Kucing Serval, Kucing Langka Yang Unik Dengan Fakta-Fakta Menariknya

Kucing Serval, Kucing Langka Yang Unik Dengan Fakta-Fakta Menariknya
kucing serval

Yang sudah kamu tahu bahwa benua Afrika adalah daerah penghasil hewan yang eksotis dan menarik untuk dipelajari. Salah satu hewan asli dari Afrika yang menarik adalah kucing serval. Kucing ini merupakan jenis kucing liar dengan ukuran sedang berhubungan dekat dengan jenis kucing karakal.

Memiliki penampang fisik tubuh yang ramping, kepala berukuran kecil, memiliki leher panjang serta bentuk telinga unik yang lebar. Kucing ini terlihat sangat anggun dan sangat unik beda dengan kucing ras lainnya. Berikut ini akan dibahas tentang berbagai fakta menarik dari kucing serval yang tidak boleh kamu lewatkan.

Berbagai Fakta Tentang Kucing Serval

  • Kucing liar asal Afrika

Memiliki nama latin Leptailurus serval adalah kucing liar asli dari Afrika dengan ukuran tubuh sedang. Ciri spesifik dari kucing ras ini mempunyai ukuran panjang tubuh 80 hingga 100 cm dengan panjang ekor 20 hingga 30 cm. Memiliki tinggi bahu hingga 50 cm memiliki berat badan sekitar 15 kg.

Beda dengan kucing ras lain kucing ini memiliki sifat penyendiri dengan bentuk tubuh unik dan menarik. Dengan bentuk tubuh yang ramping memiliki leher panjang, kepala berukuran kecil dengan telinga lebar serta kaki yang tidak kalah panjang.

  • Memiliki ukuran telinga paling lebar di antara ras kucing lain

Kucing serval mempunyai bentuk telinga paling lebar dibandingkan dengan jenis ras kucing lainnya. Telinga lebarnya tersebut saling berdekatan antara satu dengan lain diatas kepalanya. Jika diibaratkan manusia bentuk telinga lebarnya tersebut bisa disamakan sebesar piring makan.

  • Berburu dengan telinga lebarnya

Telinga lebar yang istimewa dari kucing ini memiliki fungsi yang tidak kalah spesial juga. Kucing ras ini memiliki strategi berbeda dengan cara menunggu serta mengikuti mangsanya dengan diam-diam. Mereka akan mengfungsikan telinganya yang lebar agar bisa mendengar mangsanya mendekat.

Bahkan saat mereka berburu sering kali menutup matanya dan mempercayakan indera pendengarannya tersebut untuk mendeteksi suara dari mangsanya.

  • Kaki panjang berfungsi menerkam mangsa dan melompat

Selain telinganya yang istimewa bentuk kakinya yang panjang juga menjadi daya tarik kucing rasa satu ini. Umumnya mereka tinggal di lingkungan yang banyak ditumbuhi rumput yang tinggi agar bisa memudahkan mereka ketika bersembunyi dari mangsanya.

Kaki panjang tersebut lebih mempermudah kucing ini berjalan di area yang banyak rumput tingginya serta menerkam mangsa yang diburunya dengan kekuatan penuh. Dengan kaki panjangnya tersebut mereka bisa melakukan lompatan yang tinggi. Bahkan mereka bisa melompat mencapai 2 meter.

  • Pemburu paling ahli

Kucing ras ini merupakan hewan pemburu paling ahli. Di tubuhnya memang dilengkapi pendengaran tajam serta kaki panjang menjadi kelebihan ketika berburu. Dengan kelebihan tersebut tentu hewan satu ini sering kali sukses ketika berburu.

Bahkan faktanya mereka lebih ahli berburu dibandingkan harimau atau singa. Umumnya kucing serval suka berburu hewan kecil mulai dari tikus, katak, burung dan hewan kecil lainnya.

Sayangnya Susah Sekali Untuk Memelihara Kucing Garang Ini

  • Tidak takut dengan air

Perlu kamu tahu bahwa kucing ini mempunyai daerah teritorial berburu mencangkup sungai dan berbagai sumber mata air yang lain. Meskipun tidak suka mandi, mereka tetap membutuhkan air sebagai kebutuhan untuk kehidupan mereka. Dengan habitat hidup di padang rumput serta rawa-rawa yang tentu tidak jauh dari sumber air.

  • Tidak cocok untuk peliharaan

Kucing serval adalah jenis kucing liar yang akan membahayakan bila dijadikan sebagai peliharaan sembarangan orang. Jika kamu  tertarik dan ingin memelihara kucing yang serupa sebaiknya kamu memilih untuk memelihara kucing savannah dengan bentuk hampir sama.

Itulah 7 fakta menarik dari kucing serval yang harus kamu tahu. Dengan mengetahui fakta-fakta tersebut tentu akan menjadi penambah pengetahuan kamu tentang kucing ras unik satu ini.