mirip dengan bau kencing si kucing.

Apabila bau ini masih menetap pada kandang kucing maka ia malah akan terangsang untuk mengencinginya lagi sebagai tanda. Inilah yang menyebabkan kucing terus menerus kencing dan cukup membuat kita khawatir.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan larutan biologichal washing powder dengan air. Untuk aturan penggunaannya, gunakan sebanyak 10 persen saja lalu semprotkan larutan alkohol untuk mematikan berbagai mikroorganisme berbahaya. Dengan ini maka kucing akan menjadi lebih aman dan nyaman.

  1. Tertekan – Bersihkan Urine Kucing saat Ia Tidak di Sana

Penyebab yang selanjutnya adalah kucing merasa tertekan saat kamu melakukan pembersihan urine. Bagi manusia, bau urine yang terlalu menyengat kan sangat menjijikkan sehingga refleks untuk membersihkannya ini muncul seketika.

Namun, kita tak pernah tahu bahwa si kucing ternyata tertekan saat melihat tanda urinya kamu bersihkan. Untuk itu ia kencing dengan intensitas tinggi untuk memberikan tanda kembali.

Untuk itu, kamu bisa membersihkan kandang kucing pada saat mereka tidak di sana. Jika ia masih di sana kemungkinan besar akan menyebabkan tekanan dan menimbulkan keinginan pipis lebih tinggi.

Bisa Jadi Stress Dan Ada Gangguan Saluran Kencing

Kucing juga sering mengalami stres karena berbagai hal. Mungkin karena kandangnya kurang nyaman, kesepian, makanannya tidak enak, atau yang lain sebagainya. Stres juga bisa memicu kucing menjadi sering kencing baik itu di pasirnya bahkan di tempat yang sembarangan.

Stres akan makin bertambah ketika bau kencingnya hilang karena dibersihkan. Untuk itu, coba ajaklah mereka bermain atau bisa juga diajak jalan-jalan. Dengan ini, kucing akan merasa lebih senang dan lebih nyaman.

  • Penyakit Saluran Kencing – Ajaklah ke Dokter Hewan

Penyebab yang terakhir adalah kucing sedang mengalami penyakit saluran kencing. Inilah yang sering membuat banyak pemilik kucing menjadi sangat khawatir. Biasanya ditandai dengan kencing yang sering tetapi jumlahnya sangat sedikit.

Selain itu, kucing juga akan sering menjilati bagian kelaminnya karena kemungkinan sakit atau gatal pada daerah tersebut. Kucing juga akan terlihat lebih lesu dan tidak bersemangat seperti biasanya.

Jika kucing kamu mengalami tanda-tanda di atas kemungkinan besar memang mengalami masalah pada sistem pembuangan urinya. Bawalah ke klinik hewan terdekat untuk mengetahui penyebab pastinya.

Jika sudah diketahui, dokter akan memberikan terapi lebih tepat sehingga kucing cepat sembuh.

Itu dia beberapa cara mengatasi kucing sering pipis yang cukup menghawatirkan. Selalu pantau keadaan kucing karena bisa jadi itu menandakan bagaimana kondisi kesehatannya. Semoga penjelasan di atas bisa membawa manfaat untuk kamu semuanya.